Album Terakhir Jonghyun Dirilis, Banyak Pesan Tersirat di Dalamnya

7 months ago
(Sumber: youtube.com)

Kabar kepergian Jonghyun salah satu anggota dari K-pop SHINee tanggal 18 Desember silam menggemparkan penggemar  Kpop di seluruh dunia. Bahkan, sampai sekarang pun berita duka tersebut masih membayangi para penggemarnya. Bahkan di Indonesia pun heboh berita seorang Shawol yang nekat bunuh diri untuk menyusul kepergian idola tercintanya. Sampai saat ini, sosok bertalenta ini masih dirindukan oleh banyak orang.

(Source : cnn.com)

(Source : cnn.com)

Sebulan setelah kepergiannya, Jonghyun masih memberikan kontribusi di dunia entertainment. Pasalnya sebelum kepergian Jonghyun, ia sudah menyelesaikan rekaman album terbarunya serta melakukan pemotretan photobook. Dikabarkan bahwa sehari sebelum bunuh diri, dirinya pun sempat melakukan syuting untuk music video single terbarunya.

(Sumber: SM Town Entertainment)

(Sumber: SM Town Entertainment)

Tanggal 23 Januari kemarin, album terakhirnya yang berjudul “POET | ARTIST” telah dirilis secara online. Menyusul album fisiknya pada tanggal 24 Januari. Hingga saat ini, album terakhirnya tersebut berhasil menduduki peringkat pertama di iTunes berbagai negara, seperti Jepang, Denmark, Rusia, Turki, Thailand, Hongkong, Yunani, Firlandia, Malaysia, Peru, Singapura, dan negara lainnya.

(Source: youtube.com)

(Source: youtube.com)

Album POET | ARTIST berisikan 11 lagu, yaitu Shinin, Only One You Need, #Hashtag, Grease, Take The Dive, Sightseeing, Rewind, Just for a day, I’m So Curious, Sentimental, dan Before Our Spring. Beberapa lagu juga sempat dinyanyikan oleh mendiang Jonghyun dalam konser terakhirnya yang digelar pada bulan Desember 2017.

Ada beberapa lagu yang diduga memiliki makna terselubung didalamnya, seperti Only One You Need. Lagu ini memiliki pesan kepada pendengar untuk tidak bersedih dan sakit karena kehilangan orang yang dicintai. Menurut penulis, Jonghyun ingin berpesan kepada penggemarnya untuk tidak merasa sedih dan sakit atas kepergiannya.

(Source : aminoapps.com)

(Source : aminoapps.com)

Ada juga lagu #Hashtag, netizen menafsirkan bahwa lagu tersebut memiliki makna didalamnya. Sesuai perkataan Jonghyun pada konser terakhirnya, lagu ini ditulis karena inspirasi dari tanda hashtag (#) yang menyerupai pola dalam makanan wafel. Dalam Bahasa Korea, waffle (wa-pul) terdengar mirip dengan (ak-pul) yang berarti komentar jahat dan rumor tak berdasar.

Jadi, waffle secara tersirat (penyebutan dalam bahasa korea) berarti menulis atau berbicara sesuatu yang panjang tanpa arti Mungkin maksud Jonghyun adalah, jika kita membenci seorang idola, sepatutnya jangan memberi komentar yang tidak benar untuk menjatuhkannya. Sebelum berkomentar, sebaiknya harus dipikirkan secara matang dan sesuai fakta. Karena, bagaimana pun mulut-mu adalah harimau-mu.

(Source : allkpop.com)

(Source : allkpop.com)

SMTown juga mengklaim bahwa keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan album tersebut, sepenuhnya akan diserahkan kepada Ibu Jonghyun dan digunakan untuk membantu membangun yayasan yang tengah kesulitan.

Wah, bro sis udah dengar lagunya belum? Jika belum, yuk simak MV terakhir Jonghyun berikut ini.

About Author

Tivanny Claranita

Tivanny Claranita

"Nothing ever lasts forever, so enjoy your life!"

Comments

Most
Popular

Sumber : Whoa

April Mop? Beberapa Trik ini Bisa Kamu Coba, Lho!

Tanggal 1 April diperingati sebagai hari perayaan April Mop. Tapi kalian tau sejarahnya, gak sih?.. more

Sumber: inverse.com

Film Terbaru Will Smith yang Berjudul Bright Akhirnya Rilis di Netflix!

Film bergenre fantasy-action terbaru keluaran Netflix berjudul “Bright” mendapat kritik kurang bagus oleh penonton. .. more

Alston Stepahnus (Koleksi Pribadi Alston)

Alston Stephanus, Zoologist yang Menjadi Cosplayer

Kalau hobi jadi cosplayer kayaknya udah biasa ya. Tapi gimana kalau seorang zoologist banting stir menjadi cosplayer? Ya.. more

Siap-Siap, Yuri On Ice the Movie (Yuri on Stage) akan Segera Dirilis!

Setelah gunjang ganjing tentang animasi Yuri on Ice di awal 2017 ini, akhirnya pada tanggal 29 April 2017 bersamaan deng.. more

CHIPS: Monster Tap

12 Game ini Terpilih Untuk Tampil di Archipelageek, POPCON Asia 2017

Di pertengahan bulan Juli 2017 lalu, Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama dengan BEKRAF mengundang para developer Indon.. more