Angel Sign: Dari Komik Bisu, Jadi Film Drama Tingkat Asia

10 months ago
Angel Sign adalah film drama antologi dari komik peserta Silent Manga Audition, yang bersetting di Jepang, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Dewasa ini, adaptasi dari satu bentuk hiburan ke bentuk hiburan lain sangat marak terjadi. Amerika, Jepang, dan negara-negara lainnya ramai-ramai membuat franchise hiburan dengan berbagai produk turunannya. Indonesia pun merasakan manfaat dari bisnis ini. Tentu masih segar di pikiran kita adaptasi film dari komik Gundala yang kini berhasil menyambar lebih dari 1.5 juta penonton di seluruh negeri dan tayang di festival film bergengsi.

Apa saja bisa diadaptasi menjadi sesuatu yang baru. Musik bisa diadaptasi menjadi film, novel bisa diadaptasi menjadi komik, dan lain sebagainya. Nah, di Jepang sendiri ada bentuk adaptasi yang cukup unik, yaitu mengubah komik bisu menjadi film drama! Inilah yang akan disajikan dalam film Angel Sign.

Angel Sign sendiri merupakan film antologi yang bakal menampilkan berbagai kisah yang digarap oleh sutradara dan aktor berbeda asal Jepang, Thailand, Vietnam, serta Indonesia. Kebanyakan cerita dalam film ini diadaptasi dari komik bisu karangan peserta kompetisi komik Silent Manga Audition.

Sumber: Silent Manga Audition
Sumber: Silent Manga Audition

Kompetisi Silent Manga Audition sendiri diikuti oleh berbagai komikus dari seluruh dunia dan telah mencetak puluhan pemenang, termasuk dari Indonesia sendiri yang rutin menempatkan komikusnya sebagai penerima penghargaan.

Film Angel Sign terdiri dari 5 cerita yang diadaptasi dari komik-komik Silent Manga Audition. Cerita-cerita tersebut adalah Beginning and Farewell (Anfang und Abschied), Sky Sky, Thirty and a Half Minutes, Father’s Gift, and Back Home. Selain 5 cerita tersebut, ada juga prolog dan epilog yang disutradarai oleh Tsukasa Hojo.

Biar semakin jelas, inilah sinopsis dari masing-masing segmen dalam film Angel Sign.

Baca Juga: Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghrgaan Silent Manga Audition 8

Prologue & Epilogue

Prologue & Epilogue. Sumber: akumamoto.jp
Prologue & Epilogue. Sumber: akumamoto.jp

Tsukasa Hojo yang merupakan komikus City Hunter dan juri Silent Manga Audition ini menjadi sutradara sekaligus penulis cerita segmen prolog dan epilog ini. Bagian ini dibintangi oleh Dean Fujioka dan Nao Matsushita. Mereka bermain sebagai pianis Takaya dan cellois Aika, pasangan yang bermimpi mengubah dunia lewat musik klasik. Mereka berhasil menciptakan komposisi musik bernama Angel Sign, namun Takaya menghilang tiba-tiba. Komposisi musik yang seharusnya dimainkan berdua ini, kini hanya dimainkan sendirian oleh Aika.

Beginning and Farewell

Beginning & Farewell. Sumber: angelsign.jp
Beginning & Farewell. Sumber: angelsign.jp

Beginning and Farewell diadaptasi dari komik bisu Anfang und Abscheid karya Vincent Lange, komikus Jerman yang menjadi runner-up Silent Manga Audition 1. Segmen ini disutradarai oleh Ken Ochiai, dan menampilkan Naoto Ogata serta Momoko Kikuchi sebagai pasangan suami istri yang terpisah oleh maut. Atom, anjing yang dipelihara oleh mereka, berusaha menghibur sang suami yang kini ditinggal istrinya.

Sky Sky

Sky Sky. Sumber: angelsign.jp
Sky Sky. Sumber: angelsign.jp

Sky Sky diadaptasi dari komik bisu karya Prema-Ja, komikus Thailand pemenang Silent Manga Audition 1. Segmen ini merupakan produksi Thailand yang disutradarai Nonzee Nimibutr. Dalam segmen ini, seorang anak (Praewpun Parnyim) sulit menerima kenyataan bahwa anjing peliharaannya meninggal karena penyakit. Untuk mengiburnya, ayah (Phiphob Kamolketsophon) dan ibu (Boonin Inlueng) berkata bahwa anjingnya sedang bermain di awan. Anak tersebut kemudian menulis surat dan mengikatnya dengan balon gas agar anjingnya bisa membaca surat tersebut di angkasa.

Thirty and a Half Minutes

Thirty and a Half Minutes. Sumber: angelsign.jp
Thirty and a Half Minutes. Sumber: angelsign.jp

Thirty and a Half Minutes diadaptasi dari komik bisu karya Snippy MJ, komikus Vietnam pemenang Silent Manga Audition 4. Segmen ini merupakan produksi Vietnam yang disutradarai Han Tran. Pasangan suami istri yang diperankan Ngo Quang Tuan dan Xuan Van ini tengah menanti momongan. Namun takdir berkata lain karena sang istri “disuratkan” untuk meninggal saat persalinan. Merasa iba, malaikat kematian memberikan sebuah kesempatan bagi mereka…

Father’s Gift

Father’s Gift. Sumber: angelsign.jp
Father’s Gift. Sumber: angelsign.jp

Father’s Gift diadaptasi dari komik bisu karya Ichirou, komikus Brasil pemenang Silent Manga Audition 2. Segmen ini disutradarai oleh Masatsugu Asahi. Seorang single father (Jiro Sato) berusaha keras mengurus anaknya (Neennara Boonbithipaisit) tanpa figur ibu. Sang ayah kemudian memberikan hadiah robot canggih untuk mengisi peran ibu. Kini sang anak beranjak dewasa (Sayaka Sakai), namun kehilangan semangat hidupnya setelah sang ayah meninggal…

Back Home

Back Home. Sumber: angelsign.jp
Back Home. Sumber: angelsign.jp

Segmen terakhir Back Home diadaptasi dari komik bisu karya Vu Dinh Lan, komikus Vietnam runner-up Silent Manga Audition 4. Meskipun merupakan komik bisu dari Vietnam, segmen ini merupakan produksi Indonesia yang disutradarai Kamila Andini dan digarap di Yogyakarta. Seorang ayah (Teuku Rifnu Wikana) hidup tentram bertani di desa bersama anak mereka (Abigail). Ketika perang berkecamuk, sang ayah harus mengangkat senjata dan berjanji akan kembali. Perang telah usai dan sang ayah pun pulang membawa hadiah untuk anaknya yang telah dewasa (Mikako Yoshida). Ketika sampai, sang ayah mendapatkan sebuah kejutan yang tak terduga.


Angel Sign akan tayang di Jepang mulai tanggal 15 November. Mengingat ada segmen yang diproduksi di Yogyakarta, apakah film ini juga bakal tayang di Indonesia ya?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(CIAYO Comics)

Setahun Perjalanan CIAYO Comics

Setahun sudah, CIAYO Comics sebagai platform komik digital Indonesia hadir dengan deretan komik-komik favorit. Para peci.. more

sumber: http://variety.com

“Lady Bird”, Film Terbaik Di National Society of Film Critics

Setiap tahun NSFC selalu mengadakan acara penghargaan kepada para penggiat film. Tahun ini tepatnya 6 Januari 2018 pengh.. more

(Instagram @pengabdisetanofficial)

Pengabdi Setan Jadi Film Horor Terseram di Indonesia?

Buat bro sis yang suka kisah-kisah ngeri, cerita seram, atau film horor, belum cukup nyali kalo belum nonton Pengabdi Se.. more

Smartphone adalah bagian kehidupan harian. Sumber gambar: cnet.com

Alasan Kenapa Android Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Hampir dari kita semua pasti rata-rata pengguna smartphone (baik berbasis iOS, Android, dll) dalam genggaman. Mungkin 99.. more

00-daisuki-d

Nostalgia Anime 90-an di Daisuki! Japan Festival 2018

Daisuki! Japan Festival 2018 adalah event Jejepangan yang bisa membangkitkan rasa nostalgia kamu dengan anime 90-an!.. more