Anime – Anime Horror Ini Pasti Diingat Anak 90an

3 days ago
Anime Horror

Kalau inget masa kecil, pasti gak lepas dari yang namanya hiburan. Mungkin ada bro sis yang dulu pas pulang sekolah sukanya main, tidur atau malah nonton tivi. Pokoknya hal-hal yang bisa bikin stress lepas, deh. Apalagi buat anak 90an, ngaku deh dibanding hapalin pelajaran, pasti kalian lebih hapal dengan jadwal anime yang tayang di tivi. Gak heran sih ya, soalnya dulu anime itu keroyokan dan setiap hari ada. Terutama saat weekend. Dari pagi sampai siang, pasti nongkrong depan tivi dan gak mau diganggu.

Beda kan sama anak jaman sekarang yang kayaknya lebih suka menghabiskan waktu di dunia maya? Nah, kalau sama anime-anime yang satu ini, kira-kira bro sis yang ngaku anak gaul 90an langsung inget gak ya?

1. Ghost at School

Sumber: www.zerochan.net

Sumber: www.zerochan.net

Kalau dulu suka nonton TV7, pasti bro sis gak asing sama anime yang satu ini.  Ghost at School atau yang biasa disebut Ghost Stories, adalah serial anime berjumlah 20 episode yang dibuat pada tahun 2000 oleh studio animasi Pierrot dan Aniplex untuk Fuji Television berdasarkan buku karangan Tōru Tsunemitsu.

Ghost at School ini menceritakan kisah dari Miyanoshita Satsuki yang pindah dengan keluarganya ke kampung halaman almarhum ibunya. Pada hari pertamanya di sekolah, Satsuki, sang adik, dan teman-temannya mendatangi gedung sekolah lama yang sudah ditinggalkan dan dekat dengan sekolah mereka saat ini.

Di sana mereka menemukan kalau bangunan itu ternyata berhantu. Gak lama, mereka juga mengetahui bahwa ternyata almarhum ibu Satsuki, dulu yang bertanggung jawab menyegel beberapa hantu yang ada di sekolah dan juga di seluruh kota. Sayangnya, sekarang mereka semua sudah terbebas karena urbanisasi yang membuat pohon di bukit belakang sekolah ditebang.

Beruntung Ibu Satsuki meninggalkan sebuah buku yang berisi cara menyegel hantu-hantu sekali dan selamanya. Di aksi pertamanya, Satsuki menghadapi iblis bernama Amanojaku, tapi Amanojaku malah tersegel dalam tubuh kucing peliharaan Satsuki, yaitu Kaya. Pada akhirnya Amanojaku menjadi sahabat yang membantu melawan hantu – hantu yang tersisa. Dijamin seru sekaligus menegangkan deh.

2. Jigoku Sensei Nube

Sumber: trivia.id

Sumber: trivia.id

Jigoku Sensei Nube atau yang terkenal dengan “Nube” ini adalah anime horror-comedy. Umumnya cerita dalam anime ini mengambil latar di sekolah Domori. Tokoh utamanya adalah Meisuke Nueno yang biasa dipanggil Nube. Dia merupakan wali kelas 5-3 di SD Domori. Selain seorang guru, Nube juga merupakan seorang ahli roh, dan sering melindungi kota dari gangguan roh jahat dengan meminjam kekuatan setan yang terkurung dalam tangan kirinya (tangan setan).

Komiknya dulu lumayan terkenal, loh. Animenya sendiri terdiri dari 48 episode dengan durasi masing-masing kurang lebih 40 menit. Sebagai anime horor, justru anime ini gak menakutkan, loh! Gak usah bayangin tipikal hantu Indonesia yang seram-seram, hantu di Nube malah lebih mirip cosplay. Selain itu juga di setiap scene yang serius sekalipun, pasti ada saja kejadian-kejadian konyol yang bisa bikin tertawa. Yah, minimal senyum-senyum.

Oh iya, kalau diliat-liat, konsep cerita Ghost at School dan Jigoku Sensei Nube ini agak mirip loh. Gak percaya? Sama-sama berlatar tempat sekolah, episode keduanya tuh sama-sama tentang hantu toilet (semacam hantu Myrtle Merana-nya Harry Potter), Pemeran utamanya belajar/bekerja di kelas 5-3, dan masih banyak lagi.

Buat kaum hawa pasti ini jadi salah satu anime kesukaan, soalnya bertaburan remah-remah ikkemen a.k.a cowok cakep. Gimana enggak, ada Mokomichi, Chinen sama Yamada Ryosuke. Lumayan lah buat cuci mata.

3. Hanada Shounen Shi

Sumber: deviantart.com

Sumber: deviantart.com

Namanya mungkin terdengar aneh. Apalagi buat yang gak tertarik dengan “jejepangan”. Tapi jangan salah, Hanada Shonen Shi cukup seru loh bro sis. Bercerita tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Hanada Ichiro. Ichiro adalah anak yang sangat bandel, sampai suatu hari dia mengalami kecelakaan, dia ditabrak semacam mobil sewaktu kebut-kebutan naik sepeda roda tiga.

Syukurlah Ichiro cuma mendapat sedikit luka di kepala, selebihnya fisiknya baik-baik saja. Tapi, semenjak mengalami kecelakaan itu, Ichiro jadi bisa melihat arwah alias hantu. Sehingga mulailah berdatangan hantu-hantu penasaran yang kebanyakan meminta pertolongan pada Ichiro untuk melakukan sesuatu agar tenang di alam sana.

Yah, kalau dari segi cerita dijamin bagus deh, lucu dan mengharukan kayak kenangan bareng mantan. Soundtrack-nya juga gak kalah bagus. Bro sis bakal cukup sering menemukan momen di mana bisa nangis-nangis sambil ketawa atau ketawa sambil nangis-nangis sewaktu nonton ini.

4. Death Note

Sumber: knowyourmeme.com

Sumber: knowyourmeme.com

Kalau anime horor satu ini pernah tayang di SCTV dan Global TV. Death Note merupakan serial yang juga tidak kalah populer dari Naruto dan teman-teman. Film yang menceritakan Light Yagami, siswa jenius yang menemukan buku kematian (death note) milik Shinigami atau biasa disebut dewa kematian. Dia mendapat kekuatan untuk membunuh orang hanya dengan menuliskan namanya dalam buku tersebut.

Namun, kekuatan itu membuat Yagami menjadi tidak terkontrol dan membunuh penjahat, koruptor, dan orang-orang yang dia anggap sebagai orang jahat. Anime ini menceritakan kompleksnya konflik antara Yagami, detektif terkenal bernama L, dan interpol. Oh iya, Death Note ini juga udah ada film dan American live-action film-nya bro sis. Keren ya.

5. Bleach

Sumber: Otakukart.com

Sumber: Otakukart.com

Anime yang gak abis-abis dan masih populer sampai sekarang, Bleach. Anak 2000-an juga gak terlalu asing sama anime yang satu ini. Salah satu anime yang sangat panjang bahkan ngalahin sinetron terkenal kayak “Tersanjung” atau “Cinta Fitri” dan menambahkan banyak sekali karakter di animenya sejak awal sampai sekarang. Pokoknya harus nonton dari awal deh kalau mau ngerti jalan ceritanya. Dulu, Bleach ini ditayangkan di Indosiar.

Bayangin aja bro sis, serial horor ini sudah ditayangkan lebih dari 300 episode. Bleach menceritakan petualangan Ichigo Kurosaki yang mendapatkan kekuatan sebagai Grim Reaper atau dewa kematian. Kekuatan barunya itu, membuat Ichigo harus menjaga manusia dari roh-roh jahat dan membimbing jiwa manusia untuk pergi ke alam baka.

Tapi, cerita semakin rumit mulai dari season ke-2 sampai sekarang. Siap-siap dibikin pusing deh ya. Walaupun begitu, Bleach menjadi kesukaan para pecinta anime.

Gimana bro sis? Udah ada yang mulai inget-inget nih ya? Itu menandakan kalau dunia anime emang gak pernah ada abisnya, ya. Hayo, siapa dulu yang sampai gak mau diajak pergi keluar cuma karena gak mau ketinggalan nonton tivi? Walaupun sekarang udah gak tayang lagi, bro sis gak usah cemas. Semua bisa ditonton secara online kok.

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Angelyn Hirawan. Sumber: Angelyn Hirawan

Angelyn Hirawan, Primadona Panggung-Panggung Pop-Culture!

Penampilannya selalu meramaikan panggung utama! Yap, inilah Angelyn Hirawan, penyanyi cover lagu-lagu Jepang ini selalu .. more

Cafe The Upside Down (Sumber: chicago.eater.com)

Yuk, Intip Suasana Café Bar yang Bertemakan Stranger Things. Penasaran?

Kamu salah satu penggemar dari drama series buatan Netflix yang berjudul ‘Stranger Things’? Ya, walaupun kehadiranny.. more

My Happiest Sadness – Dance With Me

My Happiest Sadness adalah Anthology yang bertema kebahagiaan kecil seseorang di tengah kesedihan yang dialaminya.. more

(Sumber: ultimumvitae.com)

Yuk! Intip Fakta dan Sejarah Penggunaan Emoticon

Kalau kamu pengguna aplikasi messenger di smartphone, pasti kamu udah gak asing lagi dengan yang namanya emoticon dan st.. more

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more