Anime-Anime Keren Ini Ternyata Diangkat dari Video Game Lho!

6 months ago
Sumber gambar: thegeekclinic.wordpress.com

Konsistensi pop culture entertainment di Jepang ada di tiga elemen yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Yaitu manga, anime, dan video game. Ketiganya sering berupa satu kesatuan dalam format franchise. Atau bisa juga dimulai dari salah satu format untuk kemudian merambah ke format lainnya. Secara general tidak ada peraturan baku di dunia manga-anime-video game Jepang tentang ‘siapa yang harusnya lahir lebih dulu’ karena itu memang bukan hal penting. Yang penting adalah apakah IP tersebut laku atau tidak.

Video game Jepang sendiri memiliki beragam jenis tema. Misalnya kisah rakyat Jepang sendiri. Bisa berupa sejarah nasional atau malah berupa kisah supernatural/klenik yang populer di kalangan masyarakat Jepang. Anime-anime di bawah ini dibuat berdasarkan video game berjudul sama yang lebih dulu lahir dan meraih popularitas sebagai video game.

Pokemon ポケモ (IP dari Nintendo)

Rasanya aneh bila tidak menyebutkan judul ini di dalam list anime keren yang diangkat dari video game. Game Pokemon dirilis February 1996, sementara animenya dimulai April 1997. Anime Pokemon sangat-sangat populer, baik di Jepang maupun di luar Jepang (termasuk di Indonesia, pika!) Rasanya semua generasi tahu/pernah nonton anime Pokemon. Anime Pokemon terus berlanjut seiring perkembangan game Pokemon itu sendiri sehingga setiap generasi hampir pasti akan mendapatkan anime Pokemon baru.

Sumber gambar: kotaku.com

Sumber gambar: kotaku.com

Trailer:

Inazuma Eleven イナズマイレブ (IP dari Level-5)

Anime tentang sepak bola tidak hanya ada di Captain Tsubasa (walau sepertinya Tsubasa yang paling terkenal). Ada juga Inazuma Eleven. Bedanya dengan Tsubasa, Inazuma sepertinya memang dipersiapkan untuk jadi anime juga sejak gamenya dirilis. Game Inazuma Eleven pertama dirilis Agustus 2008, sementara animenya mulai di bulan Oktober 2008. Dekat sekali ‘kan, bro sis? Seakan-akan animenya sudah dipersiapkan bersamaan dengan game. Kisah keduanya sama dan berkaitan satu sama lain. Yaitu tentang Endo Mamoru 円堂 守 (atau Mark Evans di versi internasional) dan team sepak bola legendaris “Inazuma Eleven”.

Sumber gambar: zerochan.net

Sumber gambar: zerochan.net

Trailer:

Corpse Party コープスパーティ (IP dari Team GrisGris)

Dari judulnya saja bro sis mungkin sudah bisa menebak kalau anime ini memiliki elemen horror ‘kan? Corpse Party adalah sebuah game dojin yang dirilis pertama bulan April 1996. Kisah di judul ini adalah sekelompok pelajar perempuan yang terjebak di sekolah terkutuk dan mereka harus melarikan diri dari sana. IP ini dijadikan dua OVA/Original Video Animation dengan elemen gore alias kesadisan lebih parah daripada versi gamenya. OVA pertama berjudul “Corpse Party: Missing Footage” (Agustus 2012) dan yang kedua adalah “Corpse Party: Tortured Souls” (Juli 2014).

Sumber gambar: servnime.bloger.id

Sumber gambar: servnime.bloger.id

Trailer:

Blade & Soul 블레이드 (IP dari Team Bloodlust NCSOFT)

Judul ini merupakan game MMORPG buatan Korea yang terkenal karena desainnya yang keren. Dengan desain open world, gameplay real time dan desain karakter yang asik banget, game ini populer di Korea dan di negara lain juga. Game Blade & Soul dirilis Juni 2012 di Korea, sementara animenya dibuat oleh studio anime terkenal (Studio Gonzo) dan ditayangkan April hingga Juni 2014.

Sumber gambar: animecornerstore.com

Sumber gambar: animecornerstore.com

Trailer:

Blue Dragon ブルードラゴ (IP dari Mistwalker)

Setelah meninggalkan Square Enix ‘bapaknya’ Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi, mendirikan perusahaan gamenya sendiri yang diberi nama Mistwalker. Game pertama Mistwalker adalah RPG berjudul “Blue Dragon” yang dibuat ekslusif hanya untuk Xbox 360 di bulan Desember 2006. RPG ini lantas dibuat animenya April 2007 dengan sedikit alterasi/perbedaan plot antara game dengan anime namun memiliki karakter-karakter yang serupa satu sama lain.

Sumber gambar: youtube.com

Sumber gambar: youtube.com

Trailer:

Valkyria Chronicle / Senjou no Valkyria 戦場のヴァルキュリア  (IP dari Sega)

Game ini merupakan game Tactical RPG yang bertema perang di Europa (versi fiksi Eropa di era Perang Dunia Kedua). Valkyria Chronicle menggunakan grafis cellshaded yang disebut oleh Sega sebagai “CANVAS Engine”, dimana grafis yang dihasilkan keren seperti coretan pensil berwarna. Game Valkyria Chronicle dirilis untuk PlayStation 3 pada April 2008. Animenya sendiri ditayangkan sekitar setahun kemudian alias April 2009. Keduanya memiliki karakter-karakter yang sama dengan plot yang sedikit mengalami perubahan (seperti halnya Blue Dragon).

Sumber gambar: gamefaqs.com

Sumber gambar: gamefaqs.com

Trailer:

Fate/stay night フェイト/ステイナイ (IP dari Type-Moon)

Franchise ini populer sejak kelahirannya dalam format adult visual novel yang seksi sebelum akhirnya mengambil rute mainstream dengan menghilangkan elemen hentai yang sebelumnya ada. Gamenya dirilis Januari 2004 dengan versi anime menyusul di Januari 2006. Serial game Fate memiliki banyak spin-off yang juga diadaptasi ke anime lain.

Sumber gambar: zerochan.net

Sumber gambar: zerochan.net

Trailer:

Danganronpa ダンガンロン (IP dari Spike Chunsoft)

Merupakan game PlayStation Portable dengan maskot ‘seekor beruang sadis berwajah ganda’ Monokuma di Kibogamine Gakuen 希望ヶ峰学園 . Plot game ini punya kemiripan dengan Corpse Party walau tentu ada banyak perbedaan diantara keduanya. Game Danganronpa rilis pertama di November 2010. Anime Danganronpa muncul pertama pada Juli 2013 sebanyak 13 episode.

Sumber gambar: drivenime.com

Sumber gambar: drivenime.com

Trailer:

Senran Kagura: Skirting Shadows / Shojo-tachi no Shinei 閃乱カグラ少女達の真 (IP dari Tamsoft)

Game Senran Kagura dirilis September 2011 sementara animenya mulai di Januari 2013. Kisah di game dan di anime mirip, yaitu tentang sekolah ninja rahasia dimana murid-muridnya merupakan ninja-ninja yang seksi. Baik game maupun animenya termasuk laku di pasaran. Senran Kagura awalnya dibuat untuk Nintendo 3DS sebelum kemudian menjadi multiplatform.

Sumber gambar: knowyourmeme.com

Sumber gambar: knowyourmeme.com

Trailer:

Masih banyak lagi anime-anime keren yang diangkat dari game yang sama kerennya. Bro sis favoritkan yang mana? Jangan lupa tag saya di komentar  ya!

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

5 Gaya Vlog Kids Zaman Now Ini Dijamin Bakal Bikin Ngakak!

Kesuksesan para Vloggers sepertinya berhasil menginspirasi para Kids Zaman Now untuk membuat Vlog juga. Jenis videonya p.. more

Café? Shooting Gallery? Dua-duanya benar! (sumber gambar: popularairsoft.com)

Kultur Themed Cafe Jepang Yang Unik – Gun Cafe

Gun Café adalah sebuah café yang memakai tema senjata api sebagai selling point-nya. Tapi tentu saja bukan senjata api.. more

00-d-tips-gacha

7 Tips Bermain Gacha Mobage dengan Aman

Bermain gacha di mobage memang mengasyikkan, tapi kalau kebablasan bisa merugikan. Berikut adalah tips gacha yang nggak .. more

Ingin Mengkritik Sebuah Karya dengan Baik dan Benar? Ikuti 5 Tips Kritik Objektif Berikut Ini!

Memberi kritik serampangan dapat melukai perasaan orang lain. Berikut adalah tips memberi kritik secara objektif... more

Faza Meonk ngobrol-ngobrol sama Tim CIAYO Corp (Dokumentasi CIAYO)

Sidak: Faza Meonk Inspeksi Mendadak ke Kantor CIAYO Comics

Pada tanggal 22 Maret 2017 kemarin, kantor CIAYO Comics sempat didatangi Si Juki...Eh, maksudnya penulis Si Juki. Yupp.... more