Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

2 years ago
Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Hai buat kamu para pecinta anime, pernah nonton The Secret World of Arrietty? Atau When Marnie Was There? Penah nonton? Wah kalau kamu pernah nonton kedua anime diatas, bisa dipastikan kamu pasti penonton setia anime keluaran Ghibli! Dan pastinya kamu ga akan mau ketinggalan anime yang satu ini.

Eitss, tunggu dulu, anime yang bakal kita bahas bukan dari Studio Ghibli, melainkan Studio Ponoc. Nah, Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari anime ini adalah, art dan stylenya mirip sekali dengan Ghibli!

Poster Official Mary and The Witch's Flower (Sumber: catsuka.com)

Poster Official Mary and The Witch’s Flower (Sumber: catsuka.com)

Kemiripan anime Studio Ponoc dan Ghibli terlihat dari trailer film terbarunya, Menurut penggemar Ghibli, konsep Mary and The Witch’s Flower merupakan gabungan dari beberapa anime terkenal Ghibli seperti Spirited Away, Howl’s Moving Castle, Kiki Delivery Service dan Ponyo.

Cuplikan dari scene Mary and The Witch's Flower. Tuh, mirip kan? (Sumber: nerdist.com)

Cuplikan dari scene Mary and The Witch’s Flower. Tuh, mirip kan? (Sumber: nerdist.com)

Salah satu scene dari Mary and The Witch's Flower. Ghibli banget deh! (Sumber: nerdist.com)

Salah satu scene dari Mary and The Witch’s Flower. Ghibli banget deh! (Sumber: nerdist.com)

Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, mengingat animator Studio Ponoc merupakan creator-creator yang pernah bekerjasama dengan Hayao Miyazaki, pendiri Studio Ghibli. Bahkan director dari film Mary and the Witch’s Flower, Hiromasa Yonebayashi, pernah menggarap beberapa film studio Ghibli antara lain, The Secret World of Arrietty dan When Marnie was There.

Hiromasa Yonebayashi selaku director dari anime pertama keluaran Studio Ponoc, Mary and The Witch's Flower (Sumber: trespassmag.com)

Hiromasa Yonebayashi selaku director dari anime pertama keluaran Studio Ponoc, Mary and The Witch’s Flower (Sumber: trespassmag.com)

Oya, untuk informasi tambahan, nama ‘Ponoc’ merupakan terjemahan yang bahasa Serbo-Croation, yang berarti Midnight, dan didefinisikan sebagai permulaan yang baru. Kabarnya, saat anime ini usai dibuat, Director Hiromasa Yonebayashi sempat memperlihatkan anime ini kepada Hayao Miyazaki. Namun, tanpa perlu melihatnya, Hayao Miyazaki pun sudah memuji anime tersebut. Padahal Hayao Miyazaki terkenal akan pelit pujian dan sosok yang sangat strict. Banyak yang menganggap bahwa sikap Hayao Miyazaki ini dikarenakan beliau sangat mempercayai Hiromasa Yonebayashi yang pernah bekerja dengannya.

Hayao Miyazaki (Sumber: japantimes.co.jp)

Hayao Miyazaki (Sumber: japantimes.co.jp)

Sebelumnya perlu diingat, bahwa saat bekerja di studio Ghibli, Hiromasa Yonebayashi terbilang sukses dengan keberhasilan kedua anime yang digarapnya. Bahkan When Marnie Was There dan The Secret World of Arriety merupakan anime keluaran Ghibli pertama yang sukses yang bukan diproduksi oleh Hayao Miyazaki.

The Secret World of Arrietty (Sumber: allgeektomeblog)

The Secret World of Arrietty (Sumber: allgeektomeblog)

Kesamaan lainnya, juga terlihat dari potrait karakter utamanya yang terlihat tegar, kuat, dan dapat dengan mudah relate dengan penonton. Selain itu, komposer soundtrack Mary and the Witch’s Flower merupakan komposer yang pernah menangani soundtrack When Marnie was There. Tentunya hal ini juga yang ditunggu-tunggu, mengingat hingga saat ini soundtrack When Marnie Was There masih digemari dan menjadi favorit penggemarnya.

Dan terdapat dua perdebatan yang bertolak belakang, beberapa ada yang tidak suka dengan kemiripan anime ini dengan studio Ghibli, namun sebagian menganggap hal ini merupakan kabar baik. Karena dengan banyaknya film-film bernuansa Ghibli, akan menambah bahan tontonan, apalagi produksi anime yang biasanya memakan waktu lama, membuat fans Ghibli harus menunggu beberapa tahun lagi untuk film terbarunya.

Penasaran bagaimana trailer dari anime Mary and The Witch’s Flower? Berikut trailer-nya :

Nah, buat bro sis yang ga sabar pengen nonton, sayangnya anime ini baru akan tayang 8 Juli 2017 nanti di bioskop-bioskop Jepang. huhu.

Menurut bro sis gimana? Mirip atau tidak? Yay or nay?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

00-d-a-simple-favor

Menertawakan Kemalangan Dalam Film A Simple Favor

Kombinasi antara Anna Kendrick yang jenaka dengan Blake Lively yang agak serius ternyata bekerja dengan baik dalam  A S.. more

00-d-trollhunters

Trollhunters: Saat Sekelompok Remaja Mengemban Tugas yang Tidak Biasa

Trollhunters adalah film yang dibuat oleh Guillermo Del Toro. Cerita Trollhunters sendiri sebelumnya telah dibuat olehny.. more

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

Banner Indonesia Comic Con 2017. Sumber gambar: coroflot.com

Popcon Asia 2017 vs Indonesia Comic Con 2017: Siapa yang Lebih Menarik?

Sama-sama merupakan event pop culture dunia, dengan ragam perpaduan antara East Pop Culture dengan West Pop Culture, mak.. more

cookingwithdog.com

Cuma di Acara Ini, Takoyaki Jadi Rebutan!

Di acara yang satu ini, takoyaki jadi bahan rebutan orang-orang. Gimana enggak, di acara Inari Matsuri IPB kemarin ada l.. more