Anime Bertema Sepakbola ini nggak Kalah Seru dari Captain Tsubasa lho

7 months ago

Tahun 2018 adalah tahunnya sepakbola. Penyebabnya tak lain karena adanya Piala Dunia yang akan diadakan di Rusia pada bulan Juni hingga Juli nanti. Pembahasan tentang Piala Dunia pasti akan jadi pokok pembicaraan bro sis pada pertengahan tahun. Nggak perlu fanatik dengan sepakbola, orang awam yang nggak ngerti  juga pasti menonton highlight dan gossip terbaru di dunia sepakbola. Bro sis yang hanya menikmati pertandingan yang disiarkan di televisi pun bisa menjadi penggemar dadakan sepakbola kala Piala Dunia berlangsung.

Logo Piala Dunia 2018 Rusia (Sumber: http://www.fifa.com)

Logo Piala Dunia 2018 Rusia (Sumber: http://www.fifa.com)

Sepakbola sejatinya memang bisa menjadi alat pemersatu sebuah bangsa. FIFA, selaku federasi sepakbola tertinggi di dunia, memiliki peraturan kalau setiap negara yang tergabung di FIFA harus mematuhi peraturan di dalamnya. Salah satu peraturan yang unik adalah larangan intervensi dari pemerintah terhadap ranah sepakbola di negaranya. Pengambilan keputusan di organisasi sepakbola nasional harus bebas dari campur tangan pemerintah. Sekadar mengingatkan, Indonesia pernah dicoret dari keanggotaan FIFA karena pemerintah membekukan PSSI, organisasi sepakbola nasional Indonesia.

Tak hanya dijadikan alat pemersatu bangsa di dunia nyata, sepakbola juga merambah dunia anime. Tentu saja Captain Tsubasa menjadi anime sepakbola paling terkenal. Tapi apakah bro sis tahu, ada pula anime bertema sepakbola yang nggak kalah seru dari Captain Tsubasa. Berikut ini beberapa di antaranya:

Whistle!

Anime ini berkisah tentang serang bocah bernama Kazamatsuri Shou yang ingin menjadi pemain sepakbola profesional namun memiliki kemampuan pas-pasan. Karena kemampuannya itu pula, meski dia diterima di SMP Musashi no Mori dan bergabung dengan tim sepakbolanya yang top, dia tidak pernah dimainkan. Barulah ketika dia pindah ke SMP Sakura Jousui, dia bisa bermain sepakbola. Dengan dukungan dari teman-teman sebayanya dan latihan keras setiap hari, kemampuan Shou dalam mengolah kulit bundar bisa meningkat pesat dan perlahan dia mulai mewujudkan mimpinya.

Whistle! (Sumber: https://myanimelist.net/featured/1546/Top_18_Best_Soccer_Football_Anime_and_Manga)

Whistle! (Sumber: https://myanimelist.net/featured/1546/Top_18_Best_Soccer_Football_Anime_and_Mang)

Film yang pertama kali ditayangkan pada 2002 silam ini berasal dari manga berjudul sama. Pelajaran yang bisa dipetik adalah, kita harus bekerja keras dan berdedikasi tinggi jika ingin benar-benar mewujudkan mimpi kita. Eh, anime ini juga pernah ditayangkan di salah satu televisi swasta di Indonesia lho, bro sis.

Akakichi no Eleven

Di SMA Shinsei, sepakbola diinterpretasikan sebagai olahraga pertempuran, yang berarti harus berjuang habis-habisan, apalagi pelatih baru mereka Teppei Matsuki, selalu mendorong timnya supaya mereka berjuang sekeras mungkin demi kemenangan. Kala itu ada bocah berandalan bernama Shingo Tamai yang bergabung dengan klub sepakbola bersama Ohira, temannya, supaya mereka nggak menjadi bahan bully. Walaupun niat awalnya hanya untuk bersenang-senang, kemampuan sepakbola mereka meningkat seiring keseriusan mereka dalam berlatih sepakbola.

Akakichi no Eleven (Sumber: https://myanimelist.net/anime/2316/Akakichi_no_Eleven/pics)

Akakichi no Eleven (Sumber: https://myanimelist.net/anime/2316/Akakichi_no_Eleven/pics)

Akakichi no Eleven adalah anime pertama yang bertema sepakbola. Pertama kali ditayangkan pada tahun 1970, wajar kalau bro sis belum pernah mendengar apalagi menontonnya. Meski lebih mengambil sisi drama yang meliputi dunia sepakbola, anime yang berasal dari manga ini juga patut ditonton, karena dari sinilah cikal bakal anime sepakbola lahir dan berkembang.

Shoot!

Bercerita tentang tiga orang sahabat bernama Toshihiko Tanaka, Kenji Shiraishi, dan Kazuhiro Hiramatsu, yang menggemari sepakbola dan bersahabat sejak SMP sewaktu mereka bermain sepakbola bersama-sama. Pada masa itu ketiganya dijuluki Kakenishi Golden Trio, karena kontribusi mereka dalam mengangkat performa tim sepakbola SMP Kakenishi. Mereka bertiga pun masuk ke SMA yang sama, SMA Kakegawa, yang baru saja didirikan. Alasannya sederhana, mereka ingin bermain bersama idola mereka, Kubo Yoshiharu, yang merupakan pemain bintang masa depan tim nasional Jepang.

(Sumber: https://myanimelist.net/anime/1327/Aoki_Densetsu_Shoot/pics)

(Sumber: https://myanimelist.net/anime/1327/Aoki_Densetsu_Shoot/pics)

Memiliki judul asli Aoki Densetsu Shoot! Anime ini dikenal dengan judul Shoot. Jika bro sis suka mengoleksi manga, dulu manga Shoot pernah terbit di Indonesia. Animenya juga pernah ditayangkan di awal tahun 2000-an meskipun tampaknya kurang diminati. Tak hanya membahas pertandingan sepakbolanya, anime ini juga mengangkat sisi drama yang meliputinya, mulai dari kematian Kubo Yoshiharu hingga kisah cinta segitiga Toshihiko Tanaka dan Kazuhiro Hiramatsu yang mencintai Kazumi Endo, manajer klub sepakbola.

Ganbare, Kickers!

Kickers adalah tim sepakbola yang baru terbentuk. Biasanya mereka bermain hanya untuk mewakili sekolahnya meski tidak pernah menang. Ketika pemain baru bernama Gregor masuk ke dalam tim, perlahan situasi mereka berubah. Motivasi mereka meningkat dan mereka ingin meninggalkan stigma “tim yang selalu kalah” dan mencoba menghadirkan kemenangan di tiap pertandingan.

Ganbare, Kickers! (Sumber: https://myanimelist.net/anime/3053/Ganbare_Kickers/pics)

Ganbare, Kickers! (Sumber: https://myanimelist.net/anime/3053/Ganbare_Kickers/pics)

Nggak hanya berkutat soal pertandingan sepakbola, anime yang bernama asli Ganbare, Kickers ini juga bercerita tentang kaptennya yang selalu dikerumuni fans wanitanya. Mereka juga menampilkan cara berlatih yang unik, seperti berlari menaiki tangga ke kuil di atas bukit. Anime yang pertama tayang di Jepang pada 1986 ini juga kayaknya pernah tayang di televisi Indonesia deh, bro sis. Ada yang udah pernah nonton?

Offside

Anime ini berkisah tentang seorang penjaga gawang berbadan tinggi besar bernama Goro Kumagaya, yang ingin masuk ke SMA Yokonan yang terkenal dengan klub sepakbolanya, namun dia harus bersekolah di SMA Kawasaki karena kesalahan. Namun, di SMA Kawasaki pula dia bertemu dengan Shingo, Hideki, dan Kazuhito Oda yang memiliki kemampuan sepakbola mumpuni. Perlahan mereka menapaki jalan menuju tangga juara sepakbola antar SMA. Goro pun menemukan bakat terpendamnya: menjadi seorang penyerang handal.

Offside! (Sumber: https://myanimelist.net/anime/5200/Offside_TV/pics)

Offside! (Sumber: https://myanimelist.net/anime/5200/Offside_TV/pics)

Banyak anime bertema sepakbola yang berasal dari manga, Offside salah satunya. Kali ini mengambil sudut pandang seorang penjaga gawang, orang paling belakang dalam suatu tim sepakbola. Namun sudut pandang itu pun berubah seiring perubahan posisi yang ditempati oleh Goro.

Giant Killing

East Tokyo United (ETU) berjuang setengah mati untuk bertahan di kasta teratas persepakbolaan Jepang selama beberapa tahun terakhir. Mereka hanya bisa menghindari jurang degradasi, sehingga impian para penggemarnya tertahan hingga di sana. Apalagi akhir-akhir ini mereka mengalami kekalahan lima kali berturut-turut sehingga kepercayaan diri tim merosot. Mulai dari fans mereka yang perlahan berbalik arah, pergantian pelatih yang tak terhitung, pemilihan perekrutan pemain yang tak jeli, ETU perlahan memasuki tangga kehancurannya.

Takeshi Tatsumi dalam anime Giant Killing (Sumber: https://myanimelist.net/anime/7661/Giant_Killing/pics)

Takeshi Tatsumi dalam anime Giant Killing (Sumber: https://myanimelist.net/anime/7661/Giant_Killing/pics)

Di tengah kesulitan itu, manajemen memutuskan untuk merekrut pelatih baru bernama Takeshi Tatsumi. Meskipun dulu dikenal sebagai pemain sepakbola handal, Tatsumi meninggalkan ETU beberapa tahun lalu sehingga menimbulkan kesan kurang baik bagi para fans. Tugas Tatsumi tidak mudah, yaitu membangkitkan semangat para pemain sekaligus memperbaiki posisi ETU di klasemen liga.

Lagu Pembuka Giant Killing:

 )

Cerita Giant Kiling merepresentasikan idiom David versus Goliath. Tim ETU yang tidak dianggap oleh para pesaingnya, berusaha menghancurkan segala ambisi lawan yang memiliki keunggulan lebih, baik dari segi kualitas pemain maupun finansial. ETU adalah tim David yang berusaha menumbangkan tim-tim Goliath. Apalagi Tatsumi sebagai pelatih mengeluarkan pernyataan kontroversial ketika pertama kali diwawancarai, kalau dia ahli dalam menumbangkan tim-tim raksasa, alias Giant Killing.

Inazuma Eleven

Ketika sekolah lain di Jepang sedang berkompetisi untuk memperebutkan titel tim sepakbola terbaik, klub sepakbola SMP Raimon yang bernama Inazuma Eleven sedang berjuang supaya tidak ditutup. Mamoru Endou, cucu dari penjaga gawang Inazuma Eleven generasi pertama, mengemban tugas berat sebagai kapten tim karena harus mengembalikan kondisi klub seperti semula. Mamoru mendapatkan secercah harapan ketika menemukan Shuuya Gouenji, remaja yang sudah menyerah akan karir sepakbolanya. Mamoru memutuskan untuk merekrut Shuuya dan beberapa orang lainnya, bagaimanapun alasannya, barulah kemudian dia dan timnya berusaha merebut tahta tertinggi dari kompetisi antar sekolah di Jepang.

Tim sepakbola SMP Raimon, Inazuma Eleven (Sumber: https://myanimelist.net/anime/5231/Inazuma_Eleven/pics)

Tim sepakbola SMP Raimon, Inazuma Eleven (Sumber: https://myanimelist.net/anime/5231/Inazuma_Eleven/pics)

Dari beberapa anime yang dibahas sebelumnya, mungkin Inazuma Eleven yang sedikit bercampur fantasi dengan pemain sepakbola memiliki jurus-jurusnya sendiri. Wajar, karena memang anime ini berasal dari game. Tapi justru itulah yang menjadi pembeda dengan anime lainnya. Anime ini juga pernah diputar di televisi swasta Indonesia dan menemani hari minggu bro sis semua lho.

Dari beberapa anime bertema sepakbola di atas, adakah yang meninggalkan kesan mendalam bagi bro sis? Kalau penulis sampai sekarang masih ingat, ketika baru menyetel televisi untuk menonton anime di hari minggu, ada teriakan, “Tendangan Megalodon!” Ternyata itu salah satu jurus yang digunakan karakter di Inazuma Eleven. Siapa yang pakai jurus itu? Boleh ditebak juga di kolom komentarnya ya bro sis…

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(Sumber: reddit)

Gawat, Mobile Legends Digugat oleh League of Legends!

Game MOBA populer Mobile Legends diduga memplagiat konten game MOBA lain, League of Legends. Bagaimana reaksi mereka?.. more

Nintendo Mengumumkan Peripheral Terbaru Untuk Switch: Nintendo Labo!

Nintendo Labo mengajak gamer untuk bermain game interaktif dengan bantuan kertas karton! Seperti apa ya gamenya?.. more

Sumber: mojokstore.com

Review Novel: Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah

“Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah” adalah novel paling terbaru karya Puthut E. A. Nama Puthut E. A. sudah se.. more

Sumber: CIAYO Comics / Vigilante

Vigilante, Komik Detektif Terbaru di CIAYO Comics

Seperti komik-komik detektif yang sudah ada, karakter utamanya memiliki kemampuan menganalisa yang tajam sehingga mampu .. more

Akhmad Fadly. Sumber: CIAYO Pictures

Akhmad Fadly: Berkarya Untuk Mengenalkan Budaya Lokal

bagaimana jadinya kalau ada komikus yang berkarya karena terinspirasi dari sebuah keris yang ia punya?.. more