Anime Buatan Cina Disebut Menandingi Jepang

1 month ago
source 1: pinterest.com

Seorang animator Jepang, Yoshitada Fukuhara lewat akun twitter miliknya berpendapat kalau sebentar lagi anime produksi dari Cina bakal segera menandingi anime produksi Jepang. Yoshitada sendiri adalah produser pembuat anime yang sempat populer di Jepang, dengan judul Kemono Friends di tahun 2017. Gak hanya Yoshitada aja yang berpikir kayak gitu, beberapa orang juga memiliki pendapat yang sama dengan Yoshitada.

Banyak orang mulai menyadari kalau Cina mulai mengembangkan kemampuan animator-animatornya dalam beberapa animasi populer seperti “Quan Zhi Gao Shou/The King’s Avatar” atau “Huyao Xiao Hongniang/Fox Spirit Matchmaker” yang juga populer di banyak negara. Kualitas anime buatan Cina menjadi sangat baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga diakui oleh para penggemar animasi Jepang loh.

source 2: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

source 3: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Beberapa waktu lalu, animator dari Jepang sempat bekerja sama dengan animator dari Cina. Pada saat ini lah perkembangan skill dalam membuat animasi di Cina disebut-sebut meningkat setelah mempelajari teknik pembuatan anime di Jepang. Anime buatan Jepang dan anime Cina beda orientasi atau market. Anime buatan Jepang lebih ke arah adult-oriented, sedangkan anime Cina lebih berorientasi kepada anak-anak. Jadi gak bisa dipungkiri kalau misalnya suatu saat nanti mungkin saja Cina bisa membuat anime untuk penonton dewasa atau bahkan membuat film anime yang akan hits sampai ke Hollywood sekelas “Your Name”.

source 4: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Pendapat yang muncul untuk hal ini bukan tanpa alasan. Salah satu alasan besar kenapa Cina disebut bisa menandingi Jepang, karena pendapatan animator di Cina dikatakan lebih tinggi dibanding di Jepang. Hal ini cukup masuk akal, mengingat ada banyak creator anime asal Jepang, sementara di Cina sendiri masih belum begitu banyak orang yang berprofesi sebagai animator. Karena hal itulah, apresiasi terhadap animator dan staf produksi bakal lebih tinggi dibanding di Jepang. Bahkan anime production se-terkenal Studio Ghibli sempat menerima protes dari orang luar Jepang yang mengatakan kalau pendapatan animator sebanyak US$1,797 untuk sebulan itu masih kurang banyak. Mengingat banyak negara lain yang mampu membayar animator lebih dari itu tiap bulannya.

source 5: www.wsj.com

Sumber: www.wsj.com

Kalau kita mendengar gaji animator di Jepang yang sebulan kurang lebih 25 juta rupiah, pasti mengira kalau itu udah cukup banget. Tapi kalau tahu sesulit apa buat animasinya, mungkin kita gak bisa ngomong seperti itu.

Menurut survei yang pernah dibuat di Jepang, seorang animator bisa bekerja selama 11 jam setiap harinya. Mereka juga tetap harus bekerja walaupun weekend, karena mempunyai deadline di setiap proyek animasi. Belum lagi dengan peralatan mahal yang dibutuhkan dan tingkat kesulitan dalam membuat animasi 2D dan 3D. Profesi animator memang gak bisa dipandang sebelah mata dan butuh apresiasi tinggi.

Gimana menurut bro sis? Apa kalian juga sudah mulai aware dengan peningkatan kualitas anime buatan Cina?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(from : studiomdhr.com)

Kisah Sedih di Balik Kesuksesan Game Cuphead

Cuphead adalah permainan aksi lari dan penggunaan senjata pistol klasik yang sangat fokus pada pertempuran mengalahkan p.. more

(ja-renders.deviantart.com)

Serunya Bunuh-Bunuhan Sama Zombie di The Last of Us

Setelah sukses dengan The Last Of Us Part 1 yang dirilis pada tahun 2013 silam, Playstation memperkenalkan kisah lanjuta.. more

Yuma Soerianto, Bocah yang Menuai Pujian Bos Apple. Sumber: detik

Fenomena Kids Jaman Now yang Ramai di Dunia Maya

Banyak sisi positifnya, tapi yang tenar malah sisi negatifnya... more

Game Terbaru Naruto Bertema ‘Team Battle Ninja’ Segera Dirilis Tahun Depan

Walau manga Naruto sudah resmi tamat beberapa tahun yang lalu, namun franchise-nya ternyata belum berhenti mengeluarka.. more

(Sumber: Google)

Rekomendasi Komik Korea yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Korea Selatan memang saat ini sedang menunjukkan taringnya di bidang perkomikan. Industri komik di Korea Selatan ini mem.. more