Anime Fireworks: Sebuah Kisah Tentang Perbedaan Perspektif (Should We See from the Side or the Bottom)?

3 years ago
Fireworks ini adapatasi dari drama Jepang di tahun 1953 (Sumber: tumblr)

Menurut kamu kembang api itu bentuknya datar atau bundar? hmm, jadi penasaran kan? Sebelumnya bro sis pasti ga pernah bertanya-tanya tentang hal ini. Nah, Untuk tau jawabannya, kita harus banget nih nungguin anime movie yang sebentar lagi bakal tayang. Anime Fireworks, Should We See It from The Side or The Bottom? (atau Uchiage Hanabi, Uekara Miruka? Shitakara Miruka?) adalah adaptasi dari TV drama karya Shunji Iwai di tahun 1993. Film ini diarahkan oleh Nobuyuki Takeuchi, yang merupakan penata visual dan production designer dari serial Shaft Monogatari. Selain itu, Akiyuki Shinbo sebagai general director.

Anime Fireworks poster

(Sumber: wikipedia)

Perbedaan Anime Fireworks Dengan Versi Drama TV

Jika disesuaikan dengan alur cerita dari drama TV-nya, anime Fireworks/Uchiage Hanabi ini diawali dengan perdebatan antara Norimichi dan Yusuke dan teman sekolahnya di pinggiran kota Jepang mengenai, apakah kembang api itu sebenarnya ‘datar’ atau ‘bundar’ ketika meledak di langit. Sementara itu, Nazuna punya hal lain untuk dipikirkan karena orang tuanya yang akan berpisah. Karena perceraian tersebut, rencananya Nazuna akan pindah setelah liburan akhir musim panas. Ketika Norimichi dan Yusuke sedang melakukan lomba renang, Nazuna memutuskan untuk mengajak pemenang dari lomba itu untuk kabur dari rumah dengannya. Mereka juga berencana untuk menonton kembang api dari menara mercusuar supaya tau jawaban dari perdebatan di sekolah.

Anime Fireworks hanabi

(Sumber: pinterest)

Hanabi atau kembang api ini pasti sering banget deh kita lihat di tiap anime Jepang. Kembang api biasanya identik dengan festival, atau perayaan besar tertentu yang lekat banget dengan budaya Jepang. Hanabi sendiri berasal dari kata ‘Hana’ yang berarti bunga dan ‘Bi’ yang berarti api. Tradisi kembang api ini sudah dimulai sejak tahun 1732, ketika Jepang masih mengalami krisis ekonomi, wabah penyakit, dan kelaparan. Orang jepang menggunakan kembang api sebagai media untuk menghibur mereka mengenai keadaan saat itu. Kembang api digambarkan sebagai sebuah simbol yang mengingatkan kita tentang harapan dan kebahagiaan. Lalu sejak itulah,  kembang api sering dipakai saat festival musim panas dan hampir di setiap perayaan.

Anime Fireworks festival

Festival kembang api yang selalu kita temui di dalam anime atau komik Jepang (Sumber: guidable.co)

Anime Fireworks momen

Momen kembangh api biasanya dimanfaatkan untuk menyatakan perasaan (Sumber: milkcananime)

Baca Juga: 7 Komik Jepang Paling Romantis

Hampir setiap anime maupun film Jepang pasti gak lupa untuk mengajarkan budaya khasnya ke penonton. Acara festival yang dirayakan tiap tahunnya dijadikan masyarakat Jepang sebagai moment untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman, terutama untuk anak muda atau pasangan. Apalagi festival kembang api identik dengan momen mengungkapkan perasaan. Anime Fireworks/Uchiage Hanabi dengan Megumi Okina dan Yuta Yamazaki sebagai pengisi suara akan release di Jepang tanggal 18 Agustus mendatang. Sembari menunggu filmnya rilis, yuk kita nikmati trailer-nya

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(Source : Facebook @WelcomeSapporo)

“Sapporo Snow Festival” Festival Salju Terbesar di Jepang

Festival musim dingin terbesar di Jepang bernama Sapporo Snow Festival sudah dibuka lho... more

CIAYO Games Sambangi Agate Studio. Ada Apa Ya?

Beberapa waktu lalu, Tim CIAYO Games berkunjung ke Agate Studio. Nggak hanya sharing session, CIAYO Games dan Agate Stud.. more

Sumber: www.crunchyroll.com

Kesan Pertama Menonton Mahou Shoujo Ore: Magical Girl dengan Konsep Absurd

Siapa bilang Magical Girl selalu identik dengan kesan imut dan romantis? Di musim semi 2018 ini, penggemar anime dikejut.. more

00 el desktop

Rahasia Dibalik Laku Kerasnya Fiksi Baper-baperan

Cerita fiksi romantis - entah itu dalam novel hingga sinetron dan anime nampaknya laku keras. Kok bisa begitu ya, bro si.. more