Anime Gamers: Penuh dengan Kesalahpahaman dari Awal Hingga Akhir

5 months ago
 (Sumber: youtube.com)

Dari berbagai macam genre cerita, salah satu genre yang popular yaitu romance. Tak dapat dipungkiri, genre romance bisa berdiri sendiri dan juga menyatu dengan baik apabila dikombinasikan dengan genre lainnya. Salah satu kombinasi yang sedang popular beberapa tahun belakangan adalah genre romance comedy, atau bisa disingkat dengan romcom. Kisah cinta berbalut kelucuan yang terjadi di dalamnya membuat genre romcom dianggap ringan dan ceritanya bisa masuk ke semua kalangan. Meski begitu, banyak pula anime genre romcom yang ceritanya mengangkat tema awal yang juga populer.

Poster Gamers! (Sumber: myanimelist.net)

Poster Gamers! (Sumber: myanimelist.net)

Anime Gamers termasuk di dalamnya. Kisah seorang gamer yang tak memiliki teman lantaran lebih nyaman jika bermain sendiri adalah kisah yang dapat ditemui di kehidupan sehari-hari, walau kini tren game sudah mulai bergeser ke multiplayer. Anime yang ditayangkan di musim panas 2017 ini mencoba mengambil konflik roman yang terjadi di kalangan gamer dan orang-orang sekitarnya.

Karen Tendou, lebih disukai daripada karakter utama (Sumber: myanimelist.net)

Karen Tendou, lebih disukai daripada karakter utama (Sumber: myanimelist.net)

Diceritakan, Keita Amano adalah siswa SMA yang suka bermain game sendirian di kehidupan sehari-harinya. Suatu hari dia tak sengaja berpapasan dengan wanita tercantik di sekolahnya, sehingga membuat dia minder dan ingin menghilang secepatnya. Namun, Karen Tendou—wanita populer itu—mengetahui kalau Amano adalah seorang gamer, dan dia tertarik untuk merekrut Amano ke dalam klub game yang dibentuknya. Ketika Amano mengunjungi ruangan klub game itu, dia menemukan kalau ada sisi lain dari sebuah game yang jauh dari ekspektasinya. Buatnya, game adalah kesenangan, sedangkan di klub itu, game adalah kompetisi.

Amano menolak ajakan Tendou untuk bergabung karena tak ingin merusak kesenangannya terhadap dunia game. Tapi Amano mengucapkan itu di hadapan teman-teman lainnya, jadi bisa diartikan kalau Amano menolak Tendou. Meski demikian, Tendou tak patah arang. Dia berusaha mencari cara agar Amano mau bergabung dengan klubnya. Namun, Tendou perlahan justru jatuh cinta pada Amano.

Karakter dari Gamers! (Sumber: myanimelist.net)

Karakter dari Gamers! (Sumber: myanimelist.net)

Anime ini penuh dengan kesalahpahaman. Jika dilihat dari judul, Gamers membuat penonton berharap kalau anime ini membahas tentang berbagai game. Apalagi jika dilihat dari video opening-nya berikut:

Jangan pernah menilai suatu anime hanya dari video opening-nya! Video di atas menggambarkan kalau Gamers akan penuh dengan berbagai tipe game yang pernah merajai dunia, atau mungkin penonton akan membayangkan kisah gamer yang terperangkap dalam dunia game. Namun nyatanya, sepanjang 12 episode ceritanya penuh dengan kisah hidup tokoh utama dengan orang-orang di sekitarnya. Tak banyak game yang dibahas, apalagi berharap tokoh utama pindah alam ataupun semacamnya.

Jalan cerita dalam anime ini disajikan dengan kecepatan alur yang konstan, sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Karakteristik para tokohnya pun tak bisa dibilang konstan. Keita Amano awalnya diceritakan sebagai orang yang idealis, namun perlahan berubah karena pengaruh dari Karen Tendou, yang melihat unsur kesenangan game dari perspektif berbeda dengan Amano.

Awal mula konflik (Sumber: horriblesubs.info)

Awal mula konflik (Sumber: horriblesubs.info)

Tidak hanya tokoh utama, karakteristik tokoh lain pun tak bisa dibilang sempurna dan stabil. Meski demikian, perubahannya masih bisa ditolerir. Karen Tendou yang berubah lantaran jatuh cinta kepada Amano; Tasuku Uehara yang digambarkan sebagai karakter serba tahu, tapi akhirnya termakan dengan prasangkanya sendiri; Aguri, yang sangat mencintai Tasuku sehingga berprasangka yang bukan-bukan; Chiaki Hoshinomori, gadis pendiam yang mendadak berubah jadi cantik dan dianggap sebagai pesaing cinta Karen Tendou dalam memperebutkan Amano.

Tampilan awal Chiaki Hoshinomori (Sumber: horriblesubs.info)

Tampilan awal Chiaki Hoshinomori (Sumber: horriblesubs.info)

Seperti anime bergenre romance comedy lainnya, kekuatan dalam percakapan dan juga monolog para pemain mejadi kekuatan anime ini. Namun, justru arahnya malah menjadi semakin membingungkan bagi setiap tokohnya. Justru di sinilah letak kelemahan anime ini. Ketika karakter lain mulai berkembang, Amano justru semakin memburuk dengan ketidakpekaan yang dimilikinya. Penonton justru lebih menyukai karakter lainnya, mulai dari tokoh pendukung hingga karakter figuran seperti kakak kelas di klub game.

Karakter anime Gamers! (Sumber: youtube.com)

Karakter anime Gamers! (Sumber: youtube.com)

Secara keseluruhan, anime ini cukup layak ditonton, walau ratingnya hanya 7.25 di myanimelist.net hingga 24 April 2018. Kekurangan dari karakter utama yang menjadi nilai minus. Selebihnya—dari art hingga audio—bisa dibilang baik. Kadokawa bisa dibilang sukses memberikan kepercayaan kepada studio Pine Jam. Bagi kalian yang belum menontonnya, siap-siap kesal melihat segala kesalahpahaman yang terjadi sepanjang film.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(Sumber: Screenrant)

Film Justice League ‘Snyder Cut’ : Antara Fakta, Mitos dan Harapan Kosong

Seperti semua film bioskop, Justice League juga mendapatkan versi film rumahan . Versi ini penting untuk meredam ketidak.. more

(from : studiomdhr.com)

Kisah Sedih di Balik Kesuksesan Game Cuphead

Cuphead adalah permainan aksi lari dan penggunaan senjata pistol klasik yang sangat fokus pada pertempuran mengalahkan p.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

The Ritual, Atmosfer Luar Biasa untuk Cerita Usang yang Klasik

“The Ritual” merupakan contoh film horror yang punya skenario klasik dengan menampilkan atmosfer mencekam yang terja.. more

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away yang Harus Kamu Tau!

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more

Review Ant-Man and the Wasp: Sebuah Cerita Kecil dalam Bungkusan Universe yang Besar

Kisah keluarga superhero yang dibalut dalam komedi dan dikemas secara sederhana. Ant-Man and the Wasp. Apa hubungannya.. more