Anime Harukana Receive Tampilkan Asyiknya Voli Pantai

9 months ago
00-d-harukana-receive

Semarak Asian Games 2018 di kota Jakarta dan Palembang masih berlangsung. 45 negara Asia terus bertarung memperebutkan sisa medali sebelum Asian Games berakhir tanggal 2 September 2018.

Bertepatan dengan Asian Games, nampaknya beberapa studio anime kompak menayangkan berbagai anime tema olahraga di musim panas ini. Sebelumnya sudah diulas bagaimana anime badminton Hanebado bisa menampilkan drama dan tensi yang sama layaknya pertandingan badminton betulan. Tapi nggak cuma Hanebado saja yang jadi anime olahraga yang harus kamu tonton di bulan ini.

Baca Juga: 10 Anime Summer 2018 Yang Harus Kamu Tonton!

harukana receive

Sumber: Mangapark

Mungkin kamu suka voli? Pernah mencoba voli pantai, atau mungkin baru sekedar tertarik? Kalau begitu, kamu bisa coba nonton anime Harukana Receive. Anime adaptasi dari manga karya Nyojizai ini memang kelihatan santai dan kurang menggigit. Namun jangan sampai penampilan imut karakternya menipumu karena Harukana Receive punya sisi kompetitif yang mampu menyaingi Hanebado yang tayang bersamaan dengan anime ini.

Harukana Receive menceritakan tentang Ozora Haruka, siswi SMA yang pindah ke pulau Okinawa untuk tinggal bersama sepupunya, Higa Kanata. Rumah Kanata ada di depan pantai, sehingga keduanya menyempatkan diri untuk bermain di sana. Mereka kemudian bertemu dengan sepasang pemain voli pantai, Tachibana Ayasa dan Toi Narumi yang ternyata adalah teman lama Kanata.

Sumber: Anime Tosho

Sumber: Anime Tosho

Tertantang untuk bermain voli pantai, Haruka dan Kanata bermain melawan Ayasa dan Narumi. Meskipun kalah, Haruka justru semakin semangat untuk makin mahir bermain voli pantai. Ia pun mengajak Kanata membentuk tim voli pantai dan berjanji untuk bertarung lagi dengan Ayasa dan Narumi yang ternyata adalah juara nasional voli pantai.

Harukana Receive Seimbang Antara Slice of  Life dan Aksi

Walaupun seiring waktu cerita Harukana Receive lebih fokus pada sisi slice of life, anime ini ternyata cukup kompleks apalagi saat pertandingan voli pantai. Lewat Harukana Receive, kamu bisa mengenal lebih dekat olahraga voli pantai, taktik-taktik yang biasa digunakan, hingga perbedaannya dengan voli biasa. Kedengarannya memang teknis, tapi kamu nggak harus paham dengan aturan voli untuk bisa menikmatinya.

Sumber: Anime Corps

Sumber: Anime Corps

Karena mengandalkan eksposisi dan penjelasan untuk memberikan insight kepada penonton, ritme Harukana Receive terasa agak lambat. Adegan aksi biasanya disela dengan penjelasan teknis, sehingga merusak momentum. Di bagian ini Harukana Receive memang tidak begitu show not tell.

Di samping itu, kamu juga bisa merasakan suasana tropis yang jadi andalan Okinawa. Teriknya musim panas, angin semilir serta pasir pantai yang terhampar sepanjang mata memandang, rsanya seperti sedang liburan di Bali, ya? Sentuhan soundtrack dengan nuansa latin dan tropical house garapan DJ Rasmus Faber asal Swedia semakin menguatkan estetika musim panas di anime ini.

Sumber: Wikia

Sumber: Wikia

Meskipun presentasi visualnya bisa membuat beberapa orang kurang nyaman (fanservice yang cukup banyak), Harukana Receive tetap menjadi tontonan solid buat kamu yang mencari anime tema olahraga. Kombinasi seimbang antara slice of life dan tarung voli pantai kompetitif membuatnya jadi anime olahraga yang direkomendasikan. Tak ada salahnya menonton back-to-back episode Harukana Receive dengan rekaman ulang pertandingan voli Asian Games 2018, dimana tim putra-putri Indonesia berhasil meraih medali perak dan perunggu.

Bicara soal olahraga, CIAYO Comics juga punya koleksi komik olahraga yang bisa macu adrenalin kamu! Ada Galaxin karangan Mohammad Zainul dan Hadi Kuwat, serta The Last Kickers dari Kickers Arsad. Kalau kamu suka Hanebado, dua komik ini harus kamu baca!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Destinasi Liburan Ala Jepang di Indonesia, Memangnya Ada?

Nah, buat kamu yang suka dengan negara Jepang, kamu juga bisa banyak menemukan pernak pernik event Jejepangan di Indones.. more

Review Ant-Man and the Wasp: Sebuah Cerita Kecil dalam Bungkusan Universe yang Besar

Kisah keluarga superhero yang dibalut dalam komedi dan dikemas secara sederhana. Ant-Man and the Wasp. Apa hubungannya.. more

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more

Ekshibisi NaoBun Project Pamerkan Komik Hingga Instalasi Seni

Ekshibisi We Are NaoBun Project! tanggal 6-13 Mei 2018 lalu menampilkan sekitar 13 judul komik yang dikembangkan bersama.. more

00 d CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

CIAYO Comics mengadakan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 untuk komik miniseries dan one-shot. Berhadiah lebih dari 450 jut.. more