Game AR Ingress Akan Merambah Dunia Anime

3 months ago
00-d-ingress-anime

Sebelum orang mengenal Pokemon GO, ada game yang bernama Ingress. Dirilis perdana untuk ponsel Android di tahun 2013, Ingress merupakan salah satu pelopor game alternate reality (AR) yang menyajikan sebuah permainan multiplayer berbalut teknologi GPS dan geotagging. Para pemain yang berada dalam dua kubu berbeda harus bertarung untuk memperebutkan kekuasaan dari lokasi dunia nyata seperti mal, monumen, dan lain sebagainya.

01-ingress-game

Gamer harus mengunjungi lokasi tertentu untuk bisa bermain Ingress. (Sumber: Youtube)

Pemain Ingress merupakan salah satu komunitas gamer yang sangat solid. Di seluruh dunia diadakan gathering para gamer dimana mereka menjelajahi kota untuk bermain bersama. Meskipun berada dalam kubu berbeda, setiap gamer saling menghargai lawan mereka dan tak ragu untuk saling menolong.

02-ingress-event

Event Ingress yang diadakan di Jepang. (Sumber: Wireless Watch Japan)

Untuk semakin memperkuat popularitasnya, Niantic sebagai pembuat game Ingress dan Pokemon GO akan memproduksi adaptasi anime dari Ingress. “Saya sangat suka membangun sebuah dunia lewat berbagai jenis media,” tutur CEO dari Niantic, John Hanke. “…Anime merupakan jalan yang sangat bagus untuk mengenalkan Ingress, karena kamu bisa membuat orang tertarik dengan dunia yang berbeda dari yang sehari-hari kita jalani,” tambahnya.

03-ingress-map

03-ingress-mapGamer bisa memeriksa daerah kekuasaan Enlightened dan Resistance di komputer. (Sumber: CNET)

Sebelumnya, Niantic sudah merilis berbagai e-book dan webseries yang bertujuan sebagai perkenalan akan dunia Ingress. Dalam setiap cerita Ingress, terdapat sebuah energi atau unsur zat baru bernama Exotic Matter (XM). Penemuan XM di seluruh penjuru bumi ternyata berhubungan dengan Shapers, sosok alien misterius. Manusia terbagi menjadi dua kubu berbeda: Enlghtened yang ingin menggunakan XM untuk membuka potensi evolusi manusia, sementara kubu Resistance berusaha menjaga XM yang ternyata melindungi manusia dari Shapers.

04-ingress-manga

Dua judul manga Ingress yang sudah terbit. (Sumber: MyAnimeList)

Pertanyaannya, kenapa anime? Percaya atau tidak, Ingress memiliki popularitas yang besar di Jepang. Sudah ada berbagai event garthering yang diadakan di Jepang, bekerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka. Bahkan salah satu event di Jepang pada tahun 2014 diabadikan dalam sebuah manga berjudul Ingress: Tokyo Anomaly. Ada lagi satu manga Ingress berjudul Ingress-teki Nichijou, yang menceritakan pertemuan antara Ibuki dengan gadis bule bernama Chloe. Tak disangka, Chloe sebenarnya adalah seorang agen Ingress.

Dengan alasan di atas, rasanya tak ada keluhan dengan adaptasi anime ini. Anime Ingress akan tayang mulai bulan Oktober 2018 di blok siaran +Ultra milik Fuji TV. Studio animasi Craftar akan memproduksi animenya.

05-ingress-prime

Konsep tampilan game Ingress Prime. (Sumber: Youtube)

Belum ada informasi lebih terkait jalan cerita anime Ingress ini, namun diyakini bahwa anime Ingress akan menampilkan cerita baru yang terinspirasi dari Ingress Prime. Ingress Prime adalah update untuk game Ingress orisinil, yang akan merombak total seluruh permainan Ingress dari nol. Niantic menjanjikan Ingress Prime akan memiliki tampilan baru, cerita baru, dan gimmick baru. Seperti apakah semuanya? Niantic juga belum mau membuka kartu.

Sepertinya kita masih harus menunggu info lainnya menjelang penayangan anime Ingress di bulan Oktober nanti. Apa kamu pemain Ingress juga? Kamu kubu Enlightened atau Resistance? Tulis di komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: http://people.com

Selain Jumanji, Ini Dia 10 Film Wajib Tonton yang Dibintangi The Rock

Lewat film “Jumanji: Welcome to the Jungle”, nama Dwayne Johnson atau yang lebih dikenal dengan sebutan “The Rock.. more

Mobil Bruce Wayne di Justice League Ini Hanya Bisa Dikemudikan di Video Game! Hanya Satu di Dunia!

Bruce Wayne, miliuner rangkap superhero serba bisa, membayar Mercedes-Benz untuk mewujudkan mimpinya mengemudikan mobil-.. more

Sumber gambar: arstechnica.comSumber gambar: arstechnica.com

Project Yeti: Usaha Google Menyaingi The Big Three of Video Games?

Bisnis gaming mobil Google pada prinsipnya sama bagus dengan Apple. Mereka berbagi ceruk pasar di bagian ini seperti Nin.. more

Thoma - Novie - Luthfi

Interview: “The High” Komik Horor Yang Bikin Geli Pembacanya

Nggak banyak yang bisa menyalurkan idealismenya lewat karya. Tapi comic writer satu ini bisa terus menuangkan imajinasin.. more

Ternyata Microsoft Punya Banyak Maskot Dan Mereka Semua Sangat Kawaii!

Masih belum percaya? Di Jepang, Microsoft punya strategi tersendiri untuk memasarkan produk-produk mereka. Di setiap pro.. more