Anime Ini Dinobatkan Sebagai Anime Nasional Jepang dan Alasannya Bikin Melongo!

6 months ago
Sazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-rollSazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-roll

Jepang sebagai negara penghasil anime memang sudah sukses menjadikan anime sebagai gaya hidup. Hampir di tiap negara pasti mengenal anime. Industri anime memang sudah mendunia dan bisnis anime pun menjadi salah satu komoditi yang berpengaruh besar terhadap perekonomian Jepang.

Kalau berbicara mengenai anime, pasti tidak bisa lepas dari anime Naruto, One Piece, Doraemon dan lainnya. Terlebih bagi para fans One Piece yang hingga saat ini masih sabar menunggu seri One Piece. Namun banyak juga para fansnya yang tidak rela kalau seri ini ditamatkan karena sudah attached dengan karakternya.

One Piece masih setia menghibur dan menemani fans-nya. Sumber: One Piece Wiki

One Piece masih setia menghibur dan menemani fans-nya. Sumber: One Piece Wiki

Kalau bro sis tipe yang mana nih? Yang pengen cepet-cepet ngelihat ending cerita anime favoritnya, atau yang ga pengen anime favoritnya tamat?

Saat ini yang menduduki tempat pertama sebagai anime dengan episode terpanjang adalan Sazae san. Sazae san pertama kali ditayangkan di TV Fuji pada tahun 1968 dan masih diproduksi hingga saat ini! Dengan durasi kurang lebih 6 menit, Sazae san masih setia menemani keluarga Jepang setiap hari Minggu.

Popularitas Sazae san memang tidak sehebat Crayon Shinchan, Doraemon ataupun One Piece. Namun, di Jepang, tidak ada yang tidak mengenal anime Sazae san. Berkat kepopulerannya di Jepang, anime ini bahkan mendapat julukan anime nasional.

Doraemon, ikon nasional negara Jepang. Sumber: fandom

Doraemon, ikon nasional negara Jepang. Sumber: fandom

Pertanyaan kedua, jika sangat populer di Jepang, mengapa minim awareness di kancah internasional?

Jika ditelaah, anime ini sudah hadir di Jepang sejak tahun 1968, di mana pada saat ini anime dan manga Jepang belum sepopuler sekarang. Masih sangat jauh ketika anime dan manga meledak di dunia internasional. Selain karena sudah mendarah daging di masyarakat Jepang sejak lama, faktor lainnya adalah karena anime ini ditayangkan tiap hari Minggu menjelang sore hari.

Manusiawinya, hari Minggu merupakan hari yang menyenangkan namun depressing. Why? Karena pada hari Minggu, kita tidak perlu bangun pagi-pagi dan bekerja. Namun, hari Minggu juga lah merupakan hari terakhir bersantai sebelum dihadapkan dengan kenyataan keesokan paginya harus bekerja dan melakukan daily activity.

Situasi ini bahkan mendapat sebutan sebagai sindrom Sazae san. Karena jam tayang acara ini adalah pukul 18.30, theme song akhirnya pun sekaligus menjadi reminder bahwa sekarang sudah berada di penghujung akhir pekan. Ini menjadi pertanda bahwa saatnya kita istirahat dan mempersiapkan diri untuk kembali bekerja keesokan harinya.

Keluarga sederhana yang kocak, Sazae san. Sumber: myanimelist

Keluarga sederhana yang kocak, Sazae san. Sumber: myanimelist

Alasan lain mengapa masyarakat Jepang sangat mencintai anime ini adalah karena masih banyaknya unsur tradisional Jepang yang melekat dalam anime ini. Mengingat tayangan ini sangat minim unsur modernitas, teknologi canggih, kekerasan dan drama berlebihan, Sazae san pun menjadi salah satu media nostalgia masyarakat Jepang.

Sumber: tenkai-japan

Sumber: tenkai-japan

Anime Sazae san merupakan adaptasi dari manga yang berjudul sama karya Machiko Hasegawadan. Awalnya manga ini diterbitkan di surat kabar lokal Jepang pada 22 April 1946 dan berakhir pada 21 Februari 1974. Yang istimewa sekaligus membingungkan dari Sazae san adalah, meski sudah sangat populer di Jepang, namun mengapa sangat jarang sekali kita menemukan merchandise yang bertemakan Sazae san?

Jadi alasannya ternyata Machiko Hasegawa sang author menegaskan kepada pihak-pihak terkait untuk tidak memproduksi merchandise Sazae san termasuk DVD-nya.

Machiko Hasegawa. Sumber: Alchetron

Machiko Hasegawa. Sumber: Alchetron

Sazae san menceritakan tentang kehidupan keluarga Jepang pasca perang dunia ke-2. Saat itu Jepang sudah mulai modern dan Sazae san sebagai pemeran utama menggambarkan karakter perempuan yang feminist, bold dan dominan. Nah, hal itu sempat menjadi kontroversi, karena karakter perempuan yang ditampilkan Sazae san sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai yang seharusnya dianut oleh perempuan Jepang saat itu.

Anime ini juga bergenre komedi dan slice of life yang menyenangkan, sehingga penonton lebih mudah terhibur oleh tingkah laku keluarga Sazae san.

Komik cetak Sazae san. Sumber crunchyroll

Komik cetak Sazae san. Sumber crunchyroll

Anime yang hanya berdurasi kurang lebih 6 menit ini dinobatkan menjadi anime dengan episode terpanjang oleh Guiness Book of World Record di tahun 2013. Selamat menikmati anime ini ya! Diharapkan, anime ini bisa menjadi healing anime buat kalian semua. Ada yang sudah pernah menonton anime Sazae san?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: mondofox.it

Go Nagai: Mangaka Senior yang Mempopulerkan Genre Ecchi dan Super Robot

Go Nagai adalah sosok mangaka jenius yang tidak terjebak pada satu genre. .. more

Sumber: www.artscommented.com

Phantom Thread: Pesona Daniel Day-Lewis yang Perfeksionis

Sosok Reynolds yang gigih, sempurna, modis, keras kepala, dan sekaligus rapuh berhasil diperankan oleh Day-Lewis dengan .. more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

Sabrina – Chapter 10: Kejutan dari Orang Asing

Baru beberapa hari menghabiskan waktu di Bali, Sabrina sudah mengalami banyak hal yang tidak terduga... more

Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari.. more