Anniversary CIAYO Comics Jadi Ajang Have Fun Para Author

9 months ago
(CIAYO Pictures)

Satu tahun sudah, CIAYO Comics mewarnai dunia komik digital Indonesia. Dirilis 19 Desember 2016 lalu, CIAYO Comics mulai eksis sebagai platform komik digital pertama di Indonesia. CIAYO Comics pun didapuk sebagai wadah bagi para komikus lokal yang ingin terus berkarya di dunia komik dan mem-publish karyanya secara lebih luas lagi.

Tepat di pertengahan bulan Desember ini, CIAYO Comics merayakannya dengan konsep yang santai dan meriah. Tidak hanya have fun dengan seluruh karyawannya, kali ini CIAYO Comics juga mengundang para kreator komik lokal dari berbagai wilayah di Indonesia. Acara ini menjadi ajang tatap muka bagi para komikus Indonesia.

Dhana dan Fahmi, komikus CIAYO Comics menikmati suasana (CIAYO Comics)

Dhana dan Fahmi, komikus CIAYO Comics menikmati suasana (CIAYO Comics)

Suasana rooftop (CIAYO Pictures)

Suasana rooftop (CIAYO Pictures)

Bertempat di rooftop The Dragon Building, suasana kekeluargaan begitu mendominasi acara. Dibuka oleh sambutan dari Borton Liew selaku CEO CIAYO Corp, rangkaian acara menarik pun digelar dari sore hingga malam hari, “Kita mau, ya paling ga setahun sekali mereka ketemu lah, gathering each other, ada discuss, bisa kolaborasi komik apa lagi yang selanjutnya.”

Borton Liew, CEO CIAYO Corp (CIAYO Pictures)

Borton Liew, CEO CIAYO Corp (CIAYO Pictures)

Ada puluhan author hadir di CIAYO Comics Club #1. Seperti Agung Gunawan, kreator dari Komik Super O. Datang jauh-jauh dari kota Bandung, tidak menyurutkan semangat Agung untuk gathering bareng author lainnya di Jakarta. Suasana seru sukses membuat Agung ketagihan berlama-lama di Rooftop The Dragon Building ini “Acaranya Seru banget, pada kumpul semua. Intinya silaturahminya jalan.”

Pernyataan senada juga terlontar dari author lainnya, Naufal Faridurrazak. Author muda ini ga lain adalah kreator dari komik Si Nopal. Komik bergenre komedi ini juga ikut meramaikan dunia komik digitalnya Indonesia loh. “Keren. Banyak author yang berkumpul, banyak kenalan juga, suasana lebih keren dari yang sebelumnya”, kata Naufal.

Tak hanya karyawan dan juga para author. Pembaca setia CIAYO Comics pun ikut diundang ke CIAYO Comics Club #1. Semua yang hadir dalam acara pun nge-blend satu sama lain.

Ada yang main PS, nyobain Wacom, dan ngobrol-ngobrol (CIAYO Pictures)

Ada yang main PS, nyobain Wacom, dan ngobrol-ngobrol (CIAYO Pictures)

Kemeriahan acara pun berlanjut ke sesi CIAYO Comics Award. Awarding ini tak lain adalah sebagai ajang pemantik kreatifitas bagi para author lokal Indonesia. Yang  ga kalah hebatnya lagi, para finalis CIAYO Comics Award ini adalah para author muda. Ada 5 nominasi yang diumumkan. Mulai dari genre action, slice of life, comedy, horror, hingga romance.

Nominasi CIAYO Comics Awards Action of The Year: Sampana, Red Deimos, Consilium, Darwin, Fourger Inc. Nominasi CIAYO Comics Awards Slice of Life of The Year: Aso, Anak Kemaren Sore, Wonder Boven Wonder, Micin. Nominasi CIAYO Comics Awards Comedy of The Year: Komplek Tanpa Faedah, Si Juki & Mang Awung, Soul of Neko, Si Nopal, Edwin & Jhody. Nominasi CIAYO Comics Awards Horror of The Year: The Other Side, Sinawang, Cantika, Bhurloka, The High. Nominasi CIAYO Comics Awards Romance of The Year: Love Has Fangs, James & Martha, Hana & Mr. Arrogant, Galaxin, Heartbeat.

Setiap genre komik memiliki jagoan author masing-masing.

Ini dia daftar kelima pemenang CIAYO Comics Awards 2017 :

CIAYO Comics Awards Action of The Year : Sampana karya Ahmad Fadly

CIAYO Comics Awards Slice of Life of The Year  :  Aso karya Dhiqi Hasbi

CIAYO Comics Awards Comedy of The Year :  Komplek Tanpa Faedah karya Jonbray Komik

CIAYO Comics Awards Horror of The Year  : The Other Side karya The Rads, Nyoenyo dan Marquee Adam

CIAYO Comics Awards Romance of The Year : Love Has Fangs karya Melisa, Riandita dan Dike

Bagaimana dengan kesan-kesan dari para pemenang? Tim CIAYO Blog pun berhasil mewawancarai pemenang dari kategori action, Akhmad Fadly. Author muda ini sempat tidak percaya dirinya menang dalam CIAYO Comics Awards. “Ya ga nyangka sih soalnya kan viewersnya masih sedikit, jadi kita masih mencoba utk disenangi pembaca. Tapi ternyata waktu  saya tanya ke editor saya “mas kok bisa? kaget juga”

Para pemenang CIAYO Comics Awards (CIAYO Pictures)

Para pemenang CIAYO Comics Awards (CIAYO Pictures)

Komik Sampana sukses menyuguhkan komik action yang mampu menggugah adrenalin para pembacanya. Sepak terjang inilah yang menjadi keunggulan dari komik Sampana karya Akhmad Fadly.

Lantas, seberapa besar ya perjuangan Fadly dalam membuat komik Sampana ini?

“Benar-benar matang saya buat komik Sampana ini. Ini komik saya yang saya garap dengan matang. Benar-benar effort saya di situ semua”.

Danar, Akhmad Fadly, dan Ootoy (CIAYO Pictures)

Danar, Akhmad Fadly, dan Ootoy (CIAYO Pictures)

Eits, ga cuma Fadly ya. Ada juga Dhiqi Hasbi yang juga sukses menjadi jawara di kategori Slice Of Life. Komik Dhiqi dinilai begitu realistis dengan kehidupan sehari-hari. “Senang ga nyangka. Soalnya komik yang lain lebih bagus banyak”, Kata Dhiqi. Author muda ini pun begitu mencurahkan segala perjuangan dan usahanya untuk membuat komik Aso. “Gede effortnya. Soalnya saya sambil kuliah jadi sambil bergadang sampai jam 2”.

Dhiqi Hasbi, author komik Aso (CIAYO Pictures)

Dhiqi Hasbi, author komik Aso (CIAYO Pictures)

Tak hanya, CIAYO Comics Awards, ada pula sesi penyerahan hadiah untuk para pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Volume 2.

Semoga di usia yang masih seumur jagung, CIAYO Comics yang sama seperti arti katanya yaitu bermakna semangat, bisa kian semangat merajai dunia komik digital di Indonesia dan merangkul komikus lokal yang lebih banyak lagi.

About Author

Andara Sahara

Andara Sahara

"No one has the power to shatter your dreams unless you give it to them" -Maeve Greyson-

Comments

Most
Popular

(Sumber : Koleksi foto Forum Komik Jogya)

Bincang-Bincang Santai Dengan Anggota Forum Komik Jogya

Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota tempat lahirnya para seniman. Seperti salah satu forum ini, yang dijadik.. more

(from : anitrendz.net)

9 Judul Anime Terpopuler di Anime Fall 2017

Berbagai anime keren musim panas yang dimulai beberapa bulan lalu sudah berakhir. Kini saatnya kita memasuki seri anime .. more

Deretan produk di event Google San Francisco 2017. Sumber gambar: bgr.com

“Made By Google, Google Pixel Event”: Event Tandingan Dari Google Untuk Apple

Apple mengadakan event peluncuran smartphone terkini mereka, iPhone X beserta iPhone 8 dan 8 Plus, yang dikritik fans A.. more

E3 2018, Apakah Akan Sesuai dengan Prediksi-Prediksi yang Ada?

“E3: Electronic Entertainment Expo” digelar setiap tahun dan menyajikan berbagai jenis benda elektronik untuk segala.. more

(from : theverge.com)

Asyiknya Chatting dengan Pikachu Lewat Google Home

Pada tanggal 1 November, The Pokémon Company mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan aplikasi speaker cerdas yang.. more