Anthony Bourdain: “Comics Are My First Love”

8 months ago
!! 800 x 400 tau ga sih anthony bourdain blog MAIN BANNER-01

Dunia tengah berduka atas kematian Anthony Bourdain, seorang pembawa acara TV dan juga koki kenamaan yang populer lewat acaranya di CNN, Parts Unknown. Tak ada yang menyangka, sosok koki inspiratif ini meninggal dengan mengakhiri nyawanya sendiri. Kematian Bourdain semakin menyadarkan masyarakat bahwa orang sebaik dan sehangat Bourdain juga memiliki masalah mentalnya sendiri yang selama ini diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya.

anthony bourdain

Sumber: Tafer Resorts

Tapi tahukah kamu? Selain menyebarkan pesan-pesan positif lewat masakannya, Anthony Bourdain juga sangat menggemari dunia seni? Di waktu senggangnya, Bourdain mendalami berbagai jenis kesenian seperti film dan literatur. Ia suka membuat film, esai, novel, dan bahkan komik!

Bourdain sudah menggemari komik sejak usia yang masih muda. “Pada akhirnya saya adalah seorang fanboy yang nerd banget,” tutur Bourdain kepada CNN. Beberapa komik favoritnya seperti karya-karya Robert Crumb juga komik terbitan EC Comics.

Dua komik dengan pengaruh besar itu membuat Bourdain bermimpi menjadi seorang author komik. Ia bahkan mengaku kepada Jimmy Fallon, bahwa ia menyesal sempat menjual koleksi komiknya di tahun 1980-an hanya untuk membeli narkoba.

Sumber: CNN

Sumber: CNN

Bourdain memang memiliki minat pada dunia komik. Namun, ia sendiri tak punya kemampuan menggambar yang bagus. Pada akhirnya, Bourdain memilih fokus ke aspek penulisan komik. Kemampuannya sebagai penulis memang sudah terpupuk matang sehingga tak banyak yang harus ia pelajari saat menerapkan kemampuan menulisnya ke dalam media komik.

Di tahun 2012, Bourdain siap untuk terjun ke dalam dunia komik. Menggandeng co-writer Joel Rose, ilustrator Langdon Foss dan José Villarubia, Bourdain merilis komik Get Jiro lewat label Vertigo milik DC Comics. “Bisa membuat komik di usia setua ini, rasanya sangat menyenangkan namun sedikit menakutkan,” aku Bourdain saat memperkenalkan Get Jiro di San Diego Comic Con 2012.

Sumber: Eater

Sumber: Eater

Komik ini menceritakan tentang sosok koki sushi bernama Jiro-san yang memukau masyarakat lewat masakannya. Dalam dunia Get Jiro, makanan adalah serious business dan para koki membentuk kubu layaknya organisasi mafia. Jiro menemukan dirinya terjebak dalam konflik kelompok-kelompok ini. Ia dipaksa bergabung ke dalam organisasi tersebut, dan jika menolak ia akan mati.

Dalam Get Jiro, kamu bisa menemukan obsesi dan passion dari Bourdain menyatu dengan kemampuan penulisannya yang witty dan punya humor unik. Dalam satu adegan diceritakan ada dua geng masak yang sedang bertarung. Jiro-san yang merasa kesal, dengan santainya memotong lengan seorang anggota geng menggunakan pisau. Alih-alih marah, para anggota geng justru terkesima dengan kemampuan Jiro-san memainkan pisaunya.

Sumber: Comic Books World

Sumber: Comic Books World

Karir Bourdain dalam dunia komik berlanjut lewat sekuel berjudul Get Jiro: Blood and Sushi di tahun 2015. Bahkan di tahun 2018 ini ia baru saja memulai mini-series sepanjang empat episode dengan judul Hungry Ghosts. Kali ini menggandeng ilustrator Alberto Ponticelli dan Vanesa Del Rey, komik terbitan Dark Horse ini juga masih mengusung gaya penceritaan Bourdain yang witty, namun juga menggugah selera berkat obsesi kulinernya.

Dengan meninggalnya Bourdain, mungkin kita tak bisa melihat lagi kejeniusan dari kisah Get Jiro maupun Hungry Ghosts. Bahkan jika sang co-writer Joel Rose mencoba membuat komik bertema kuliner baru, tanpa Bourdain semuanya tak akan pernah lagi sama. Selamat jalan, Anthony Bourdain. Write in peace.

Sumber: The Daily Beast

Sumber: The Daily Beast

Apakah kamu juga sama-sama menyukai dunia komik dan penulisan seperti Anthony Bourdain? Bagaimana awal cerita kamu mengenal dan mencintai komik dan penulisan? Apakah mereka menjadi first love kamu, sebagaimana Bourdain menjadikan komik first love-nya? Jangan malu untuk berbagi cerita kamu di kolom komentar.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-vandaria-mini-series-challenge

Vandaria Mini Series Challenge: Kompetisi Komik Vandaria Saga X CIAYO Comics!

Vandaria dan CIAYO Comics mengadakan Vandaria Mini Series Challenge. Bentuk tim komikmu dan ciptakan komik dari dunia Va.. more

00-d-black-panther

Black Panther: Kemegahan Superhero Modern Afrika

Setelah debut di Civil War, Black Panther pulang kembali ke kampung halamannya, Wakanda. Kini menjadi raja, T'Challa har.. more

Sabrina – Chapter 11: Jatuh Cinta Seperti Minum Soda

Setelah hampir seminggu tinggal di Bali, ia menyadari banyak hal. Ada kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa ia bandingka.. more

00-d-shadowverse-indonesia-circuit

Shadowverse Indonesia Circuit Diadakan di Comic Frontier 11

Ayo siapkan deck terbaikmu untuk menjadi juara dalam turnamen Shadowverse Indonesia Circuit di Comic Frontier 11... more

00-d-dragon-ball-super

Dragon Ball Super Menggemparkan Amerika Latin, Pemerintah Turun Tangan!

Fans Dragon Ball mempersiapkan diri mereka untuk menyaksikan ending dari anime Dragon Ball Super. Diantaranya, fans Amer.. more