Apa Itu Wota?

1 year ago
(from : jvlcaper.blogspot.co.id)

Pernah denger wota gak? Bro sis, kalau kita berbicara tentang kebudayaan Jepang, tentunya gak akan jauh-jauh dari kata anime, manga, video game, musik, komik, drama dan sebagainya. Bagi kalian para penggemar anime dan manga, biasanya bakal disebut sebagai anime lovers atau manga lovers. Tapi kalian tahu nggak kalau ada satu lagi sebutan khusus bagi penggemar idol-idol Jepang yang dikenal dengan sebutan wota.

(from : nulis.co.id)

(from : nulis.co.id)

Wota itu sebenernya asal katanya dari kata otaku. Seperti yang kalian tahu, otaku sendiri sering digambarkan sebagai orang yang gak mau bersosialisasi alias demen hidup di dunianya sendiri. Tetapi seiring berjalannya waktu, konotasi otaku pun berubah dan ditulis sebagai wotaku untuk membedakan arti otaku yang dulu dengan yang sekarang. Kata wotaku kemudian disingkat dan lebih dikenal dengan sebutan wota.

(from : ridhofumi.blogspot.id)

(from : ridhofumi.blogspot.id)

(from : motretjkt48.com)

(from : motretjkt48.com)

Wota adalah sebuah istilah yang merujuk kepada fans dari J-pop idol, yang terkadang melakukan semacam tarian khusus pemberi semangat, yang dikenal sebagai wotagei.

Arti lainnya yaitu orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari seorang fans. Bahkan seorang wota tidak akan pernah ragu untuk mengorbankan dirinya mulai dari mengesampingkan harga dirinya, menghamburkan uangnya, dan membuang waktunya demi untuk mendukung idolnya tersebut.

(from : akb48.co.jp)

(from : akb48.co.jp)

(from : nogizaka46.com)

(from : nogizaka46.com)

Tingkahnya cukup ekstrim hingga membuat mereka begitu peduli pada sang idola. Bahkan saking cintanya pada sang idola, di Jepang ada yang sampai bunuh diri saat mengetahui sang idolanya berpacaran atau menikah. Tindakan ekstrim semacam itulah yang membuat banyak orang menganggap wota adalah sesuatu yang negatif karena terlalu obsesif.

(from : beastthedoom.blogspot.id)

(from : beastthedoom.blogspot.id)

(from : beastthedoom.blogspot.id)

(from : beastthedoom.blogspot.id)

Ciri-ciri lain, ia pasti punya semua album lagu-lagu idolnya, banyak banget tempelan poster idolnya yang memenuhi seluruh kamarnya, sering melakukan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan khusus seperti menari ketika menonton performance idol kecintaannya, selalu memakai kaos bergambar idolnya, suka pergi ke event-event tertentu untuk mendukung idol-nya dan banyak lagi. Bahkan ada juga yang membuat sendiri kue ulang tahun untuk merayakan hari ulang tahun idolnya dan merayakannya sendirian.

(from : celebrity.okezone.com)

(from : celebrity.okezone.com)

Sementara itu di Indonesia, banyak orang yang gak tahu dan menganggap wota itu adalah sebutan nama Fans JKT48. Padahal sama sekali bukan. Wota itu hanya sebutan untuk fans-fans yang memiliki dedikasi tinggi untuk para idola mereka. Berarti selama ini banyak dari kita yang salah sebut dong yah.

(from : fansjkt48project.blogspot.id)

(from : fansjkt48project.blogspot.id)

Untuk grup idol ini, pada umumnya gak ada nama khusus untuk fans mereka. Bagi JKT48 sebutan fans ya cuma ‘fans’, bukan wota. Buktinya salah satu majalah remaja terkenal “Hai” pernah menggelar polling untuk mencirikan jenis-jenis dan tingkatan fans JKT48. Ternyata didapatkan bahwa para fans berat mereka menyebut diri mereka sebagai Pendengar Setia JKT48, Fans Beratnya, Die Hard Fans!, Fans Kelas Menengah, dan terakhir Fans Biasa Saja. Banyak juga ya. Hehe

(from : kapanlagi.com)

(from : kapanlagi.com)

Pada dasarnya mau itu fans ataupun wota tujuannya sama, yakni mensupport idolanya. Jadi jangan berhenti dukung grup idol yang kalian suka ya guys. Meskipun ada istilah ini, bukan berarti pendukung suatu grup idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar, kita harus saling menghargai dan saling menghormati.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: youtube.com

Film-Film Alien Science Fiction Menegangkan yang Harus Kamu Tonton!

Tapi hey! Tak melulu teknologi. Manusia punya fantasi. Daya imajinasi. Dan rasa penasaran akan adanya makhluk di luar pl.. more

EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya

Bagi para penikmat anime yang menyukai cerita tentang Imouto, sudah pasti menonton anime yang satu ini; EroManga-Sensei!.. more

Sumber gambar: playground.ru

Game Tembak Klasik The House of the Dead Kembali dengan ‘Scarlet Dawn’

Bro sis penggemar video game yang sempat merasakan kejayaan era arcade/dingdong tahun 90an hampir pasti pernah melihat d.. more

Sumber: www.toriru-web.com

Notebook Unik Jepang Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Semangat Belajar Loh!

Hal ini lah yang membuat notebook Ikemen ini jadi popular banget di Jepang!.. more

Fourger Inc (ciayo.com)

Fourger Inc: Kisah Empat Agen Rahasia Swasta Di Belakang Layar Peristiwa Trending

Komik Fourger Inc adalah salah satu komik action fiksi yang dirilis di CIAYO Comics yang mengisahkan empat orang agen ra.. more