Mengintip Perayaan Halloween di Negara Asia

4 months ago
Sumber: urbanmatter

Bulan Oktober identik banget dengan perayaan hari Halloween, terutama di negara barat. Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai Halloween, yuk kita pelajari dulu sejarah singkat mengenai Halloween ini!

Asal muasal festival Halloween rupanya berasal dari suku Celtic. Nah, suku  Celtic merupakan suku yang terdapat di bagian selatan wilayah Jerman. Awalnya, tujuan dari festival ini adalah sebagai perayaan berakhirnya musim panen. Disaat yang bersamaan, suku tersebut percaya kalau dalam selang waktu menjelang musim gugur adalah waktu ketika dinding dunia manusia dengan dunia arwah menjadi menipis.

Oleh karena itu arwah orang yang sudah meninggal bisa kembali ke dunia dan orang-orang akan menyajikan makanan sebagai sesajian bagi mereka. Kalau tradisi untuk datang ke rumah tetangga dan memakai kostum ini sih, dimulai pada abad ke-16 di daerah Irlandia dan Scotlandia.

sumber: risefeed.com

sumber: risefeed.com

Di hari Halloween orang akan berpakaian seperti hantu sebagai cara agar mereka gak dijahati oleh hantu yang datang ke dunia karena berpakaian yang sama dengan mereka. Sebagai pengganti dari tradisi lama, anak-anak kecil akan datang ke rumah tetangga mereka sambil meminta kue atau permen sambil memakai kostum hantu. Makanan manis yang anak-anak makan adalah sebagai simbol kalau di hari itu arwah akan dibebaskan selama satu hari penuh.

Sebenarnya tradisi ini dibawa oleh para imigran yang datang ke Amerika di sekitar tahun 1920an. Mengikuti jaman, kostum yang dipakai orang-orang gak hanya hantu saja. Tapi juga karakter populer seperti karakter kartun atau sekedar memakai kostum binatang seperti kucing, kelinci, bahkan kostum yang menyerupai selebriti.

sumber: tokyofashion.com

sumber: tokyofashion.com

Lalu apakah Asia juga merayakan festival Halloween? Walaupun gak benar-benar mengikuti tradisi Halloween dan mengikuti kepercayaan aslinya, negara di bagian Asia juga ikut merayakan loh. Negara Jepang sangat tertarik dengan kostum-kostum lucu untuk dipakai di hari Halloween. Terutama bagi orang yang memang penggemar cosplay.

Anak muda biasanya menghabiskan malam Halloween di pesta khusus Halloween. Masyarakat Jepang gak mengikuti tradisi pergi ke rumah-rumah untuk meminta treats karena gak sesuai dengan budaya dan takut mengganggu orang lain yang gak merayakan. Tapi mereka ikut menghormati para arwah yang mungkin datang ke dunia dengan memasang lentera di depan rumah atau menaruh beberapa makanan untuk sesajian mereka.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Di Tiongkok beda lagi. Mereka hampir sama sekali gak merayakan Halloween, kecuali di kota besar seperti Beijing yang notabene banyak didatangi oleh orang asing. Negeri Tiongkok punya festival khusus untuk para arwah yang dinamakan Zhong Yuan Jie. Dirayakan pada pertengahan Agustus untuk mendoakan arwah keluarga atau leluhur keluarga.

sumber: telegraph.co.uk

sumber: telegraph.co.uk

Di Filipina, pada tanggal 31 Oktober banyak orang akan datang ke pemakaman dan membersihkan makam keluarga mereka. Karena masyarakat Filipina memiliki mayoritas orang beragama Katolik, mereka juga merayakan hari setelah Halloween yaitu All Saints Day dan All Souls Day yang dipakai sebagai hari untuk mendoakan para arwah agar dapat diterima di surga. Apa kamu sudah menyiapkan kostum untuk hari Halloween nanti?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: Google Images

Milenial Bersiaplah, Hey Arnold The Movie Akan Tayang 24 November 2017!

Ada kabar gembira bagi kalian yang merindukan kepala football Arnold dan topi kecilnya! Beberapa hari lalu, Nickelodeon .. more

Ngomik Berbagi Kebaikan untuk #PejuangExtraordinary

Ngomik Untuk Berbagi Kebaikan Dengan #PejuangExtraordinary

Kebaikan dapat disalurkan melalui media apa saja. Asalkan ada niat baik yang ikhlas, pasti ada jalannya. Misalnya nih, a.. more

Tim YOLO

Overtale: Kisah Tim YOLO di dunia Fantasi dan Sihir

Overtale bercerita tentang 4 orang Fighter muda bernama Young, Olgan, Lanfroy, dan Oat. Mereka bertarung bersama mengala.. more

Sumber: thesun.co.uk

Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

Baru-baru ini diperilisan film IT, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di Kanada, mereka menganggap bahwa berkaitan d.. more