Artis Ini Gak Malu Ngaku Sebagai Otaku!

4 months ago

Belakangan ini nama aktor Michael B. Jordan sepertinya semakin naik daun saja pasca kemunculan yang spektakuler di film Marvel Cinematic Universe “Black Panther”. Aktingnya sebagai supervillain rival dari T’Challa, Erik Killmonger alias N’Jadaka, menuai pujian fans.

Erik Killmonger berhasil dihidupkan oleh Michael B. Jordan dengan karakteristik dingin, kejam, kalkulatif serta visioner walau dalam konteksi negatif. Cuma sedikit karakter supervillain yang mampu membangun emosi penonton seperti itu. Dan Michael berhasil melakukannya di film Black Panther.

N’Jadaka alias Erik Killmonger. (Sumber: Wikia)

Aktor kebangsaan Amerika Serikat bernama lengkap Michael Bakari Jordan yang lahir 9 Februari 1987 ini memiliki karir akting dimulai dari televisi seperti serial “The Wire” (2002), “All My Children” (2003-2006) serta “Friday Night Lights” (2009-2011). Tapi saya sendiri baru mengenal kiprah akting Michael B. Jordan di film Marvel Comics keluaran 20th Century Fox yang gagal total: “Fantastic Four” (2015).

Akting Michael B. Jordan di film Fantastic Four sebagai Johnny “The Human Torch” Storm itu sebenarnya nggak buruk-buruk amat. Tapi film ini sama sekali nggak bisa dibilang bagus. Film ini sangat buruk. Bahkan Stan Lee dikabarkan menolak (atau tidak diminta oleh produser?) untuk jadi cameo di film Fantastic Four. Suatu hal yang tidak biasa dilakukan oleh Stan Lee di film Marvel Comics. Tapi itu terjadi. Kalau nggak percaya silakan saja cari dan tonton film Fantastic Four itu. Tidak ada cameo Stan Lee disitu.

Film gagal. (Sumber: Collider)

Selain di Fantastic Four, Michael B. Jordan di tahun yang sama juga berperan di film “Creed”. Film tentang petinju ini merupakan sekuel langsung dari film-film “Rocky” Sylvester Stallone. Di film itu situasinya terbalik.

Di film Creed, Michael berperan sebagai Adonis Creed, putra teman atau rival Rocky Balboa yang memilih jalan sebagai petinju seperti ayahnya. Film ini sukses dan meraih kritik bagus; Stallone bahkan dinominasikan Piala Oscar di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Film ini disutradarai Ryan Coogler; yang nantinya juga menyutradarai Michael kembali di film Black Panther.

Akting keren Michael B. Jordan di “Creed”. (Sumber: Variety)

Di Black Panther, akting Michael menuai pujian dari banyak pihak. Salah satunya berasal dari majalah Forbes yang menuliskan “Jordan mencuri perhatian di film ini dengan sempurna”. Sementara pujian lain datang dari portal berita Business Insider yang menyebutkan kalau Michael B. Jordan “memainkan peran Killmonger yang penuh kebencian dan kekosongan jiwa namun menyampaikannya dengan penuh gaya yang sangat enak untuk dinikmati”.

Film Black Panther memang sukses besar dan melambungkan citra para pemain di dalamnya termasuk Michael B. Jordan. Kalau kamu belum sempat menonton Black Panther atau Creed, kamu harus menyempatkan diri melihat keduanya. Mungkin sambil bersantai di akhir pekan?

Erik Killmonger versi komik & versi film. (Sumber: ComicIcons)

Sebagai aktor muda, Michael semakin menarik minat penggemar film. Tidak hanya penggemar film Marvel. Segala hal serta pernak pernik soal Michael B. Jordan mulai jadi buruan fans dan pencari berita. Salah satunya soal hobby yang disenangi oleh Michael. Dan hal yang mengejutkan terjadi dari situ; terutama buat fans anime.

Karena ternyata seorang Michael B. Jordan, si Erik Killmonger itu, adalah seorang otaku penggemar berat anime!

Ini bukan gosip! Michael sendiri mengakui hal tersebut tanpa malu-malu. Mulai dari desain kostum Erik Killmonger di film Black Panther; yang arguably memiliki aura dari armor Saiyan yang sering dipakai oleh Vegeta-sama dari manga atau anime legenda hidup “Dragon Ball”.

Armor Killmonger mirip armor Saiyan Vegeta-sama. (Sumber: Noticias24)

Ada pula wawancara Michael dimana dia menyatakan terobsesi untuk mengunjungi negara Jepang ‘karena anime’.

Sama, bro… Kita juga terobsesi dengan Jepang. (Sumber: Dorkly)

Dan di sebuah wawancara lain, Michael kembali menunjukkan passion diri akan anime yang semakin menguatkan kesan kalau Michael B. Jordan “adalah salah satu dari kita” di antara para penggemar anime Jepang.

Video wawancara Michael B. Jordan

Kalau itu juga belum cukup menunjukkan kalau Michael B. Jordan memang seorang ‘wibu otaku’, lihat saja timeline Twitter resmi dia. Di mana dia sering nge-tweet soal manga dan anime.

Bukti kuat kalau Michael B. Jordan itu otaku. (Sumber: Twitter)

Terkini, Michael dikabarkan akan terlibat di pembuatan web animated series dari Rooster Teeth berjudul “gen:LOCK” yang bercerita tentang Julian Chase, seorang pilot pesawat tempur, yang melindungi bumi dari robot-robot jahat. Michael akan menjadi dubber Julian Chase dan sebagai salah satu produser serial web animated ini.

Julian Chase. (Sumber: Rooster Teeth)

Sumber: Rooster Teeth

Dengan kemampuan akting yang semakin keren serta personality yang mampu meraih berbagai kelompok fans (termasuk golongan otaku), bisa dikatakan kalau karir akting seorang Michael B. Jordan seharusnya akan semakin cemerlang walau punya setback seperti film Fantastic Four yang gatot itu. Kita harapkan saja kalau film-film berikutnya dari Michael akan semakin bagus dan keren.

Atau siapa tahu kalau Michael B. Jordan berperan sebagai dubber di sebuah anime Jepang di masa mendatang?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Teriakan Berdarah – File 002 Flashback

Aku adalah wanita bernama Nadine yang hidup kesepian. Kesekian kalinya aku bermimpi tentang masa laluku... more

00-d-intellectual-property

Tips dan Trik Merancang Intellectual Property (IP) Yang Bagus

Bikin komik nggak sekedar bikin komik saja, tapi harus mengembangkan intellectual property. Inilah tips untuk mengembang.. more

Final Fantasy paling fenomenal dalam sejarah Final Fantasy. Sumber gambar: thenerdstash.com

Final Fantasy VII, Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Paling Fenomenal

Baru tiga hari di rilis di Jepang, FF VII sudah terjual melebihi 2,3 juta unit. .. more

CIAYO Comics

Mencuri di Komplek Ini Justru Dibantuin, Loh!

Kalau biasanya tindak kriminal sangat meresahkan warga, itu gak berlaku di komplek yang satu ini. Mencuri justru dibantu.. more

00-d-yo-kai-watch-world

Yo-Kai Watch World Menjiplak Game Pokemon GO?

Meniru atau terinspirasi? Game Yo-Kai Watch World rilis untuk mobile, dan pemain menyadari kemiripan fitur gamenya denga.. more