Asal Usul Seragam Sekolah Sailor Khas Jepang, Seifuku

2 months ago

Seifuku itu apa sih?

Ingatkah kalian dengan seragam siswi sekolah Jepang yang dikenakan pada film animasi Sailormoon dulu? Film ini banyak diidolakan anak-anak di zaman penayangannya, lho. Seragam sekolah khas Jepang itulah yang disebut dengan serafuku atau seifuku.

Gambar seifuku 2 (from : gaijinrider.altervista.org)Sumber: gaijinrider.altervista.org)

Sumber: gaijinrider.altervista.org

Seragam ini sudah menjadi daya tarik tersendiri dan telah menjadi ikon pop culture negara Jepang. Setelan kemeja putih dengan dasi khas pelaut dan rok lipit membuat tampilan seifuku begitu menarik, cute, dan menggoda. Seragam ini bahkan cukup banyak menginspirasi para designer di seluruh dunia.

Sumber: gaijinrider.altervista.org

Sumber: gaijinrider.altervista.org

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Di setiap sudut kota Jepang bakalan kalian temui siswi pelajar yang wara-wiri berjalan dengan memakai seragam bertema sailor tersebut. Apalagi seragam Sailor Seifuku ini semakin booming karena banyaknya karakter anime, manga dan game yang selalu menggunakan seragam ini.

Sumber: allinjapan.org

Sumber: allinjapan.org

Pencetus pertama ide penggunaan seragam Sailor Seifuku ini adalah seorang Kepala Sekolah Fukuoka Jo Gakuin bernama Elizabeth Lee. Pada zaman dulu, anak-anak perempuan Jepang menggunakan kimono saat bersekolah. Hal ini tentu saja menyulitkan gerak mereka ketika beraktifitas terutama waktu berolahraga. Kemudian Elizabeth Lee teringat dengan model seragam yang dipakainya dulu ketika belajar di Inggris, yaitu baju model sailor/pelaut.

Sumber: gaijinrider.altervista.org

Sumber: gaijinrider.altervista.org

Pada tahun 1918, Elizabeth mencari dan meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak perempuan sekolahnya. Tetapi baju sailor itu ternyata robek ketika dipakai berolah raga, maka Elizabeth menyarankan agar dipasang resleting di bagian kiri/kanan baju dari arah ketiak. Namun ternyata model resleting tersebut tidak lazim dikenakan.

Belum kelar urusan ide pembuatan baju atasan sekolah model sailor, muncul lagi nih kendala selanjutnya. Gerakan anak-anak perempuan ternyata masih terhambat karena rok yang mereka pakai masih berbentuk lurus panjang. Elizabeth pun kemudian datang kembali ke penjahit dan menjelaskan agar dibuat rok yang memudahkan anak-anak untuk leluasa bergerak. Mencari ide kesana kemari, akhirnya si penjahit mendapatkan ide membuat rok berlipit-lipit. Ia mendapat ide setelah melihat gorden jendela rumah yang tertiup angin, dan dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya dibuatlah model rok lipit-lipit seperti korden.

Pada tahun 1921, seragam model sailor seifuku resmi digunakan pertama kali di sekolah Elizabeth. Di tahun yang sama pula, sekolah Kinjou Gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor ini untuk murid-murid perempuannya. Adapun anak laki-laki diputuskan untuk menggunakan seragam seperti tentara Jepang dulu, yang lengkap dengan topi yang disebut dengan `gakuran`.

Seragam Sailor Seifuku terdiri dari baju kemeja putih dengan model kerah sailor, dasi, serta rok tartan yang berlipat. Untuk sepatunya, biasanya para murid perempuan menggunakan model penny loafer atau mery jane yakni sepatu tanpa hak yang ditambah dengan kaos kaki selutut. Pada musim dingin, mereka akan memakai kaos kaki model longgar (loose socks).

Sumber: aminoapps.com

Sumber: aminoapps.com

Di beberapa sekolah, seragam sailor sudah tidak dipakai lagi. Namun diganti dengan model blazer dan kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tetapi rok yang digunakan tetap pendek. Anak-anak SMA di Jepang memang modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Modelnya dibuat berbeda saat musim panas dan musim dingin. Perbedaanya cuma sedikit sih. Kalau musim panas, seragam yang dipakai berupa rok lipit, kemeja putih, serta rompi. Selain itu padu padan seragam musim panas yang lain berupa setelan kemeja putih dan rok pendek, ditambah dengan dasi yang cute. Sedangkan pada musim dingin, model seragam yang paling populer adalah setelan eton, yaitu blazer tangan panjang, kemeja putih dengan rok lipit/rok biasa. Selain itu, bolero juga banyak dipakai sebagai pengganti blazer.

Sumber: aminoapps.com

Sumber: aminoapps.com

For your information nih guys, setiap sekolah di Jepang memiliki design seragam seifuku yang berbeda-beda, lho. Gak ada yang sama persis kayak seragam sekolah anak Indonesia. Hahaha. Dan design seragam sekolah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswi. Bahkan, tidak sedikit calon siswi yang mendaftar di sekolah pilihannya karena tertarik dengan seragam seifukunya yang keren. Yang jelas sih, seragam sekolah siswi Jepang ini semakin membuat mereka terlihat cantik dan sexy.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Google Play Indonesia Games Contest 2017

Final Google Play Indonesia Games Contest berlangsung pada Rabu, 26 April 2017 yang bertempat di The Warehouse, Plaza In.. more

Komik Patah Hati, CIAYO Comics

Patah Hati Ternyata Bisa Dinikmati Loh!

Sesuai dengan judulnya, Komik Patah Hati aka KPH, merupakan komik dengan kumpulan cerita seputar patah hati. Meski banya.. more

Sumber: img.cinemablend.com

Saya Tidak Akan Disukai Oleh Emma Watson Karena Menulis Ini. I’m Sorry Emma.

Film Beauty & The Beast tahun 1991 meninggalkan memori tersendiri pada masa kecil saya. Tapi saya tidak akan disukai Emm.. more

Sumber: Twitter

Mungkin ini Bisa Menjadi Pilihan Profesi yang Menjanjikan

Nah, inilah yang membuat fansite bisa sampai keluar negeri untuk mengikuti idol, yaitu karena penghasilan mereka yang ti.. more

The Kasuaris – Episode 5: Kejutan Klub Malam

Surprise, surprise! Jujur gw belum tahu si Valen ini mau ke mana, kita masih di jalan bebas hambatan menuju daerah Jakar.. more