Asobi Asobase: Sisi Lain Siswi SMA di Ekskul Ga Jelas

4 months ago
00-asobi-asobase

Dari puluhan anime musim panas 2018 yang sudah kalian tonton, adakah yang kalian anggap sebagai anime nggak jelas? Jika belum, kalian bisa mencoba untuk menonton Asobi Asobase. Anime besutan studio Lerche ini tidak jelas arah dan tujuannya.

Diceritakan, seorang siswi SMA bernama Hanako—yang hiperaktif tetapi keras kepala dan memiliki selera fashion yang aneh—bermain dengan siswi SMA yang baru saja pindah dari Amerika, bernama Olivia. Namun, tingkah polah mereka membuat kesal teman sekelasnya yang bernama Kasumi, lantaran siswi itu tidak menyukai permainan sejak dia selalu dibully oleh kakak perempuannya yang mengejeknya kalau dia tidak bagus dalam memainkan suatu permainan.

Poster Asobi Asobase, sudah cukup menipu, belum? (Sumber: Reddit)

Poster Asobi Asobase, sudah cukup menipu, belum? (Sumber: Reddit)

Diketahui kemudian, Kasumi tidak menguasai pelajaran Bahasa Inggris. Solusinya, dia meminta Olivia yang berasal dari Amerika untuk mengajarkan Bahasa Inggris, karena menyangka Olivia menggunakannya sehari-hari dan pasti sudah menguasai. Olivia—yang ternyata lahir dan besar di Jepang bersama dengan orangtuanya yang berasal dari Amerika—sebenarnya tidak menguasai Bahasa Inggris sedikitpun, tetapi masih merahasiakan kepada seluruh teman sekelasnya, termasuk Kasumi.

Entah siapa yang memulai, mereka kemudian mengajukan pendirian klub, bernama Asobi Asobase. Keseharian mereka pun berlanjut sebagai aktivitas klub yang tidak jelas tujuannya itu. Masing-masing memiliki tujuannya sendiri. Hanako ingin bermain sepulang sekolah, Olivia dipaksa bergabung supaya rahasianya mengenai tidak bisa Bahasa Inggris tidak bocor kepada siswa lain, sementara Kasumi ingin belajar Bahasa Inggris dengan Olivia.

Sumber: Horriblesubs

Sumber: Horriblesubs

Anime bergenre slice of life yang mengisahkan komedi siswi di sekolah ini tidak memiliki tujuan besar, hanya berupa keseharian para siswi di klub yang didirikan tanpa tujuan yang jelas. Namun, unsur komedi sangat kental, banyak pula adegan yang diambil dari anime ataupun film Jepang terkenal, seperti Detective Conan, Death Note, dan sebagainya. Ada pula adegan surealis seperti membengkokkan tubuh hingga bagian punggung nyaris menyentuh kaki.

Sumber: Horriblesubs

Sumber: Horriblesubs

Kekuatan dari anime ini terletak pada karakternya yang saling bertolak belakang. Hanako, yang ingin memiliki teman normal untuk diajak bermain sehari-hari tetapi dia sendiri selalu bertingkah aneh dan ajaib, ternyata adalah anak orang kaya. Bersama Maeda, asistennya, dia selalu menampilkan adegan yang tidak masuk akal.

Sumber: Horriblesubs

Sumber: Horriblesubs

Kasumi adalah contoh siswi yang dikucilkan di kelas. Dengan wajah yang terkesan serius dan kaku, posisinya di antara ketiga siswi ini seakan-akan seperti orang yang paling lurus dan selalu mengoreksi kelakuan aneh teman-temannya. Sementara Olivia, selain sikapnya yang sok inggris, dia selalu menjadi korban bully oleh Kasumi dan Hanako. Apalagi, dia tidak sadar kalau kakaknya adalah seorang stereotip wibu yang membuat teman-temannya mengasihaninya.

Sumber: Horriblesubs

Sumber: Horriblesubs

Dari segi audio, kalian awalnya pasti akan kaget ketika mengetahui kalau gadis-gadis yang terlihat manis ini bisa berteriak-teriak seakan tak tahu adat. Para pengisi suara yang juga menyanyikan lagu pembuka dan penutup berperan sangat baik dalam menyampaikan emosi para karakter yang diperankannya.

Dari segi visual bisa dibilang menipu, terutama opening yang memperlihatkan karakter gadis-gadis remaja manis. Meskipun pewarnaan bisa dibilang standar, tetapi karakter diekspresikan dengan sangat detail, terutama jika berubah kondisi. Para karakter bisa menjadi bengis, imut, ataupun menyebalkan.

Sumber: Horriblesubs

Sumber: Horriblesubs

Kesimpulannya, Asobi Asobase dapat dinikmati oleh kalian yang ingin mencari anime bergenre komedi yang mengocok perut sejak awal. Tidak perlu berpikir tentang plot dan segala macamnya, fokuslah untuk tertawa. Jika disamakan dengan komik yang ada di CIAYO, kalian bisa membaca Komplek Tanpa Faedah karya Jonbray yang tujuannya sama-sama untuk menghibur para penikmatnya. Ataukah kalian ada rekomendasi komik lain yang memiliki tujuan sama dengan Asobi Asobase? Share pendapat kalian di kolom komentar ya…

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

LawProcedural-thumb

Mengapa Sinetron ‘Law Procedural’ Tidak Ada Di Indonesia?

industri sinetron di Indonesia saat ini sering sekali dikritik mengenai kontennya yang berkesan itu itu saja dan kurang .. more

00-d-e3-2018

Siapa Yang Memenangkan E3 2018?

E3 2018 telah usai. Siapa yang berhasil memikat gamer? Siapa yang gagal memuaskan fans? Kami menilai semua konferensi di.. more

00-d-ponimu-egoist-festival

Sambut Kedatangan EGOIST Dengan Diskon Ponimu EGOIST Festival!

Lewat EGOIST Festival, Ponimu memberi diskon streaming anime. Potongan harga ini hanya terbatas dalam 3 hari saja!.. more

00-d-a-simple-favor

Menertawakan Kemalangan Dalam Film A Simple Favor

Kombinasi antara Anna Kendrick yang jenaka dengan Blake Lively yang agak serius ternyata bekerja dengan baik dalam  A S.. more