Asosiasi Komik Indonesia Resmi Dideklarasikan!

4 weeks ago
00-d-asosiasi-komik-indonesia-aksi

Dalam dua tahun terakhir, industri komik Indonesia berkembang sangat pesat. Ada 13 juta orang yang membaca komik Indonesia setiap harinya lewat ponsel. Lebih dari 100 judul komik rilis mingguan setiap harinya, selama setahun penuh di berbagai jenis platform. Komik Indonesia melakukan ekspansi ke berbagai media lain seperti film, musik, animasi, dan lain sebagainya.

01 asosiasi komik indonesia aksi

Jajaran komik Indonesia dalam acara deklarasi AKSI. (Sumber: CIAYO Pictures)

Potensi yang dihadirkan oleh industri komik Indonesia saat ini kini menjadi sebuah kesempatan sekaligus tantangan. Pertumbuhan pembaca komik bisa menjadi penggerak ekonomi kreatif Indonesia yang saat ini tengah didorong oleh pemerintah.

02-asosiasi-komik-indonesia-aksi

AKSI, Asosiasi Komik Indonesia. (Sumber: CIAYO Pictures)

Menanggapi fenomena ini, dibentuklah sebuah wadah yang disebut AKSI. AKSI, alias Asosiasi Komik Indonesia, merupakan asosiasi yang terdiri dari pelaku industri komik. Tujuan dari AKSI adalah untuk membangun ekosistem industri komik Indonesia, sebagai salah satu bagian dari strategi budaya nasional Indonesia di ranah internasional.

Pendirian AKSI sendiri diprakarsai oleh 10 perusahaan dan organisasi yang bergerak dalam bidang komik Indonesia. Mereka adalah Bumilangit, CIAYO Comics, Infia, FrankKomik, Kosmik, Octopus Garden, Padma Pusaka Nusantara, Pionicon, re:ON Comics, dan Skylar Comics.

03-asosiasi-komik-indonesia-aksi

Kepala BEKRAF Triawan Munaf bersama inisiator AKSI. (Sumber: CIAYO Pictures)

Asosiasi Komik Indonesia resmi dideklarasikan pada tanggal 24 April 2018, bertempat di Swillhouse, Fairgrounds SCBD Jakarta. Deklarasi dihadiri oleh kepala BEKRAF serta perwakilan dari inisiator AKSI: Imansyah Lubis (Bumilangit), Borton Liew (CIAYO Comics), Aji Pratomo (Infia), Franki Indrasmoro/Pepeng NAIF (FrankKomik), Sunny Gho (Kosmik), Mice Misrad (Octopus Garden), Sweta Kartika (Padma Pusaka), Faza Meonk (Pionicon), Andik Prayogo (re:ON Comics), serta Marcelino Lefrandt (Skylar Comics).

04-asosiasi-komik-indonesia-aksi

Ketua umum AKSI, Faza Meonk. (Sumber: CIAYO Pictures)

“Kami lihat komik akan jadi industri ya. Dan sebagai industri, perlu adanya asosiasi yang mengikat perusahan-perusahaan untuk menyatukan visi ini,” ungkap Faza Meonk yang juga memegang posisi sebagai ketua umum Asosiasi Komik Indonesia.

“Kita nggak mungkin sendiri-sendiri. Kita perlu kerja sama lintas subsektor dan perlu merencanakan sesuatu bersama agar Industri dan iklim industri di Indonesia kompak,” tambah Faza.

05-asosiasi-komik-indonesia-aksi

Triawan Munaf memberikan sambutan. (Sumber: CIAYO Pictures)

Asosiasi Komik Indonesia akan menjalankan berbagai fungsi utama. Salah satunya, AKSI akan mendorong regulasi bersama dengan pemerintah untuk melindungi para pelaku komik Indonesia. AKSI juga akan melakukan upaya edukasi dalam bentuk penelitian, pendidikan, dan pemberdayaan; melakukan sinergi lintas sektor industri kreatif; serta sosialisasi dan komunikasi komik Indonesia. Diharapkan aktivitas-aktivitas tersebut dapat mewujudkan perubahan atau transformasi dalam masyarakat Indonesia, dengan memanfaatkan komik sebagai perantaranya.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan Faza, saat ini AKSI terbuka untuk perusahaan dan organisasi komik berbadan hukum. Namun ke depannya, pelaku individual juga dapat bergabung menjadi bagian dari AKSI.

06-asosiasi-komik-indonesia-aksi

Simbolisme penandatanganan sampul komik raksasa. (Sumber: CIAYO Pictures)

Dengan dideklarasikannya Asosiasi Komik Indonesia, tentunya semakin besar kesempatan komik Indonesia kembali menjadi fenomena nasional. Harapannya, AKSI bisa menjadi jembatan bagi komikus dan industri komik maupun industri kreatif nasional dan internasional secara keseluruhan. Kehadiran AKSI diharapkan bisa membantu mewujudkan industri kreatif yang berkembang, sebagaimana dipaparkan dalam visi misi mereka. Sukses terus untuk AKSI!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

The Beatles on The Abbey Road (sumber: Bussiness Insider)  

Hey Jude, Lagu Cinta Lain Maknanya

Ada lagu-lagu yang sebenarnya bukan lagu cinta, tapi akhirnya dibuat menjadi lagu cinta agar penikmatnya merasakan terhu.. more

Menanti Deretan Video Games Terbaik Yang Rilis 2017-2018

Bisnis video game selalu ramai dan bergairah. Game-game baru dan sekuel silih berganti datang menyapa gamers di seluruh .. more

Mau Jadi Editor Komik di CIAYO Comics? Ini Syaratnya!

Kita butuh bantuan kakak-kakak untuk mengisi posisi editor di CIAYO Comics... more

Sumber: nerdist.com

Kim Possible Akan Segara Dibuatkan Live Action-nya!

Bagi kamu yang tahu dan suka dengan kartun ini, ada kabar terbaru yang mengatakan kalau serial kartun Kim Possible akan .. more

(Sumber: Youtube)

Wawancara Eksklusif CIAYO Blog Dengan Demian Aditya Sang Illusionist

Bro sis masih inget dong sama Demian? Pesulap yang sekarang lebih terkenal sebagai Illusionist Indonesia ini, sempat ram.. more