Assassin’s Creed Unity Jadi Kunci Rekonstruksi Katedral Notre Dame

10 months ago
Assassin’s Creed Unity

Kabar buruk datang dari Paris, dimana katedral Notre Dame mengalami musibah kebakaran. Kebakaran pada tanggal 15 April lalu meluluh lantakan atap dan menara gedung bersejarah tersebut. Sumbangan datang dari berbagai kalangan untuk membantu proses pembangunan ulang gereja tersebut. Namun, satu kunci penting yang bisa membantu menyelamatkan katedral Notre Dame datang dari sumber yang tidak terduga: video game Assassin’s Creed Unity.

Sumber: IGN
Sumber: IGN

Assassin’s Creed Unity yang rilis pada tahun 2014 lalu menceritakan sepak terjang kelompok Assassin melawan kelompok Templar dalam seting Revolusi Prancis di abad ke-18. Salah satu lokasi penting yang tampil dalam game tersebut adalah katedral Notre Dame yang direka ulang sedekat mungkin dengan bangunan aslinya.

Caroline Miousse merupakan artist senior yang bertanggung jawab mereka ulang katedral Notre Dame dalam Assassin’s Creed Unity. Ia menghabiskan dua tahun meriset gereja tersebut, mengambil foto, dan berkonsultasi dengan sejarawan. Menurutnya, menciptakan katedral Notre Dame dalam video game terasa seperti membuat gedung dengan Lego. Setiap bata dan ornamen dalam katedral tersebut sangat unik dan harus direka ulang dengan semirip mungkin.

Katedral Notre Dame di game Assassin’s Creed Unity. Sumber: Mashable
Katedral Notre Dame di game Assassin’s Creed Unity. Sumber: Mashable

Kendala utama dalam menciptakan katedral Notre Dame tersebut adalah bagaimana menjadikan gedung bersejarah tersebut sebagai level video game yang menantang. Perkembangan teknologi video game yang pesat pun berarti Miousse tidak bisa mengambil jalan pintas atau membuat ilusi visual dalam membangunnya. Begitu pula dengan berbagai lukisan dan fresko klasik yang tidak bisa sembarangan dimasukkan karena punya hak cipta sendiri.

“Saya dan Pascal Barriault (artist tekstur AC Unity) terus bertanya, detail bangunan seperti apa yang terngiang-ngiang di kepala orang? Bayangan seperti apa yang ada dalam benak orang ketika membayangkan maha karya arsitektur ini?” ungkap Miousse kepada The Guardian. “Secara pribadi, saya ingin menantang diri saya untuk memahami arsitektur gereja. Karena saya belum pernah mempelajarinya, saya harus mencari cara sendiri bagaimana menciptakan ulang bangunan Notre Dame semirip mungkin dengan aslinya.”

Baca Juga: Mengenal Sejarah Mesir Kuno Lewat Assassin’s Creed Origins

Proses rekonstruksi katedral Notre Dame. Sumber: RFI
Proses rekonstruksi katedral Notre Dame. Sumber: RFI

Saat ini, belum ada pembicaraan yang berujung pada penggunaan data dari Assassin’s Creed Unity untuk membantu pembangunan ulang katedral Notre Dame. “Saat ini kami belum terlibat dalam proses rekonstruksi Notre Dame, namun kami akan dengan senang hati memberikan bantuan untuk membantu proses tersebut,” ungkap jubir Ubisoft selaku developer game tersebut.

Meski belum terlibat secara langsung, Ubisoft turut menyumbang 500 ribu Euro untuk proses pembangunan ulang. Selain itu, Ubisoft juga menggratiskan game Assassin’s Creed Unity selama satu minggu, dan bisa didownload melalui Uplay.

Menyusuri interior katedral. Sumber: Wired
Menyusuri interior katedral. Sumber: Wired

Jika kamu penasaran dengan gedung katedral Notre Dame tersebut, tidak ada salahnya mencoba langsung lewat game Assassin’s Creed Unity yang bisa kamu mainkan gratis. Siapa tahu nanti punya kesempatan mengunjungi tempatnya di dunia nyata.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Aktor dengan reputasi multi peran Shun Oguri. Sumber gambar: aosora.info

Shun Oguri: Aktor Ganteng Multi Peran Asal Jepang

Untuk penggemar film maupun drama televisi Jepang (alias J-Dorama) sepertinya nama “Shun Oguri” sudah tidak asing la.. more

00-d-tonari-no-kaibutsu-kun

Film Live-Action Tonari no Kaibutsu-kun Siap Membawamu Kembali ke Masa Remaja

Kalian ada yang udah nonton anime atau baca manga Tonari no Kaibutsu-kun? Ayo baca manganya dan nonton serial animenya, .. more

Rilis Mobile Legends: Adventure

2 Hari Lagi! Rilis Mobile Legends: Adventure Tanggal 1 Agustus

Rilis Mobile Legends: Adventure dipatok tanggal 1 Agustus 2019. Mainkan spinoff dari salah satu game MOBA terpopuler di .. more

00-d-yato-&-iato

Yato & Iato: Monyet Astronot VS Pemburu Alien

Yato & Iato berkisah tentang... Yato dan Iato. Yato adalah monyet astronot, sementara Iato adalah pemburu alien. Apa jad.. more

kantor baru agate

Agate Resmikan Kantor Baru dan Kerja Sama Dengan BEKRAF

Kantor baru Agate hadir di Bandung Technopolis di kawasan Summarecon Gedebage. Acara dihadiri oleh gubernur Jawa Barat R.. more