Assassin’s Creed Unity Jadi Kunci Rekonstruksi Katedral Notre Dame

1 month ago
Assassin’s Creed Unity

Kabar buruk datang dari Paris, dimana katedral Notre Dame mengalami musibah kebakaran. Kebakaran pada tanggal 15 April lalu meluluh lantakan atap dan menara gedung bersejarah tersebut. Sumbangan datang dari berbagai kalangan untuk membantu proses pembangunan ulang gereja tersebut. Namun, satu kunci penting yang bisa membantu menyelamatkan katedral Notre Dame datang dari sumber yang tidak terduga: video game Assassin’s Creed Unity.

Sumber: IGN
Sumber: IGN

Assassin’s Creed Unity yang rilis pada tahun 2014 lalu menceritakan sepak terjang kelompok Assassin melawan kelompok Templar dalam seting Revolusi Prancis di abad ke-18. Salah satu lokasi penting yang tampil dalam game tersebut adalah katedral Notre Dame yang direka ulang sedekat mungkin dengan bangunan aslinya.

Caroline Miousse merupakan artist senior yang bertanggung jawab mereka ulang katedral Notre Dame dalam Assassin’s Creed Unity. Ia menghabiskan dua tahun meriset gereja tersebut, mengambil foto, dan berkonsultasi dengan sejarawan. Menurutnya, menciptakan katedral Notre Dame dalam video game terasa seperti membuat gedung dengan Lego. Setiap bata dan ornamen dalam katedral tersebut sangat unik dan harus direka ulang dengan semirip mungkin.

Katedral Notre Dame di game Assassin’s Creed Unity. Sumber: Mashable
Katedral Notre Dame di game Assassin’s Creed Unity. Sumber: Mashable

Kendala utama dalam menciptakan katedral Notre Dame tersebut adalah bagaimana menjadikan gedung bersejarah tersebut sebagai level video game yang menantang. Perkembangan teknologi video game yang pesat pun berarti Miousse tidak bisa mengambil jalan pintas atau membuat ilusi visual dalam membangunnya. Begitu pula dengan berbagai lukisan dan fresko klasik yang tidak bisa sembarangan dimasukkan karena punya hak cipta sendiri.

“Saya dan Pascal Barriault (artist tekstur AC Unity) terus bertanya, detail bangunan seperti apa yang terngiang-ngiang di kepala orang? Bayangan seperti apa yang ada dalam benak orang ketika membayangkan maha karya arsitektur ini?” ungkap Miousse kepada The Guardian. “Secara pribadi, saya ingin menantang diri saya untuk memahami arsitektur gereja. Karena saya belum pernah mempelajarinya, saya harus mencari cara sendiri bagaimana menciptakan ulang bangunan Notre Dame semirip mungkin dengan aslinya.”

Baca Juga: Mengenal Sejarah Mesir Kuno Lewat Assassin’s Creed Origins

Proses rekonstruksi katedral Notre Dame. Sumber: RFI
Proses rekonstruksi katedral Notre Dame. Sumber: RFI

Saat ini, belum ada pembicaraan yang berujung pada penggunaan data dari Assassin’s Creed Unity untuk membantu pembangunan ulang katedral Notre Dame. “Saat ini kami belum terlibat dalam proses rekonstruksi Notre Dame, namun kami akan dengan senang hati memberikan bantuan untuk membantu proses tersebut,” ungkap jubir Ubisoft selaku developer game tersebut.

Meski belum terlibat secara langsung, Ubisoft turut menyumbang 500 ribu Euro untuk proses pembangunan ulang. Selain itu, Ubisoft juga menggratiskan game Assassin’s Creed Unity selama satu minggu, dan bisa didownload melalui Uplay.

Menyusuri interior katedral. Sumber: Wired
Menyusuri interior katedral. Sumber: Wired

Jika kamu penasaran dengan gedung katedral Notre Dame tersebut, tidak ada salahnya mencoba langsung lewat game Assassin’s Creed Unity yang bisa kamu mainkan gratis. Siapa tahu nanti punya kesempatan mengunjungi tempatnya di dunia nyata.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Trigger Junkie - CIAYO Comics

Trigger Junkie: Kenalan Sama Wanda, Yuk!

Buat yang suka baca Trigger Junkie, pasti kenal sama Wanda. Yuk, kenalan lebih lanjut!.. more

00-d-astrazinger

ASTRAZINGER: Konten Lokal Sentuhan Internasional

ASTRAZINGER adalah reimajinasi tokoh Astrajingga/Cepot yang dikemas menggunakan gaya Super Robot a la Voltus yang dipopu.. more

(Sumber: ultimumvitae.com)

Yuk! Intip Fakta dan Sejarah Penggunaan Emoticon

Kalau kamu pengguna aplikasi messenger di smartphone, pasti kamu udah gak asing lagi dengan yang namanya emoticon dan st.. more

00-d-vandaria-mini-series-challenge

Vandaria Mini Series Challenge: Kompetisi Komik Vandaria Saga X CIAYO Comics!

Vandaria dan CIAYO Comics mengadakan Vandaria Mini Series Challenge. Bentuk tim komikmu dan ciptakan komik dari dunia Va.. more

Sabrina – Chapter 14: Sehangat Sentuhan Seorang Ibu

Gabrielle tidak habis pikir dengan jawaban Sabrina. Ia tahu, Sabrina memang lapar. Bukan keadaan perut yang Gabrielle in.. more