Avengers: Endgame, Pengalaman Baru Di Luar Ekspetasi

7 months ago
review avengers: endgame

Hari ini tepatnya tanggal 24 April 2019, Avengers: Endgame akhirnya rilis diseluruh bioskop. Kali ini kisah menceritakan tentang nasib sisa superhero untuk melakukan misi penyelamatan melawan Thanos.

Masih menyambung kisah di Avengers: Infinity War, Tony Stark yang berusaha melawan Thanos justru malah terombang-ambing di ruang angkasa tanpa makanan maupun air. Mr. Stark pun mengirim pesan ke Pepper Potts saat pasokan oksigennya mulai berkurang. Sementara itu, Avengers yang tersisa – Thor, Black Widow, Captain America, dan Bruce Banner – mencari cara untuk mengembalikan sekutu mereka yang kalah dari pertikaian epik dengan Thanos – yang ingin menghancurkan planet dan alam semesta.

Baca juga: Review Avengers: Infinity War – Lubang Hitam Penuh Emosi

Perjuangan para pahlawan Marvel dalam ‘Endgame’ ini juga sekaligus menjadi penutup kisah sedekade film-film Marvel yang tergabung dalam Marvel Cinematic Universe, atau penutup fase ketiga MCU. Diketahui, film ini menjadi pamungkas 21 film superhero Marvel sebelumnya.

Avengers End Game_Captain America
Kira-kira apa yang terjadi, ya? (Sumber: IMDb)

Di sisi lain, dalam diri para Avengers yang tersisa di Avengers: Endgame ini, mereka juga harus mencoba berdamai dengan masa lalu. Yah, gitu – gitu juga mereka masih makhluk hidup yang penuh dengan kelemahan.

Baca juga: Trailer Avengers: Endgame Terbaru Tandai 1 Bulan Jelang Event Terbesar MCU

Avengers: Endgame bukanlah film yang digarap oleh Marvel Studios selama dua sampai tiga tahun, melainkan digarap selama satu dekade. Secara teknis film ini memang dikerjakan dua sampai tiga tahun terakhir, tapi cerita sudah dimulai sejak 2008 saat film Iron Man rilis dan menjadi gerbang MCU. 

Marvel merancang cerita 21 film MCU dengan sangat matang. Setiap film memiliki cerita yang berkaitan satu sama lain walau tidak terlihat secara langsung. Meski berangkat dari hulu yang sama, Marvel, dan dirilis dalam waktu yang berbeda-beda, semua film superhero tersebut bermuara di tempat yang sama, Avengers: Endgame.

Avengers End Game_Misi Penyelamatan
Hayo tebak ini tangan siapa saja? (Sumber: IMDb)

Jangan berharap ini adalah Infinity War babak dua. Dua film ini amat berbeda, saling melengkapi satu sama lain dalam caranya yang terbaik,” lanjutnya. For your information, Endgame gak pernah dirancang untuk berdiri sendiri sebagai film yang dikarang dengan baik, dan tidak pernah dirancang untuk mengikuti formula MCU. Endgame dirancang untuk membatasi satu dekade penumpukan di sekitar cerita raksasa tunggal. (Bocorannya sih presiden Marvel Studios, Kevin Feige telah mengkonfirmasi bahwa Endgame bukan film terakhir dalam cerita ini – namun the upcoming Spider-Man: Far from Home.)

Baca juga: 3 Petunjuk Spider-Man: Far From Home Terjadi Setelah Avengers: Endgame

Avengers End Game_They Gone
Kemana? (Sumber: IMDb)

Seperti Star Wars: The Last Jedi, mungkin bagi para penggemar setia Marvel yang memang sudah menunggu-nunggu kelanjutan pertarungan Thanos dan para superhero, film ini menjadi salah satu pengalaman yang tidak pernah mereka bayangkan di film manapun.

Gimana enggak? Dengan antusiasme Endgame yang membludak, bahkan  Indonesia dan Malaysia bisa adu saing! Yap, salah satu jaringan bioskop nasional di Indonesia membuat jadwal PAGI! Dari jam 5 pagi hingga jam 5 pagi lagi, alias 24 jam. Diikuti negara tetangga alias Malaysia, yang menayangkan film Avengers mulai dari jam 7 pagi.

Avengers End Game_Poster A
Poster Film Avengers: Endgame (Sumber: IMDb)

Film penutup Avengers ini digadang-gadang menjadi film MCU yang paling emosional, paling epik. Bukan hanya merangkum kisahnya, namun memperluasnya. Kalau kita menyebut Infinity War itu menarik, kita bisa bilang Endgame itu cerdas. Film ini sanggup mengacak emosi kamu dan diakhir kita cuma bisa memberikan standing ovation.

Melihat animo penggemar yang begitu besar, Sutradara Avengers: Endgame, Joe dan Anthony Russo, meminta penggemar setia Marvel untuk tidak membocorkan alur cerita film Avengers: Endgame. Hal ini disampaikannya setelah adanya beberapa adegan dalam sekuel terakhir film Marvel ini bocor dan beredar di dunia maya.

Baca juga: Review Captain Marvel : Awal Mula Avengers

Dalam sebuah surat yang diunggah di Twitter dengan tagar #DontSpoilTheEndgame pada Selasa, 16 April 2019, Joe dan Anthony Russo mengatakan keduanya dan seluruh kru dan pemain Marvel telah melakukan kerja yang terbaik.

Avengers End Game_thanos
Bagaimana nasibnya? (Sumber: IMDb)

Hayo, siapa yang udah gak sabar buat nontonin kisahnya? Pastikan siap dengan memori 21 film superhero yang sudah ditonton. Buat kamu yang bukan fans MCU, alangkah bijaknya bila membekali diri dengan wawasan semesta film ini sebelum emosi diaduk-aduk selama tiga jam.

Avengers End Game_Poster
Sumber: IMDb

Atau jangan-jangan gak kebagian nonton di minggu premiere ini? Tenang aja, nonton film bukan hanya sekedar berlomba-lomba siapa yang lebih dulu nonton dan bisa memberi spoiler. Esensi menonton film sendiri lebih ke apa yang bisa kita dapat dan feedback apa yang dapat kita berikan dari film ini. Makanya jangan lupa untuk berbagi tanggapan kalian di sini, ya!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-d-FateGrand-Order-Fes-2018

Meriahnya Fate/Grand Order Fes 2018 3rd Anniversary

Fate/Grand Order Fes 2018 membawa berbagai update baru untuk gamenya, seperti servant baru Scathatch=Skadi yang sangat k.. more

Dike - Rian - Melisa (Sumber: ciayo.com)

Ngobrol Sama Artist di Balik Taring Niel dan Rumah Keti

Tim Blog CIAYO Comics berkesempatan ngobrol-ngobrol sama comic artist, juga colorist & background artist Love Has Fangs.. more

Anime Matsuri X CIAYO Comics

CIAYO Comics, sebagai salah satu platform komik digital pun turut berpartisipasi di event Anime Matsuri kali ini. .. more

5 Video Game Yang Dicekal Karena Alasan Konyol

Game dicekal karena konten kekerasan dan seksual sudah biasa. Tapi gimana kalau ada game yang dicekal karena menampilkan.. more

Necronator: Dead Wrong buatan Toge Productions diperkenalkan sebagai judul yang akan diterbitkan oleh penerbit game Modern Wolf.

Game Indonesia Ini Didanai 3 Miliar Rupiah Oleh Publisher Luar Negeri!

Necronator: Dead Wrong buatan Toge Productions diperkenalkan sebagai judul yang akan diterbitkan oleh penerbit game Mode.. more