Aya Hisakawa: Seiyuu Bulma Dragon Ball Pengganti Mendiang Hiromi Tsuru

5 months ago
Sumber gambar: dragonballsuper-france.fr

Di industri entertainment Jepang, profesi Seiyuu alias dubber alias pengisi suara merupakan profesi bergengsi. Terutama jika karakter yang mereka isi suaranya menjadi ikonik dan dicintai fans. Di anime, beberapa karakter bisa disuarakan oleh seorang Seiyuu hingga belasan tahun. Hal itu menunjukkan hubungan kuat antara karakter dan pengisi suaranya. Seakan-akan keduanya merupakan satu entitas yang tidak terpisahkan. Memiliki kadar bobot penting yang seimbang.

Dan mendiang Hiromi Tsuru 鶴 ひろみ adalah satu dari sedikit Seiyuu elites yang mampu bertahan dan dicintai fans selama puluhan tahun.

Mendiang Hiromi Tsuru, Seiyuu Bulma. Sumber gambar: kotaku.com

Mendiang Hiromi Tsuru, Seiyuu Bulma. Sumber gambar: kotaku.com

Ada banyak karakter ikonik yang disuarakan oleh Tsuru. Salah satu yang paling populer/fenomenal adalah Bulma dari serial franchise terkemuka Jepang “Dragon Ball”. Tsuru menjadi Seiyuu untuk Bulma selama 31 tahun lamanya! Jelas bukan waktu yang singkat bukan?

Tentu tidak hanya karakter Bulma yang menunjukkan kualitas dubbing Hiromi Tsuru. Karakter ikonik lain seperti Ukyo Kuonji (Ranma ½), Dokin-chan (Soreike! Anpanman), Reiko Mikami (Ghost Sweeper Mikami) serta Naomi Hunter (Metal Gear Solid) juga memiliki suara keren beliau. Kemampuannya mengisi suara berbagai karakteristik karakter, mulai dari karakter seksi hingga karakter bocah perempuan, membuat Hiromi Tsuru sangat populer di kalangan fans anime/video games dan disegani di kalangan profesi Seiyuu lainnya.

Dokin-chan. Sumber gambar: anisearch.com

Dokin-chan. Sumber gambar: anisearch.com

Kematian beliau yang mendadak akibat aortic dissection (pembuluh darah bermasalah) di dalam mobil 16 November 2017 membuat kaget dunia anime karena sama sekali tidak terduga. Hiromi Tsuru dinyatakan meninggal dunia di usia 57 tahun. Saat itu Dragon Ball Super merupakan pekerjaan yang sedang beliau kerjakan sebagai Seiyuu Bulma. Karena sudah meninggal dunia maka di kalangan fans dan Seiyuu muncul pertanyaan siapakah yang akan menggantikan Hiromi Tsuru sebagai pengisi suara Bulma.

Karakter paling berotak di universe Dragon Ball. Sumber gambar: youtube.com

Karakter paling berotak di universe Dragon Ball. Sumber gambar: youtube.com

Suara khas Bulma yang dibawakan oleh Hiromi Tsuru memang … khas. Selama 31 tahun lamanya Bulma dan Hiromi Tsuru merupakan satu kesatuan yang identik. Secara umum tentu merupakan tugas super berat buat Seiyuu lain untuk mendekati, menyamai atau mungkin melampaui hasil kerja puluhan tahun dari Hiromi Tsuru untuk karakter Bulma ini. Menghilangkan karakter Bulma dari Dragon Ball jelas bukan pilihan karena selain Son Goku, Bulma adalah karakter paling awal tercipta dari franchise Dragon Ball. Dan itu sudah berlangsung lebih dari tiga dekade.

Intinya: Seiyuu Bulma berikutnya punya beban tidak ringan untuk melanjutkan legacy yang sudah dibangun mendiang Hiromi Tsuru atas karakter Bulma Dragon Ball.

Tapi ternyata pihak studio dan pemegang merk Dragon Ball series tidak terlalu mengalami kesulitan berarti untuk menemukan Seiyuu pengganti Hiromi Tsuru. Sesuatu yang buat saya sendiri cukup mengherankan, tapi bisa dimengerti. Seiyuu Jepang memang punya skill yang luar biasa. Bakat dan kerja keras mereka di industri ini menghasilkan satu profesionalisme mengagumkan. Saya sebelumnya tidak pernah terpikir kalau Seiyuu Aya Hisakawa akan mampu menciptakan suara khas Hiromi Tsuru untuk karakter Bulma. Tapi itulah yang terjadi.

Dikonfirmasi secara resmi tanggal 14 Februari 2018, bisa dipastikan kalau Aya Hisakawa 久川 綾 adalah calon pengganti Hiromi Tsuru sebagai Seiyuu Bulma di animasi Dragon Ball selanjutnya. Hal ini juga ditegaskan lewat sebuah iklan pendek produk pembersih kamar mandi dari Kao yang menggunakan animasi karakter Dragon Ball, Vegeta-sama dan istrinya Bulma.

Di iklan tersebut terlihat Vegeta yang kesal karena tidak memiliki lawan lagi di dunia, namun Bulma datang dan memintanya membersihkan kamar mandi mereka. Vegeta menghancurkan kamar mandi dengan ‘Final Flash’ dan membuat Bulma gusar karena seharusnya Vegeta menggunakan produk pembersih kamar mandi Kao yang di-iklankan. Iklan 30 detik yang kocak itu saat ini beredar di Twitter dan berbagai website lainnya.

Iklan yang dimaksud

Bulma di iklan tersebut diisi suaranya oleh Aya Hisakawa. Aya Hisakawa bukan Seiyuu kemarin sore di industri entertainment Jepang. Sama-sama berada dalam agensi yang sama dengan Tsuru (Aoni Production), Hisakawa juga menyuarakan karakter-karakter yang tidak kalah ikonik. Sebut saja misalnya Skuld (Aa~! Megami-sama!), Sailor Mercury Ami Mizuno (Sailor Moon), serta Kero (Cardcaptor Sakura) dan Judith (Tales of Vesperia). Aya Hisakawa juga punya beberapa single dan album lagu, yang menunjukkan kalau beliau juga punya talent menyanyi selain menjadi pengisi suara karakter.

Aya Hisakawa adalah Seiyuu dari banyak karakter ikonik. Sumber gambar: animeyume.com

Aya Hisakawa adalah Seiyuu dari banyak karakter ikonik. Sumber gambar: animeyume.com

Saat ini anime Dragon Ball Super akan segera berakhir/berhenti sementara  jadi fans Dragon Ball harus menunggu sedikit lebih lama untuk mengetahui bagaimana Aya Hisakawa saat mengisi suara Bulma. Mendiang Hiromi Tsuru sudah melakukan tugasnya dengan baik. May she rest in peace. Dan sekarang kita dukung Aya Hisakawa melanjutkan legacy yang sudah dibangun Hiromi Tsuru pada karakter emak-emak seksi istri Raja para Saiyan: Bulma.

Bro sis setuju dengan pemilihan Aya Hisakawa sebagai pengisi suara Bulma pengganti mendiang Hiromi Tsuru? Tag saya di komen bro sis ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: mnl48

Mungkin Ini Penyebab Jepang dan Korea Mengalami Penurunan Angka Kelahiran

Baik di Jepang maupun di Korea, kedua negara tersebut sedang mengalami satu permasalahan yang sama. Yaitu penurunan angk.. more

Hana & Mr. Arrogant (CIAYO Comics)

Bisakah Cowok Kaya yang Sombong Jatuh Cinta dengan Gadis Miskin & Polos???

Satu lagi nih guys, komik romantis terpopuler buatan anak bangsa yang baru saja bergabung di keluarga CIAYO Comics pada .. more

Bitcoin (Sumber: bitcoin.org)

Semua yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Bitcoin

Mungkin Anda pernah membaca, terlihat atau mendengar mengenai Bitcoin, dan bertanya-tanya “Apa sih sebenarnya bitcoin .. more

Maggio Phil

Maggio: Cosplayer yang Bangkitkan Sosok Duke Nukem

Bro sis masih ingat sama Duke Nukem? Nah, pas di Indonesia Comic Con 2017, Chika berhasil bertemu dengan cosplayer Duke .. more

Sumber : CIAYO Comics

Wendigo, Perjalanan Reuni yang Berakhir Bencana

Gimana rasanya kalau perjalanan bareng teman-teman malah menjadi menyeramkan? Kayak di komik Wendigo ini. .. more