B: The Beginning – Crime Thriller Digabung Sci-fi Dalam Kemasan Anime

1 month ago
00-d-b-the-beginning

Tanggal 2 Maret lalu, Netflix merilis anime B: The Beginning. 12 episodenya dapat langsung disaksikan hari itu juga.

B: The Beginning hanya satu dari senarai anime original yang diproduksi oleh raksasa streaming Netflix dan studio anime Jepang. Anime produksi Netflix menggebrak standar produksi anime Jepang yang biasanya jadi bancakan buat perusahaan lain, seperti label musik, distributor film, penerbit buku, dan lain-lain. Hasilnya, anime Netflix biasanya mengusung tema dan premis yang bervariasi, sekaligus kualitas animasi yang sangat baik.

01-b-the-beginning

Sumber: Mubi

Dalam kasus ini, B: The Beginning juga bukan pengecualian. Otak dari anime ini adalah Kazuto Nakazawa, sutradara merangkap desainer karakter yang terlibat dalam beberapa produksi animestylish” seperti Samurai Champloo, Afro Samurai, bahkan Kill Bill, The Animatrix, dan video klip Breaking the Habit milik Linkin Park.

Turut mendukung Nakazawa adalah studio anime veteran Production IG, begitu pula dengan penulis naskah Katsuya Ishida dan komposer musik Yoshihiro Ike. Dengan dream team-nya sendiri, Nakazawa berhasil merampungkan B: The Beginning yang diproduksi dari nol.

02-b-the-beginning

Sumber: PoG Design

B: The Beginning bersetting di sebuah negara kerajaan fiktif Cremona. Negara yang berdiam di kepulauan ini tengah digegerkan dengan kasus pembunuhan berantai. Pelakunya disebut Killer B, karena meninggalkan sebuah tanda huruf B di lokasi kejadian.

Royal Investigation Service, agensi detektif kepolisian Cremona, ditunjuk untuk menyelesaikan kasus ini. Untuk mendukung penyelidikan, kepala RIS Eric Toga (diperankan Hiroki Tochi) menugaskan kembali penyidik veteran sekaligus mentornya, Keith Kazama Flick (diperankan Hiroaki Hirata). Keith kemudian dipasangkan dengan penyidik muda bernama Lily Hoshina (diperankan Asami Seto).

03-b-the-beginning

Sumber: Vbox7

Sementara itu, ada pemuda misterius bernama Koku (diperankan Yuki Kaji) yang terlhat di dekat lokasi investigasi RIS. Koku yang bekerja di toko biola milik ayah Lily, ternyata adalah si Killer B itu sendiri. Ia sengaja membunuh para penjahat dan meninggalkan tanda di TKP untuk mencari Yuna (diperankan Satomi Sato), temannya di masa lalu.

Aksi pembunuhan Koku, serta investigasi Keith dan Lily, membawa mereka ke hadapan organisasi rahasia Market Maker. Ternyata Market Maker menjadi otak di balik berbagai kasus kejahatan di Cremona. Lebih dari itu, tujuan mereka adalah menangkap Koku yang mereka sebut sebagai “Raja Bersayap Hitam.”

04-b-the-beginning

Sumber: Kazefuri

Secara sederhana, B: The Beginning bisa diibaratkan gabungan antara anime Terror in Resonance dengan Tokyo Ghoul. Secara kasat mata, B: The Beginning merupakan sebuah anime crime thriller dimana kamu akan diajak untuk mendalami berbagai kasus kejahatan dan pembunuhan.

05 b the beginning

Sumber: Lost in Anime

Dari mata Lily dan para investigator RIS, kamu bisa melihat berbagai aktivitas investigasi dan eksekusi dari penyidik kepolisian. Lily yang penasaran dan penuh rasa ingin tahu senantiasa terjun ke dalam aktivitas utama RIS. Entah itu penyidikan TKP, atau bahkan terjun langsung dalam misi penyamaran.

Para karakter pendukung dari RIS memiliki kepribadian yang tak kalah menarik. Di beberapa titik saya merasa lebih bisa relate dengan mereka, sehingga saya merasa ingin mendukung mereka. Jajaran tim RIS membuat saya teringat dengan tim Section 7 di Ghost in the Shell, sebuah ensemble cast dengan interaksi menarik dan skillset yang membuat mereka setara dengan karakter utamanya.

06-b-the-beginning

Sumber: Hey Poor Player

Sementara itu, Koku menjadi representasi dari elemen sains fiksi B: The Beginning. Kelebihan Koku adalah kemampuan tarungnya, karena ia dibekali kemampuan fisik prima hasil mutasi. Anggota tubuhnya bisa berubah menjadi senjata tajam.

Dalam perjalanannya mencari Yuna, Koku bakal sering bersinggungan dengan para petinggi Market Maker yang juga punya kemampuan sama dengannya. Dalam berbagai kasus, Koku bakal menjadi pemenangnya karena kemampuan fisik dan pengalaman tarungnya lebih matang. Namun, kenaifannya dalam pencarian Yuna justru dimanfaatkan oleh Market Maker.

07-b-the-beginning

Sumber: Natalie

Lalu, dimanakah Keith masuk? Keith tidak serta merta condong ke sisi RIS karena dia bekerja di sana. Keith justru punya ambisi sendiri terhadap Koku, alias Killer B. Keith memang seyogyanya merupakan tokoh utama B: The Beginning karena ia menjadi jembatan penghubung antara dunia Lily dan dunia Koku.

Keith tahu betul semua kejadian di tempat kerjanya, hingga masa lalu Koku. Momen saat Keith, Lily dan Koku bertemu di satu lokasi yang sama, bakal menjadi momen dimana semua elemen B: The Beginning melebur menjadi satu. Di momen inilah semuanya jadi makes sense.

08-b-the-beginning

Sumber: Gamer.com.tw

Aksi yang disuguhkan B: The Beginning pun patut diapresiasi. Koreografi aksinya ditata dengan apik, dan didukung dengan set piece setara film Michael Bay. Ada ledakan di sana-sini, diikuti dengan kehancuran bangunan dimana-mana. Didukung dengan teknik animasi yang sangat fluid dan konsisten, membuat B: The Beginning sebagai salah satu anime dengan kualitas terbaik tahun ini.

Musik yang digubah Ike memang sudah cukup bagus, karena mampu menyajikan nuansa sinematik dan atmosferik yang oke. Namun, yang membuat B: The Beginning menonjol adalah lagu temanya yang dibuat mantan gitaris Megadeth, Marty Friedman. Lagu buatannya adalah kunci yang menggambarkan keseluruhan isi B: The Beginning dengan musik rock simfonisnya.

B: The Beginning sekilas nampak seperti “anime sempurna” yang keluar di masa lalu, namun meski demikian anime ini masih memiliki kekurangan. Dari 12 episode yang disajikan, Nakazawa seakan kehabisan waktu untuk menuturkan ceritanya. Tentu kita mendapatkan cerita yang utuh dan saling tertaut dari awal sampai akhir, namun ada beberapa adegan yang dihapus di tengah-tengah. Ada banyak missing link dalam ceritanya.

Pada akhirnya toh ini bukan jadi masalah besar, namun jalannya cerita jadi terasa abrupt. Semuanya terjadi tiba-tiba, tanpa build-up yang pantas, tanpa foreshadowing untuk memancing antisipasi. Dan saat Nakazawa ingin mengatasi masalah ini, justru semua penjelasan ditaruh dalam sebuah episode flashback yang ritmenya lambat dan membunuh momentum yang sudah dibangun.

09 b: the beginning

Sumber: PoG Design

Bahkan sampai akhir pun, Nakazawa seakan masih punya banyak cerita yang belum tersampaikan. Ya, bahkan di akhir anime ini ada stinger/mid credit scene yang menandakan potensi dibuatnya season kedua anime ini. Memang terlihat seperti sebuah pertaruhan, dan bahkan sekarang belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang season 2-nya.

Walau demikian, B: The Beginning tetap menyajikan sebuah tontonan mengasyikkan dan kontras dari anime yang biasa kamu tonton. Anime ini mirip gado-gado, yakni campuran berbagai genre anime dalam satu sajian padat. Mungkin ada satu atau dua bahan yang kamu nggak suka, tapi begitu disantap kamu tetap merasakan kelezatannya, dan kamu akan terus memakannya sampai habis dan kenyang.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 11: Jatuh Cinta Seperti Minum Soda

Setelah hampir seminggu tinggal di Bali, ia menyadari banyak hal. Ada kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa ia bandingka.. more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

(Digital Spy)

Action Comics yang Lebih dari Sekadar Action Comics

Kali ini kami bakal kasih tips dan jenis komik yang bisa jadi inspirasi buat nentuin genre cerita komik one-shot yang ba.. more

Kisah rakyat Norwegia yang banyak di-adaptasi pop culture. Sumber gambar: youtube.com

Mitologi Ragnarok: Mulai Dari Komik Marvel Hingga Game Online RPG Korea

Mendengar kata “Ragnarok” belakangan ini mungkin akan membuat bro sis langsung teringat dengan film “Thor: Ragnaro.. more

My Happiest Sadness – Dance With Me

My Happiest Sadness adalah Anthology yang bertema kebahagiaan kecil seseorang di tengah kesedihan yang dialaminya.. more