B.I IKON Hengkang dari Grup, YG Ent Disebut Sebagai Agensi yang Hanya Mementingkan Uang?

1 month ago
B.I iKon

Korea Selatan memang terkenal dengan musik dan tariannya. Aliran musik K-pop yang saat ini sangat digandrungi di mana-mana dan menjadi menjadi sebuah fenomena global. Di balik hingar-bingar dan mewahnya musik K-pop, tetap ada sesuatu yang harus dikorbankan. Apapun yang terjadi di dunia ini, entah itu rilisnya album musik baru ataupun skandal nasional, juga menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia.

Kalau musimnya boyband dan girlband di Korea Selatan sedang comeback atau merilis lagu baru, muncul deh kesempatan skandal ini untuk datang. Baru-baru ini ada berita yang gak mengenakkan dari salah satu musisi dan anggota grup Boyband ternama iKon, B.I.

Pria bernama asli Kim Han Bin ini adalah seorang rapper, penyanyi-penulis lagu, produser rekaman dan pemimpin dari grup idola pria, iKon yang bernaung di bawah manajemen YG Entertainment. Saat ini dia sedang comeback dengan duet di lagu terbaru Lee Hi – No One.

Buat yang penasaran ada apa antara sebenarnya dengan B.I yang membuat nama aslinya, Hanbin, menjadi nomor satu di trending topic dunia, inilah kronologi kasusnya yang tiba-tiba saja membuat para penggemar iKON dan K-Pop di seluruh dunia kaget.

Tersandung Skandal Narkoba, Hingga Mengundurkan Diri dari Grup dan Agensi

Pada 12 Juni kemarin, B.I mendadak tersandung kasus narkoba setelah Dispatch, salah satu media terbesar di Korea Selatan mengungkap chat lama antara B.I dengan seorang pengedar narkoba pada tahun 2016 lalu. B.I diduga kedapatan mencoba membeli ganja dan LSD. Tuduhan itu ditujukan padanya berdasarkan percakapan Kakao Talk antara B.I iKON dengan seseorang berinisial A yang diduga penjual narkotika. Gara-gara kasus ini, ia memutuskan keluar dari iKON dan YG Entertainment. Padahal dia sudah berada di agensi tersebut sejak tahun 2011.

Dilansir dari kapanlagi.com, dalam chat yang dirilis Dispatch, B.I bertanya pada A SOAL LSD (obat yang menyebabkan halusinasi). Sang idol bertanya apakah LSD punya efek yang kuat. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk memakai narkoba tapi terkendala karena mahal.

Isi Chat B.I dan Pengedar Narkoba yang Diungkapkan oleh Dispatch

B.I iKon_Chat
Sumber: Dispatch Korea

B.I: Kalau ada satu hal yang ingin kulakukan dalam hidupku adalah itu (memakai narkoba). Aku ingin mengonsumsinya setiap hari tapi ini mahal sekali.

B.I: Tapi aku bisa dengan LSD? Apalah halusinasinya akan terlihat jelas?

Dalam percakapan lainnya terlihat B.I yang meminta diskon. Pasalya, dia berniat membeli narkoba yang bernilai hingga belasan juta Rupiah.

B.I: F**k. Aku berpikir… Apakah aku harus membeli 10 atau langsung 1 juta Won (Rp 12 juta).
A: Jika kamu membeli 1 juta won hanya dapat 6. 10 harganya 1,5 juta Won (Rp 18,1 juta).
B.I: Itu mahal sekali hehe. Apakah tidak ada diskon untuk pembelian banyak?

Di akhir percakapan terlihat B.I siap membeli narkoba setelah kembali ke Korea.

B.I: Iya mengerti, ini bisa jadi berbahaya, aku akan langsung menghapusnya.
A: Hahaha
B.I: Aku akan menghapus ini karena aku pengecut, hahaha. Aku di Makau.
B.I: Aku akan kembali ke Korea Sabtu, jadi berapa banyak yang bisa aku beli darimu?

Setelah berita itu terbit, B.I pun memberi konfirmasi dan meminta maaf lewat media sosial instagram. Untuk yang belum tau, pembelian dan konsumsi obat-obatan terlarang adalah pelanggaran serius di Korea Selatan dan dapat dijatuhi hukuman hingga lima tahun penjara. Selebriti yang tertangkap sering diarak di depan media nasional untuk tur permintaan maaf.

Pengakuan dan Ungkapan Maaf dari B.I

B.I iKon_Permintaan Maaf
Sumber: instagram.com

Dalam instagram pribadinya, @shxxbi131, terkait isu narkoba yang menyeret namanya. B.I menyampaikan permintaan maaf pada member iKON dan penggemarnya karena telah terlibat dalam kasus narkoba. Pria berusia 22 tahun ini mengaku memang berniat membeli narkoba saat itu karena kesusahan dan tengah dalam masa sulit. Namun, ia mengurungkan niatnya karena merasa takut.

Penjelasan dari YG Entertainment

YG entertainment selaku agensi yang menaungi B.I pun membenarkan kasus ini. Hal itu disampaikan YG Entertinment dalam pernyataan tertulis mereka.

Kami menundukkan kepala dan meminta maaf karena mengecewakan semua orang dengan masalah artis kami Kim Han Bin. Dia merasa sangat bertanggung jawab karena dampak dari masalah ini. Mengambil masalah ini dengan serius, ia telah memutuskan untuk meninggalkan tim dan mengakhiri kontrak eksklusifnya. Kami sangat menyadari tanggung jawab kami untuk mengelola artis agensi kami. Sekali lagi kami dengan tulus meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran.”

Lewat laporan eksklusif Dispatch, A yang diduga menjual narkoba pada B.I tersebut berhasil ditangkap pihak kepolisian. Namun, Dispatch mengklaim polisi tidak pernah berusaha memanggil atau menyelidiki B.I. A ditangkap pihak kepolisian pada Agustus 2016 di Seoul atas tuduhan transaksi narkoba. Saat menjalani penyelidikan, A mengaku ia telah mengantar 10 LSD untuk B.I di luar asrama iKon.

Yang Hyunsuk Disebut Menyuruh A Mengganti Kesaksian Tentang B.I

Selain itu, Dispatch melaporkan bahwa pengedar narkoba lain ‘C’, yang bekerja dengan ‘A”, memberi daftar lengkap pembelinya, termasuk salah satunya nama B.I. Tapi segera setelahnya, selama pemeriksaan ke-3, polisi mencatat bahwa A mengubah pernyataannya dan berpendapat bahwa dia tidak tau di mana B.I mendapatkan obat-obat terlarang. Ada pula yang menyebutkan bahwa A akhirnya hanya mengaku bahwa B.I hanya sempat bertanya, namun tidak jadi melakukan transaksi dengannya.

Dispatch percaya bahwa antara investigasi ke 1-2, ‘A’ dihubungi oleh YG entertainment. A menghadiri interogasi ke 1 dan 2 pada 22 Agustus 2016, namun karena penangkapannya tidak termasuk penahanan, dia pun dibebaskan selama seminggu, dia pun baru kembali diinterogasi pada 30 Agustus 2016. Sepertinya dalam seminggu, YG menyewa seorang pengacara untuk mewakili A dan merubah pernyataan A bahwa B.I tidak menggunakan narkoba. Polisi pun akhirnya mengakhiri penyelidikan mereka tanpa memanggil B.I.

B.I iKon_Kasus
Sumber: youtube.com

Namun, YG Entertainment pun menyangkal berita tersebut. Mereka menyebutkan Yang Hyun Suk hanya menemui A untuk mengecek kesaksiannya tentang B.I. Yang Hyun Suk tidak menekan atau meminta A untuk mengganti kesaksiannya atau bahkan menyewa pengacara.

Terkait laporan Dispatch, KBS mewawancarai seorang polisi yang terlibat dalam penyelidikan kasus tersebut. Polisi itu menyatakan pengacara A terlihat berbeda dari pengacara lainnya karena membaca setiap kata dari kesaksian yang dituturkan. Ia juga menyebutkan sikap A berbeda saat penyelidikan pertama kali dan setelahnya. Saat KBS mencoba menemui pengacara yang dimaksud, ia menolak untuk memberikan tanggapan.

Hingga saat ini, saham YG entertainment pun sudah turun hingga 4,05 %.

Petisi dari Para Penggemar agar B.I tidak Meninggalkan Grupnya

B.I iKon_Petisi
Sumber: change.org

Keputusan B.I untuk keluar dari iKON memukul para penggemarnya yang kerap disebut Ikonics. Para fans menggunakan berbagai cara untuk mengekspresikan perasannya dalam menanggapi insiden ini.

Salah satunya, dengan membuat petisi di situs Change.org. Petisi bertajuk “Hanbin Shouldn’t Have to Leave iKON” ini, bahkan mendapat dukungan dari warganet yang terbilang massif.

Dilansir dari liputan6.com, sampai kamis pagi ini sudah ada 554 ribu lebih warganet yang menandatangani petisi ini. Jumlahnya, juga bertambah dengan cepat.

Dihapus dari 3 Acara

Sebagai musisi terkenal, B.I memang sempat melakukan syuting untuk beberapa acara seperti Law of the Jungle, Grand Buda-Guest, dan Stage K. Perwakilan ketiga acara tersebut pun sudah memberikan pernyataan soal penampilan B.I di program mereka.

Ketiga acara tersebut memutuskan sepakat untuk menghapus dan mengedit scene B.I dari episode yang sudah maupun yang akan tayang.

Update Terbaru: Sempat Menghilang Selama Beberapa Jam, Staff Menemukan Hanbin Menangis di Sungai Han

B.I iKon_Trending Topic
Sumber: twitter.com

Dilansir dari twitter @heeijeei1106_ , B.I dikabarkan sempat hilang kontak selama beberapa jam. Staf pun menemukan Hanbin menangis keras di Sungai Han. Staf menemukan Hanbin sedang berada di dua lokasi, yang pertama di stasiun Hapjeong dan kedua di sungai Han. Staf mengatakan Hanbin melamun dengan tatapan mata kosong dan banyak menangis.

Menurut pengakuan para penggemar yang melihatnya, para penggemar tidak kuasa untuk mendekati B.I dan sengaja memberinya ruang sendiri. Fans pun menjaga B.I dari jauh, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya kita tidak mau ada “Jonghyun” lainnya kan?

Kelamnya Industri Musik, Drama, Film dan Model di Korea Selatan

B.I iKon_Comeback Duet
Sumber: youtube.com

Sebagai fans K-pop, sebenarnya masalah skandal apapun itu, termasuk narkoba bukan lagi hal aneh. Ketenaran, hidup penuh kemewahan, dan dicintai banyak orang adalah beberapa keuntungan yang didapat dengan terjun ke dunia musik K-Pop. Karena keindahan-keindahan yang terlihat dari luar itu, banyak orang Korea Selatan yang berlomba-lomba menjadi salah satu idol.

Namun dibalik kemewahan tersebut, seorang idola di Korea Selatan memang dituntut untuk menjadi sempurna. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh bagi para penggemar. Mereka pun dituntut untuk bisa memuaskan ekspetasi para penggemar yang ada. Bahkan juga bisa membuat para idol depresi hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Banyak sekali kasus para idol yang terjerat narkoba, misalnya saja dari rekan seagensi B.I, G-dragon dan T.O.P Bigbang. GD pernah terjerat kasus yang sama pada tahun 2011, dia diketahui mengisap rokok ganja usai menggelar konser di Jepang. Hal yang sama juga menjerat T.O.P pada tahun 2017, dia terbukti mengonsumsi ganja setelah hasil tes sampel pada rambutnya menyebutkan positif. Rapper Big Bang ini mengisap ganja di kediamannya di Yongsan, Seoul, sebanyak 3 kali.

Hal ini bukan semata karena mereka mempunyai sifat tidak baik, namun rasa frustasi justru menjadi hal yang utama. Persaingan antar idola maupun grup, kegiatan promosi yang cukup padat, tuntutan dari agensi, hingga komentar dari para haters juga menjadi kekhawatiran yang cukup besar. Mau tidak mau, taruhannya adalah nama. Apakah selamanya mereka bisa terkenal, atau justru harus mundur dari industri ini?

Banyak hal yang harus dialami oleh seseorang agar dapat diterima di industri Korea Selatan. Menjadi budak dari kontrak kerja yang panjangnya bukan main, pelecehan, pemaksaan untuk melakukan operasi plastik, anti fans, diet, tetap bekerja dengan jam kerja yang padat disaat sakit. Semua seakan sudah menjadi resiko yang harus ditanggung.

Tidak heran sejak musik, film dan drama TV Korea merambah Asia pada akhir 1990an, beberapa bakat muda Korea Selatan telah meninggal dunia akibat bunuh diri. Banyak yang meninggalkan catatan dan bercerita tentang betapa bahayanya kehidupan dalam industri ini.

Dalam kasus B.I bahkan terdengar rumor bahwa kasus B.I sebenernya tidak terlalu besar namun sengaja di blow up agar kasus Burning Sun tidak lagi dibahas. Seperti yang kita tau, beberapa bulan lalu Seungri member dari Big Bang terjerat kasus Burning Sun. Kasus yang melibat banyak pejabat, mafia dan termasuk didalamnya Yang Hyunsuk selaku CEO dari YG entertainment. Keputusan B.I yang dibilang cukup cepat untuk keluar dari grup di anggap aneh. Pasalnya GD yang ketahuan memakai narkoba saja masih bisa diterima masyarakat, begitupun Seungri. Tidak ada pernyataan bahwa mereka keluar dari grup dan agensi.

Namun kenapa bagi B.I semua semudah itu? Padahal dia sedang ada di masa comeback bersama Lee Hi.

Yah, terlepas dari apakah B.I menggunakan narkoba atau tidak, mungkin memang YG entertainment harusnya tidak semudah itu melepas B.I. Atau memang benar, YG entertainment tidak mementingkan attitude dan hanya skill bagi para artisnya? Atau memang YG entertainment hanya peduli pada keuntungan yang mereka dapatkan?

Pasalnya menurut sebagian fans, setelah kasus Seungri dan Burning Sun yang meluas di mana-mana, YG entertainment berusaha untuk membuat BlackPink bekerja keras dengan promosi di mana-mana, melakukan konser, mengambil iklan, demi tetap meraih keuntungan tanpa melihat kesehatan para artisnya.

Kalau menurut kalian sendiri bagaimana? Yuk, berikan komentar dibawah.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Preview Anime Musim Panas 2018: Lord of Vermilion

Game Lord of Vermilion sudah rilis dalam berbagai versi dan sekuel, mulai dari Lord of Vermilion II, Lord of Vermilion R.. more

(channelawesome.com)

Sailor Moon 25 Tahun yang Lalu

Tahun ini Sailor Moon udah berumur 25 tahun loh! Anime yang diadaptasi dari serial manga ini menjadi salah satu anime pa.. more

Sumber: inverse.com

Film Terbaru Will Smith yang Berjudul Bright Akhirnya Rilis di Netflix!

Film bergenre fantasy-action terbaru keluaran Netflix berjudul “Bright” mendapat kritik kurang bagus oleh penonton. .. more

Selain Aksi Ant-Man, Film Pilihan Bulan Juli Juga Menampilkan Tom Cruise!

Memasuki akhir bulan, film penutup bulan Juni pun menampilkan aksi efik Benicio Del Toro dan Josh Brolin dalam film Sica.. more

Hebohnya Aksi Silat Si Juned Jagoan Slebor

Juned berambisi untuk jadi jawara demi meminang Latifah. Tapi aksinya justru bikin warga heboh? Ikuti di komik Juned Jag.. more