Bagaimana Cara Eiichiro Oda Tetap Mengenali Para Karakter Lama Ciptaannya Di One Piece?

7 months ago
(Sumber: OtakuKart)

Jika kamu adalah seorang mangaka alias pengarang satu komik super populer yang rutin menerbitkan chapter demi chapter sejak 1997 (yang artinya Anda sudah berkarya lebih dari dua dekade), maka beberapa hal yang sangat masuk akal untuk terjadi pada kalian adalah: kebosanan, kebingungan, atau malah semangat positif karena kamu tahu karyamu begitu disukai banyak fans di berbagai tempat di dunia.

Eiichiro Oda, mangaka kelas atas dan super elite dari Jepang dengan karyanya “One Piece” mungkin setuju dengan statement itu.

Mangaka papan atas Jepang. (Sumber: PixNet)

Mangaka papan atas Jepang. (Sumber: PixNet)

Berbagi posisi sebagai yang terbesar dari Jepang bersama franchise populer lainnya “Dragon Ball”, One Piece menembus batas nasib kebanyakan manga dan anime Jepang. Tidak seperti Bleach yang kesulitan menjaga ritme dan aliran cerita, One Piece mampu mengatasi hal-hal yang menghantui manga yang sudah berumur ratusan chapter. One Piece sendiri sudah memiliki ratusan (ribuan?) nama karakter, segala bentuk tubuh (mulai dari yang super seksi hingga super absurd) berbagai jenis sejak manga ini mulai terbit di tahun 1997.

Desain di One Piece sering tidak orthodox. (Sumber: AminoApps)

Desain di One Piece sering tidak orthodox. (Sumber: AminoApps)

Untuk para fans lama dan loyal Eiichiro Oda, hal ini selalu menarik dan menimbulkan pertanyaan “bagaimana sih cara Odacchi mengingat mereka semua yang jumlahnya begitu banyak?”

Dalam wawancara terkini Oda dengan majalah Weekly Shonen Jump (di mana Once Piece dimuat secara bersambung disana), Oda memberikan jawaban yang cukup mengherankan. Eiichiro Oda mengaku kalau dia sering melupakan karakter-karakter yang dia ciptakan di One Piece seiring waktu berjalan.

“Terkadang memang direncanakan, dan di waktu lainnya tidak direncanakan sama sekali. Malah kadang karakter yang sudah terlupakan oleh saya bisa saja tiba-tiba nongol lagi di dalam cerita maupun art One Piece” terang Oda saat ditanya bagaimana cara dia mengingat bentuk serta penampilan karakter-karakter sampingan hingga perencanaan untuk mereka agar muncul lagi di dalam cerita selepas ‘ditinggalkan’ oleh Mugiwara Crew bertualang.

Belum mati artinya mungkin akan kembali? (Sumber: SiliconEra)

Belum mati artinya mungkin akan kembali? (Sumber: SiliconEra)

Walau sedikit mengejutkan dan mengherankan namun sepertinya Eiichiro Oda malah menyukai cara kerja dia dalam membuat One Piece ini.

“Semakin jauh arc cerita yang terjadi di One Piece, maka semakin banyak pula karakter-karakter yang muncul. Tapi satu hal yang mungkin membedakan One Piece dari judul lain adalah musuh-musuh yang sudah kalah biasanya masih hidup sehingga saya menjaga kemungkinan untuk mereka muncul lagi entah kapan atau dimana. Semua karakter punya kesempatan untuk muncul kembali” sambung Oda.

(Spoiler alert: Coba saja katakan itu pada Portgas D. Ace , Odacchi!)

Sumber: OtakuKart

Sumber: OtakuKart

Roster karakter yang luar biasa banyak dengan penampilan serta bentuk ukuran tubuh yang berbeda-beda, mungkin memang jadi salah satu daya tarik One Piece di mata fans. Dan karakter-karakter ini punya storyline maupun kehidupan mereka sendiri-sendiri sebelum, saat maupun setelah bertemu dengan Luffy Si Topi Jerami dan anak buah kapalnya.

Buat fans, dunia di One Piece serasa sebuah dunia asli dengan kerumitan dan keseruan yang tidak pernah berhenti.

Oda tidak terlalu kuatir soal kemungkinan dia lupa atau tidak mengenali karakter-karakter ciptaannya sendiri di One Piece. Selain adanya team editor dan asisten di Shonen Jump yang akan membantu mengingatkan, ada pula barisan fans loyal juga sering berinteraksi dengan dia lewat segment “SBS” alias Shitsumon o Boshi Suru / Silakan Bertanya Sepuasnya / I’m Taking Question yang sudah dimulai sejak buku volume 4. Melalui SBS mereka terkadang mengingatkan serta bertanya akan karakter-karakter dari arc sebelumnya.

SBS One Piece. (Sumber: One Piece Wikia)

SBS One Piece. (Sumber: One Piece Wikia)

Di wawancara tadi Eiichiro Oda juga sedikit memberikan ‘bocoran’ tentang One Piece terkini menjelang event tahunan Shueisha’s Jump Festa 2018. Pertama adalah kemunculan Wano Kuni/Country yang akan lebih cepat dari dugaan banyak pihak, serta kehadiran musuh dari tokoh legendaris di dunia One Piece yang kuat banget! Saking kuatnya, pertempuran di Marineford tempo hari akan kelihatan tidak ada apa-apanya. Dan ada pula nanti informasi terbaru soal live action One Piece, yang bercerita dari awal kisah Luffy. Lokasi cerita akan berada di East Blue.

Manga One Piece masih dimuat secara bersambung di majalah manga terbitan Shueisha, Weekly Shonen Jump. Animenya sendiri juga sedang diputar teratur setiap minggu di TV Jepang, dan saat ini ada di arcWhole Cake Island”.

Arc terkini TV Anime One Piece. (Sumber: One Piece Wikia)

Arc terkini TV Anime One Piece. (Sumber: One Piece Wikia)

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Rekomendasi Komik Webtoon dengan Genre Romantis yang Harus Kamu Baca!

Berikut deretan rekomentasi komik webtoon yang romantis!.. more

Sumber: Bubbleblabber

[Review] The Reflection: Anime Original Kedua Karya Stan Lee

The Reflection nampak siap mengekor kesuksesan Karakuridoji Ultimo serta Heroman, sebagai IP original yang disiapkan den.. more

00-d-fifa-19

FIFA Battle Royale? Mode Baru FIFA 19 Ini Bikin Beda Dari PES!

FIFA 19 kini punya mode game yang memungkinkan gamer bermain tanpa wasit, hingga sistem skor ala basket. Ada mode Battle.. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more

Thunderbolt-banner

Thunderbolt Fantasy, Pertunjukan Boneka Tangan Dikemas Dengan Ciri Khas Layaknya Sebuah Anime

Thunderbolt Fantasy adalah sebuah pertunjukan aksi boneka tangan hasil kolaborasi antara Nitroplus, Good Smile Company d.. more