Komik Lieur Ungkap Style Kumaha Urang-nya di Bandung Hallowland

2 years ago
00-d-bandung-hallowland-talkshow

Semakin hari, semakin banyak komik Indonesia yang terbit setiap harinya. Mau nggak mau, para author harus bersaing untuk menyajikan cerita yang menarik dan gambar yang memukau. Agar bisa selangkah lebih maju, para author harus memiliki style yang unik dari segi narasi dan visual. Namun, bagaimana caranya untuk menemukan style unik yang beda dari orang lain?

bandung hallowland

Sumber: CIAYO Pictures

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, empat komikus membuka rahasia komik mereka di talkshow “Karya Urang Kumaha Urang.” Talkshow yang diadakan di acara Bandung Hallowland ini menampilkan empat komikus populer. Mereka adalah author Komik Lieur Sagus, author GHOSTY’s Comic Fajar Ghosty, author Risa Comics Excel Coananda, dan author Infernum dan dosen DKV Unikom Camsterkicks.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Sepanjang sesi talkshow pada tanggal 4 November 2018 lalu di teater tertutup Dago Tea House Bandung, keempat narasumber membeberkan cerita bagaimana mereka mulai berkiprah di dunia komik. Sagus misalnya, dimana ia termotivasi untuk menggambar dengan lebih serius dan niat agar bisa dipuji gurunya. Lain lagi dengan Fajar, yang menjaga style karakternya sejak masih menggambar di kertas binder sewaktu masih SMP.

Baca Juga: Bercanda Bareng Somad dan Teman-Teman di Komik Lieur

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Para author pun memberikan tips dan trik untuk bisa mengekspresikan diri dengan bebas menggunakan media komik. Salah satu caranya adalah percaya diri dengan kemampuan yang ada dan memaksimalkan yang saat ini sudah dimiliki. Salah satu contohnya adalah Fajar dan Excel, yang meskipun kemampuan ilustrasi mereka terbatas, namun bisa menciptakan narasi yang engage dengan para pembacanya. Saat ini, komik mereka telah dibaca puluhan ribu followers setiap harinya.

Para author juga membagikan tips dan trik untuk menggaet pembaca. Karena semua author besar dari sosial media, mereka semua memberikan kiat-kiat memaksimalkan jangkauan pembaca di Facebook hingga Instagram.

Baca Juga: Lingkarya Moesia dan Author CIAYO Comics Hadir di Bandung

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Apa kamu sempat menonton talkshow mereka di event Bandung Hallowland? Mana author komik yang membuatmu paling terkesan? Jangan lupa kalau CIAYO Comics juga punya berbagai komik dengan style unik, yang bisa kamu baca dengan mengklik gambar di bawah.

Banner Komik Komedi

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: www.allkpop.cpm

Kata Siapa Korea Selatan Cuma Punya Girlband yang Bisa Lipsync? Ada Juga Loh, Soloist yang Bertalenta!

Korea Selatan memang terkenal dengan boyband dan girlband-nya. Tapi di balik itu, Korea Selatan juga punya loh soloist w.. more

Siap-siap, Komik Terbaru Vandaria Saga “Red Deimos” Akan Diluncurkan

Komik terbaru dari seri Vandaria Saga akan segera diluncurkan di CIAYO Comics. Dengan judulnya yaitu Red Deimos, komik i.. more

Sumber gambar: wareable.com

Smartwatch: Masihkah Mereka Relevan Untuk Dibeli?

Masihkah mereka relevan untuk dibeli saat ini?.. more

Review Pirates of the Caribbean Salazar’s Revenge: Apakah Bisa Mengalahkan Sekuel Sebelumnya? (SPOILER ALERT!)

Akhirnya setelah 6 tahun ditunggu-tunggu, film populer besutan Disney, Pirates of Caribbean merilis seri kelimanya, yait.. more