Batman Ninja, Manusia Kelelawar dalam Balutan Samurai

2 weeks ago
sumber: www.sideshowtoy.com

“Batman Ninja” merupakan contoh baik bagi DC Comic untuk membawa salah satu karakter pahlawan super mereka ke dalam jangkauan yang tidak pernah diduga oleh penonton. Mulai dari tampilan animasi, gaya pertarungan, sampai pada konflik cerita yang dibangun, semuanya tersaji dengan sempurna dan sangat membekas dibenak penonton. Saya bisa katakan “Batman Ninja” menjadi salah satu masterpiece dari sekian banyak film animasi DC selama ini.

Nuansa anime Jepang sangat terasa  kental dalam film ini. Mulai dari detail langit, dedaunan yang menjadi lanskap, desain karakter dan kostum, hingga senjata yang digunakan, terasa sangat identik dengan film-film anime. Hal ini bukanlah sebuah kebetulan, sebab Takashi Okazaki selaku perancang utama film ini merupakan pencipta serial manga berjudul “Afro Samurai”.

sumber: japantoday.com

sumber: japantoday.com

Kita semua tahu bagaimana animasi yang ada di dalam anime bekerja untuk beberapa adegan aksi. Pergerakan karakter pasti akan terlihat sangat dinamis, pertarungan akan jadi sangat cepat dengan sudut gambar yang terkadang “mustahil” terjadi pada film-film DC pada umumnya. Kemustahilan yang saya maksud di sini tidak akan membuat kalian terganggu tentunya, apalagi jika kalian merupakan seorang penikmat anime. Hal ini malah membuat koreografi pertarungan terlihat lebih segar dan keren. Pastinya.

Anomali berpindahnya setting Batman dari Gotham menuju Jepang di zaman samurai, bermula pada kerusakan mesin waktu oleh Gorilla Grood yang ada di Arkham Asyulm. Parahnya perpindahan setting ini ke waktu yang sangat jauh membuat “Batman” harus merelakan bermacam gedget andalannya. Tapi jangan berkecil hati sebab tanpa gadget canggih pun, ternyata Batman bisa tampil begitu hebat.

sumber: getyourcomicon.co.uk

sumber: getyourcomicon.co.uk

Secara garis besar, film ini punya misi sederhana, yaitu; Batman bersama rekan-rekannya harus menangkap kembali Joker dan para narapidanan Arkham, lalu membawa mereka kembali ke waktu yang sebenarnya di Gotham. Premis sederhana ini ternyata dikemas oleh Okazaki menjadi lebih rumit dengan menitikberatkan kemampuan yang dimiliki Batman dalam memecahkan masalah rumit dengan situasi penuh tekanan. Berawal dari misi penangkapan Joker dan kawan-kawan, menjadi misi penyelamatan Jepang di masa lalu dari pergeseran sejarah akibat ulah para penjahat di abad 21 yang gila.

Budaya Jepang mulai dari jenis bangunan, corak dan simbol yang tersebar, hingga pada budaya samurai, di tampilkan tanpa harus mengubah  image Batman. Seperti mengapa Batman harus menggunakan katana dan menyelinap khas ninja-ninja Jepang dibuat dengan alasan yang kuat.

sumber: highsnobiety.com

sumber: highsnobiety.com

Kemampuan Batman dalam memainkan katana sama hebatnya dengan Joker, dan semua aspek baru juga tampil pada sosok Joker yang kita kenal selama ini. Ada banyak kejutan dan hal menyegarkan yang akan membuat kalian semua terkagum-kagum saat menyaksikan “Batman Ninja”, bahkan saya sendiri berkali-kali ingin menekan tombol pause hanya untuk melihat detail dari semua ruang lingkup yang tampil dalam setiap frame film ini.

Kehadiran Joker tidak akan seru jika tidak dibarengi dengan kemunculan tahanan lain yang ada di Arkham. Dalam “Batman Ninja”, karakter seperti Potion Ivy, Deathstroke, Penguin, Two-Face, dan tidak tertinggal Gorilla Grood yang menjadi dalang awal perpindahan setting film ini, tampil dengan sangat menghibur.

sumber: nextshark.com

sumber: nextshark.com

Demikian juga hal ini berlaku pada Batman yang akan menegakkan keadilan bersama rekan-rekannya seperti Catwoman, Robin, dan Nightwing. Saya rasa pertarungan megah ini terlihat cukup setara walau sepanjang film sangat terlihat usaha Batman yang lebih keras daripada apa yang pernah kita lihat pada film-film sebelumnya.

Dan pada bagian akhir, film ini berhasil menyuguhkan keseruan yang sempurna yang pastinya membuat para penonton terpesona dan mungkin saja berencana untuk menontonnya ulang. Saya rasa DC Comic bisa menjadikan film ini sebagai pertimbangan yang bagus untuk mengangkat cerita-cerita baru dengan gaya lebih segar pada film-film DC yang lain.

sumber: www.imdb.com

sumber: www.imdb.com

Untuk saat ini “Batman Ninja” tersedia dalam bentuk Blu-ray dan DVD. Sebagai penggemar Batman, saya rasa tidak ada salahnya membeli film ini dan menikmati keseruan dengan kualitas yang memang sangat bagus. Karena “Batman Ninja” termasuk sebuah masterpiece, maka menjadikannya koleksi adalah hal yang tidak rugi untuk dilakukan.

Apa kalian penasaran dengan film Batman yang satu ini?

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber: budnews.hu 

On Body and Soul: Keberutalan Rumah Jagal dengan Sentuhan Kisah Romansa yang Lembut

Menonton “On Body and Soul” membuat kita merasa bahwa Ildiko Enyedi punya kombinasi elemen yang sering kali ditemui .. more

Sumber: Screen Rant

Joaquin Phoenix Jadi Joker Baru? Dapatkah Ia Melampaui Performa Gokil Heath Ledger di The Dark Knight?

Bro sis sudah mendengar kabar mengenai aktor berbakat, Joaquin Phoenix (The Master)? Kabarnya, ia digadang-gadang akan m.. more

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

Karakter Anime Menjadi Maskot Bank di Indonesia!

Indonesia kedatangan karakter maskot dari Jepang. Maskot J Trust Bank di Indonesia adalah grup idol MOE, yang bekerja sa.. more

Ingin Mengkritik Sebuah Karya dengan Baik dan Benar? Ikuti 5 Tips Kritik Objektif Berikut Ini!

Memberi kritik serampangan dapat melukai perasaan orang lain. Berikut adalah tips memberi kritik secara objektif... more