Beberapa Tontonan Keluarga Menyambut Musim Liburan Natal. Yang ke-5 Bikin Nostalgia!

5 months ago
Suasana Natal. Sumber gambar: southernliving.com

Desember sudah tiba, musim liburan internasional seperti Natal dan Tahun Baru sebentar lagi akan menghampiri.

Di banyak negara, musim ini biasa diikuti dengan turunnya salju, belanja, pohon cemara (mulai dari yang setinggi orang dewasa hingga setinggi mall), Santa Claus (tokoh yang identik dengan perayaan Natal di berbagai belahan dunia), hingga adanya film-film yang ditujukan untuk menyemarakkan situasi Natal.

Walau tidak selalu diproduksi setiap tahun, namun film-film bernuansa Natal selalu ada memenuhi dunia sinema dari Hollywood. Mulai dari yang memang murni merupakan film keluarga bertema Natal hingga film yang secara “kebetulan” membawa Spirit of Christmas di dalamnya.

Berikut beberapa film bernuansa Natal yang asik dan seru untuk ditonton beramai-ramai sambil berkumpul bersama orang-orang terkasih bro sis.

Die Hard (1988)

Walau saya tidak merayakan Natal tapi buat saya film bernuansa Natal ini seru banget untuk ditonton kapan saja. Karena memiliki Rating R alias dewasa, film ini tentu tidak ditujukan untuk anak-anak dibawah usia 18 tahun. Film yang dibintangi Bruce Willis ini melambungkan namanya ke jajaran aktor AAA Hollywood hingga sekarang. Die Hard bercerita tentang polisi yang terjebak di gedung Nakatomi Plaza tempat pesta Natal kantor istrinya berlangsung. Gedung itu dikuasai teroris yang bermaksud merampok dana 600 juta dollar yang ada disana. Film ini juga dibintangi oleh Alan Rickman, yang di film Harry Potter berperan sebagai Severus Snape (tokoh favorit saya juga hehehe).

Saya sudah lupa berapa kali saya nonton film ini. Sumber gambar: buzzfeed.com

Saya sudah lupa berapa kali saya nonton film ini. Sumber gambar: buzzfeed.com

Tokyo Godfathers (2003)

Jepang juga punya film bernuansa Natal, dan dalam bentuk animasi yang indah. Disutradarai oleh sineas anime terkenal, mendiang Satoshi Kon yang populer dengan karyanya seperti Perfect Blue (1997) & Millennium Actress (2001), Tokyo Godfathers bercerita tentang tiga gelandangan tunawisma di Shinjuku Tokyo yang menemukan sesosok anak bayi yang ditelantarkan di malam Natal. Drama ini bagus banget dan sarat pesan moral.

Film animasi Jepang dengan suasana Natal. Sumber gambar: animebooks.com

Film animasi Jepang dengan suasana Natal. Sumber gambar: animebooks.com

The Nightmare Before Christmas (1993)

At some point bro sis mungkin sudah pernah nonton ini, bahkan jika bro sis tidak merayakan Natal. Diproduseri oleh sutradara nyentrik Tim Burton (sutradara film ini adalah Henry Selick), film animasi dengan format ‘stop-motion’ ini membawa suasana Natal yang dikemas secara ‘horor’. Rencana Jack Skellngton, boss Halloween Town yang mau menculik ‘Sandy Claws’ alias Santa Claus merupakan salah satu kisah Natal komikal yang dikemas dalam suasana suram.

Film animasi stop-motion keren. Sumber gambar: movies.disney.com

Film animasi stop-motion keren. Sumber gambar: movies.disney.com

Elf (2003)

Film Natal bernuansa komedi ini gokil banget. Menceritakan seorang bayi yang secara tidak sengaja terbawa oleh Santa Claus ke Kutub Utara dan tinggal bersama para elf alias kurcaci yang bekerja membuat mainan untuk Santa Claus. Will Ferrell, yang memang merupakan aktor komedi, berperan bagus sebagai elf yang ternyata merupakan manusia. Review bagus dan keuntungan tinggi diraih oleh film ini (menghasilkan $ 220.4 juta dari modal hanya $ 33 juta saja).

Film komedi keluarga bernuansa Natal. Sumber gambar: imdb.com

Film komedi keluarga bernuansa Natal. Sumber gambar: imdb.com

Miracle on 34th Street (1947 | Di-Remake 1994)

Film klasik tentang Spirits of Christmas ini bercerita tentang seorang pria yang mengaku sebagai Santa Claus yang asli tapi tidak ada yang mempercayainya. Versi 1947 diakui banyak pihak sebagai salah satu film Natal terbaik yang pernah diciptakan, walau versi 1994 juga tidak buruk-buruk amat di mata kritikus (mungkin karena pengaruh elemen modern yang dulu tidak ada di versi sebelumnya?). Akting Sir Richard Attenborough di film versi 1994 juga menuai pujian. Layak ditonton bersama keluarga karena rating film ini adalah Semua Umur.

Saat keajaiban Natal jadi nyata. Sumber gambar: walmart.com

Saat keajaiban Natal jadi nyata. Sumber gambar: walmart.com

The Polar Express (2004)

Film 3D CGI ini dibuat berdasarkan buku cerita anak-anak berjudul sama karangan Chris Van Allsburg, yang merupakan pengarang buku “Jumanji” (juga dijadikan film). The Polar Express bercerita tentang seorang bocah laki-laki yang mulai mempertanyakan eksistensi Santa Claus, dan dia melihat kereta api “The Polar Express” yang akan segera berangkat ke Kutub Utara tempat Santa Claus berada. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks (memerankan hingga enam peran sekaligus) dan Tinashe (yang kini menjadi penyanyi pop terkenal).

Kereta api ajaib yang akan membawamu ke tempat Santa Claus. Sumber gambar: wikipedia.org

Kereta api ajaib yang akan membawamu ke tempat Santa Claus. Sumber gambar: wikipedia.org

Home Alone (1990)

Tidak bisa untuk tidak menyebut Home Alone jika membicarakan film Natal dari Hollywood. Film ini merupakan film klasik yang mencuatkan nama Macaulay Culkin ke level stardom pada masanya. Sayangnya Culkin tidak me-manage hidup dengan baik sehingga potensi dia menjadi superstar perfilman menjadi sia-sia. Home Alone bercerita tentang Kevin McCallister yang ketinggalan di rumah saat seluruh keluarganya hendak terbang pergi liburan Natal ke Paris, dan dia berjuang sendirian menghadapi dua maling rumah kosong dengan kecerdikan dan peralatan yang ada di rumahnya. Film ini sangat sukses hingga dibuat 2 sekuel; tapi sayang tidak sebagus film pertamanya.

Film klasik tentang suasana Natal. Sumber gambar: amazon.com

Film klasik tentang suasana Natal. Sumber gambar: amazon.com

Masih ada banyak lagi film dengan suasana Natal yang ada. Mungkin bro sis punya favorite sendiri? Bisa komen di bawah ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(japanesesearch.com)

Konsep Gacha dalam Mobile Game Online

Guys, pernahkah kalian bermain game gashapon? Sebenarnya di antara kalian pasti banyak yang udah pernah maen game ini, t.. more

Membalut Karakter (IP) Ke Dalam Kuliner

Di dalam bidang ekonomi kreatif, subsektor industri kuliner (makanan dan minuman) menempati posisi pertama dalam hal pen.. more

Sailor Moon Café Kembali Di Tahun 2017

Bishojo Senshi Sera Mun, 美少女戦士セーラームーン, atau dalam versi internasionalnya dulu lebih dikenal deng.. more

00 kreator idealis ddesktop

Bro Sis Kreator Idealis? No Problem! Tapi Baca Ini Dulu!

Tidak semua kreator memilih untuk mengikuti apa yang menjadi tren pasar. Latar belakang, prinsip, dan perspektif dari ti.. more

Sumber: comicbook.com

Bukannya Jadi Superhero, 8 Alternatif Batman Ini Malah Jadi Penjahat Kejam!

Mungkin bro sis sudah tahu kalau Batman merupakan salah satu superhero ikonik dan legendaris yang ada di DC Universe. Ta.. more