Begini Sulitnya Mencari Lokasi Untuk Setting Gundala

5 months ago
Joko Anwar berbagi suka-duka saat mencari lokasi setting Gundala. menurutnya lokasi dalam film merupakan lokasi asli (bukan set).

Jakarta, 4 September 2019 – Pendekatan realis yang ditampilkan di film ‘Gundala’ menjadi salah satu poin penting yang paling banyak dipuji penonton. Seperti kehendak Joko Anwar, film ‘Gundala’ memang terlihat akrab di masyarakat, penggunaan lokasi yang nyata menambah kedekatan tersebut.

Blogger Dian Restu Agustina mengatakan melalui akun Twitter-nya, “Senangnya nonton Gundala akan mendapati berbagai lokasi yg dekat dengan kehidupan keseharian masyarakat Indonesia. Jadi ada rumah petakan, pasar, pabrik, perlintasan kereta, pelabuhan…dan semua itu beneran, bukan di studio yang dibuat ala-ala.”

Rel kereta jadi salah satu setting Gundala yang ikonik. Sumber: Poplicist / Bumilangit
Rel kereta jadi salah satu setting Gundala yang ikonik. Sumber: Poplicist / Bumilangit

Colorist Marvel yang telah mengerjakan banyak komik Amerika Serikat, Sunny Gho ikut memberikan pujian. “Yang scout lokasi buat #Gundala siapa sih, pengen gw peluk kalo orangnya mau. Keren banget lokasi2nya. Semoga belum habis lokasi keren buat yang film2 selanjutnya,” cuitnya.

Demi membuat film yang keren, Joko Anwar dan tim pembuat film ‘Gundala’ bekerja keras untuk mencari lokasi. Diakui olehnya, lokasi adalah hal tersusah yang harus dihadapi dalam pembuatan film ‘Gundala’. Apalagi di Indonesia belum sering digunakan teknologi green screen untuk menghadirkan lokasi yang cocok demi cerita.

Baca Juga: Review Film Gundala: Harapan Baru Film Superhero Indonesia

Joko Anwar. Sumber: Poplicist / Bumilangit
Joko Anwar. Sumber: Poplicist / Bumilangit

Joko Anwar menyampaikan bahwa semua lokasi yang digunakan di Gundala adalah lokasi asli. “Rumah susun, stasiun kereta, percetakan, pasar tradisional, dan lain-lain. Memang demikian lah situasi asli Indonesia saat ini. Jadi setting-nya juga saat ini.”

Ia menambahkan,  “Paling seru waktu cari lokasi buat #Gundala karen harus real. Bukan saja supaya Gundala terlihat organik, tapi memang untuk syuting pake full green screen bujetnya gak nyampe (1/1000 Marvel DC) padahal enak tuh full AC, tapi harus bisa kita bikin walau ekstra energi.”

Shooting adegan intro. Sumber: Poplicist / Bumilangit
Shooting adegan intro. Sumber: Poplicist / Bumilangit

“Buat ngedapetin gambar yg bagus, sering banget kita pindah-pindah supaya penonton liat hasil terbaik. Misalnya adegan pasar: dalam pasar di Bogor, depan pasar di Tangerang, samping pasar di Jakarta Kota. Gapapa capek asal yg terbaik buat penonton,” cuitnya.

Satu lagi trivia darinya adalah, “Oiya. Lokasi rumah susun Sancaka kebetulan adalah rumah tempat saya tinggal beberapa waktu lalu. Dekat kamar rusun saya juga.”

Sumber: Poplicist / Bumilangit
Sumber: Poplicist / Bumilangit

Tonton Gundala yang sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia untuk melihat bagaimana kerennya Indonesia melalui sudut pandang yang berbeda. Sampai hari kelima ‘Gundala’ sudah ditonton lebih dari 800 ribu penonton. Bumilangit Studios, Screenplay Films bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideosource entertainment mempersembahkan film ‘Gundala’ yang mulai tayang dari 29 Agustus 2019.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Patung Black Panther Di Korea Selatan Dirusak Orang Mabuk!

Marvel menyumbangkan dua patung Black Panther untuk kota Busan. Belum lama berdiri, dua-duanya dirusak orang mabuk!.. more

COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas co.. more

ping pong club

Ping Pong Club Tarik Perhatian Lewat Album Retrospective

Band indie pop asal kota Bandung, Ping Pong Club, merilis album perdana mereka, Retrospective. Album ini berisi 7 lagu s.. more

The Nun - Cover (Sumber: screenweek)

Review Film The Nun, Kisah Spin Off atau Prekuel?

The Nun, mengungkapkan sosok Valak dalam The Conjuring 2... more

komik indonesia adaptasi novel

7 Komik Indonesia Adaptasi Novel Yang Wajib Kamu Tahu

Komik Indonesia bisa diadaptasi dari berbagai macam media, salah satunya adalah novel. Berikut adalah tujuh komik Indone.. more