Belajar Premis, Logline, dan Plot Point Lewat Film Populer

2 months ago
00-d-plot-point

Menciptakan cerita yang bagus butuh perencanaan yang matang dan tepat. Ini berlaku untuk semua media hiburan seperti film, serial TV, novel, hingga komik. Cerita tidak bisa serta merta ditulis secara impromptu/hari itu juga. Merencanakan plot cerita haruslah berdasarkan karakter, sifatnya, tujuannya, perkembangan apa yang ingin dicapai, dan lain sebagainya.

Karena itu, author harus menyiapkan premis, logline, dan plot point. Apa sih maksud dari ketiganya? Premis adalah satu kalimat yang menggambarkan inti keseluruhan dari cerita. Sementara itu, logline adalah satu paragraf yang menggambarkan keseluruhan cerita. Jadi intinya, premis dan logline menjelaskan sebuah cerita secara singkat; baik dari satu kalimat maupun satu paragraf.

Lalu, apa itu plot pointPlot Point adalah poin-poin yang menjelaskan momen penting dalam cerita, dari awal sampai akhir. Momen-momen ini menggerakkan cerita ke arah yang baru, yang nantinya akan selesai dalam ending yang sudah dijelaskan dalam premis atau logline.

plot point premis logline

Sumber: Damian Vargas

Menciptakan premis, logline, dan plot point akan lebih mudah jika kamu mulai dengan karakter dan motivasi/tujuan yang ingin diraih. Kemudian, kamu bisa membangun cerita dengan memberikan halangan dan rintangan yang mencegah karakter kamu memenuhi ambisinya. Sebagai ending, kamu bisa membuat kesimpulan apakah karakter kamu berhasil meraih impiannya atau tidak.

Untuk membuat plot point, sebuah cerita dibagi ke dalam 5 segmen untuk menjelaskan momen-momen penting. Setiap segmen menjelaskan elemen penting dalam cerita, dan memiliki nuansa dan ketegangan yang berbeda-beda.

Hmm, penasaran gimana caranya merancang premis, logline, dan plot point? Sebagai latihan, mari kita bedah berbagai film populer untuk mencari seperti apa premis, logline dan plot point yang mereka angkat!

Premis, Logline, dan Plot Point Harry Potter and the Philosopher Stone (Fantasy, Adventure)

Sebagai contoh pertama, mari kita mulai dengan film pertama dari serial Harry Potter. Harry Potter merupakan sebuah kisah petualangan fantasi nan heroik dengan world building yang sangat bagus, serta kisahnya yang deep namun mudah diikuti.

Nah, seperti apakah premis, logline, dan plot point dari film pertama Harry Potter?

Sumber: Grimsby Telegraph

Sumber: Grimsby Telegraph

Premis

“Harry Potter mendapat kesempatan untuk belajar sihir di Hogwarts, serta berjuang mencegah bangkitnya Lord Voldemort bersama teman-temannya.”

Kalimat singkat di atas merupakan premis. Meskipun hanya satu kalimat, premis menjelaskan garis besar dari sebuah cerita. Informasi yang disampaikan dalam premis haruslah yang penting dan signifikan terhadap cerita. Sebutkan karakter utamanya serta tujuan apa yang ingin mereka capai.

Logline

“Harry Potter diundang untuk belajar sihir di Hogwarts. Ia berteman dengan Ron Weasley dan Hermione Granger di asrama Gryffindor. Mereka belajar berbagai macam ilmu sihir serta olah raga Quidditch. Namun, mereka mendengar kabar bahwa Profesor Snape mencoba mencari Philosopher Stone untuk membangunkan Lord Voldemort. Harry dan kawan-kawan mencoba mencegah Snape, namun ternyata Profesor Quirrell yang sebenarnya mencari batu tersebut. Harry bertarung melawan Quirrell dan berhasil menang. Harry dan kawan-kawan akhirnya mendapat penghargaan dari kepala sekolah Dumbledore.”

Seperti yang bisa dilihat, premis tadi dikembangkan lagi menjadi logline yang panjangnya satu paragraf. Elemen yang ada dalam premis dilebarkan lagi dengan kejadian-kejadian penting. Nah, logline inilah yang nanti akan dipecah-pecah dan dikembangkan menjadi plot point. Seperti apa plot point itu?

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

“Harry dijemput oleh Hagrid untuk belajar sihir di Hogwarts. Mereka mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari tongkat sihir hingga peliharaan. Dalam perjalanan menuju Hogwarts, Harry berkenalan dengan Ron dan Hermione.”

Dalam bagian ini, dikenalkan sosok protagonis dan antagonis di kehidupan awal mereka. Kemudian, konflik antara protagonis dan antagonis tercipta, sehingga membuat kehidupan mereka berubah.

Plot Point – Lock In (Konflik)

“Harry, Ron dan Hermione masuk ke asrama Gryffindor. Mereka belajar berbagai macam ilmu sihir seperti mantra, ramuan, hingga teknik bela diri melawan sihir hitam. Harry juga masuk ke dalam tim olahraga Quidditch dan menjadi seorang pemain handal. Kehidupan Harry tidak begitu mulus karena harus berhadapan dengan rivalnya Draco Malfoy serta Profesor Snape yang nampaknya punya agenda tersembunyi.”

Dalam bagian ini, dijelaskanlah konflik yang harus dihadapi oleh protagonis untuk mewujudkan ending yang hendak dicapai. Di sini, jelaskan kehidupan protagonis dalam kehidupan barunya. Apakah ia menikmatinya? Apakah ia tersiksa dan harus berjuang? Bagaimana ia berusaha memenuhi tujuan yang ingin diraih?

Plot Point – Midpoint/Reveal

“Harry dan kawan-kawan mendapatkan informasi bahwa Profesor Snape mencoba mencari Philosopher Stone untuk menghidupkan Lord Voldemort. Mereka berusaha mencegahnya dengan melewati labirin serta jebakan di dalam gedung Hogwarts.”

Dalam bagian ini, protagonis telah mencapai titik tengah dari perjalanannya. Namun, di sini protagonis justru mendapatkan pencerahan atau tamparan, bahwa ternyata ada faktor yang tidak ia duga dalam mencapai tujuannya. Entah apakah protagonis ternyata masuk ke dalam jebakan, dikhianati oleh temannya, atau kehilangan seorang teman dan kekasih. Protagonis kemudian dihadapkan oleh pilihan sulit yang akan mempengaruhi tujuan akhirnya.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

“Harry dan kawan-kawan lebih dulu sampai di tempat Philosopher Stone, namun Profesor Snape ternyata melindungi Harry dan kawan-kawan dari Profesor Quirrell yang sebenarnya mencari batu tersebut. Lord Voldemort yang merasuki Quirrell mencoba membujuk Harry, dengan iming-iming akan menghidupkan kembali orang tuanya.”

Dalam bagian ini, cerita sudah memasuki momen klimaks atau penghabisan. Protagonis bertemu dengan antagonis terbesar dan terkuat yang belum pernah ia hadapi. Momen klimaks inilah yang menentukan apakah protagonis berhasil memenuhi tujuannya atau tidak.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

“Harry dan Profesor Quirrell bertarung, dan harry berhasil menang. Arwah Voldemort pun terbang dan menghilang. Atas aksi heroik mereka, Harry, Ron, dan Hermione mendapat penghargaan dari kepala sekolah Dumbledore.”

Dalam bagian ini, protagonis dihadapkan dengan hasil akhir perjuangannya, alias ending apa yang ingin kamu berikan kepadanya. Apakah protagonis berhasil mengalahkan antagonis dan mewujudkan tujuannya? Atau justru ia gagal? Atau malah, ia mendapatkan hasil akhir yang tak terduga? Bagian ending harus menampilkan perubahan sifat yang dihadapi protagonis dan karakter lainnya agar ending memiliki makna.


Sudah paham dengan contoh premis, logline, dan plot point di atas? Kalau begitu, mari kita latihan lagi dengan berbagai film lain dari genre-genre berbeda.

The Avengers (Action)

Sumber: Decent Films

Sumber: Decent Films

Premis

Kelompok superhero bumi harus bekerja sama melawan invasi alien yang dipimpin oleh Loki.

Logline

Loki menyiapkan rencana untuk menguasai bumi. Karena itu, Nick Fury mengumpulkan para superhero dan membentuk tim Avengers. Avengers berhasil menangkap Loki dan memenjarakannya, namun itu semua bagian dari taktik Loki untuk memecah belah Avengers. Loki lolos dan memanggil pasukan Chitauri untuk menguasai bumi. Avengers bersatu kembali untuk melindungi kota New York. Loki bisa dikalahkan, portal tertutup, dan Iron Man menghancurkan kapal Chitauri dengan bom nuklir.

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

Loki mencuci otak beberapa anggota SHIELD dan mencoba menggunakan Tesseract untuk mendatangkan alien Chitauri. Menyadari bahaya yang akan datang, Nick Fury mengumpulkan berbagai superhero yang ada di bumi seperti Iron Man, Captain America, Hulk, dan lain-lain.

Plot Point – Lock In (Konflik)

Avengers berhasil menangkap Loki dan memenjarakannya di Helicarrier. Namun ini semua bagian dari rencana Loki untuk memecah belah tim. Avengers dan Nick Fury berdebat tentang misi Loki serta Tesseract yang ia pegang, sementara pasukan Loki menyusup untuk membebaskannya.

Plot Point – Midpoint/Reveal

Loki berhasil lolos dan membuat Hulk mengamuk. Akibatnya, agen Coulson tewas. Nick Fury memotivasi para Avengers untuk bersatu. Sementara itu, Loki berhasil menggunakan Tesseract sehingga pasukan Chitauri datang ke bumi.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

Para Avengers bertarung untuk melindungi kota New York dan menyelamatkan warga kota. Kelompok kecil Avengers berhasil mencapai Tesseract dan mematikannya. Hulk juga mampu melumpuhkan Loki. Namun, portal masih terbuka dan ada bom nuklir yang melesat ke New York.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

Black Widow membukakan portal sampai Iron Man berhasil membelokkan bom nuklir ke arah portal. Pasukan Chitauri kini hancur akibat bom tersebut. Kekalahan mereka terdengar sampai ke telinga Thanos.


Ada Apa Dengan Cinta? (Drama/Romance)

Sumber: Hipwee

Sumber: Hipwee

Premis

Cinta yang merupakan gadis populer di sekolahnya harus memilih antara persahabatan dengan gengnya atau hubungan asmaranya dengan Rangga yang puitis.

Logline

Gadis populer Cinta kalah oleh Rangga dalam lomba puisi. Walau awalnya sebal dengan Rangga, Cinta lambat laun menyukai Rangga dan mereka berpacaran. Saking sukanya, Cinta justru mengabaikan teman-teman gengnya di saat yang penting. Saat temannya terkena musibah, Cinta memilih untuk mengusir Rangga, namun ia tak bisa membohongi perasaannya. Saat Cinta ingin meminta maaf, Rangga justru akan pindah ke luar negeri. Meski berpisah, keduanya berjanji akan bertemu kembali.

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

Cinta merupakan gadis SMA populer dan setia kepada teman-teman gengnya. Ia berjiwa seni tinggi, namun di satu lomba puisi ia kalah dari Rangga yang kurang populer. Cinta penasaran pada Rangga, namun Rangga yang cuek bebek membuatnya kesal.

Plot Point – Lock In (Konflik)

Setelah mengetahui kisah hidup Rangga yang cukup bermasalah, Cinta mulai melunak pada Rangga. Lambat laun, mereka berteman dan akhirnya menjadi kekasih. Cinta mulai suka berbohong pada temannya yang lain agar bisa menghabiskan waktu bersama Rangga. Hanya Alya yang mengetahui dan mendukung hubungan Cinta

Plot Point – Midpoint/Reveal

Saat Alya meminta pertolongan pada Cinta, ia justru mengabaikannya agar bisa berpacaran dengan Rangga. Tak lama, Cinta mengetahui Alya masuk rumah sakit karena mencoba bunuh diri. Menyadari semua kebohongan Cinta, teman gengnya yang lain mulai menjauhinya.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

Merasa bersalah, Cinta meminta maaf pada gengnya dan mulai menjauhi Rangga. Namun, Cinta tak bisa melupakan rasa sukanya pada Rangga. Setelah Alya mengungkap hubungan Cinta, teman geng lainnya pun merestui hubungan Cinta. Namun, Rangga memutuskan untuk pindah ke New York.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

Cinta mengejar Rangga sampai ke bandara, namun keputusan Rangga sudah bulat. Cinta dan rangga harus berpisah, namun mereka tetap akan berhubungan dan berjanji akan segera bertemu kembali.


Pengabdi Setan (Horror)

Sumber: Kincir

Sumber: Kincir

Premis

Kematian seorang ibu yang diduga merupakan penyembah setan membawa petaka bagi keluarga yang ditinggalnya.

Logline

Selepas ditinggal ibunya, keluarga Rini mendapatkan teror dari hantu yang mirip dengan sang ibu. Setelah mencari petunjuk, RIni mengetahui bahwa ibunya dulu merupakan penyembah setan. Teror mistis di rumah Rini semakin dahsyat, mereka bahkan didatangi penyembah setan lain. Ternyata hantu ibunya dan para pengabdi setan lain mengincar adik Rini yang merupakan titisan iblis. Gagal menyelamatkan adiknya, Rini dan keluarga hanya bisa pasrah dan melarikan diri.

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

Keluarga Rini tengah kesulitan dana mencari uang pengobatan ibunya, Mawarni. Mereka sibuk mencari uang dan bahkan harus menjual harta benda. Meski sudah berupaya, Mawarni akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan dengan bantuan pak ustad dan anaknya.

Plot Point – Lock In (Konflik)

Selepas Mawarni dimakamkan, hantu Mawarni diduga bergentayangan di rumah Rini dan membuat berbagai gangguan. Meski pak ustad sudah menyarankan untuk memperbanyak ibadah, namun hantu Mawarni tetap muncul. Karena ulahnya, nenek Rini kemudian turut meninggal setelah menulis surat.

Plot Point – Midpoint/Reveal

Rini mengantar surat nenek ke tujuannya, seorang teman bernama Budiman. Budiman mengungkapkan bahwa Mawarni mengabdi kepada setan agar bisa memiliki anak, dan anak terakhirnya yaitu Ian akan dijadikan tumbal untuk sekte pemuja setan.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

Gangguan supranatural di rumah Rini semakin menggila. Kini hantu nenek muncul dan mencoba mencelakai Ian. Kemudian para pengabdi setan muncul dan mengepung rumah Rini. Pak ustad dan anaknya mencoba menolong namun mereka semua mati.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

Terungkap bahwa Ian ternyata anak titisan iblis. Hantu nenek sebenarnya mencoba melindungi keluarga Rini dengan berusaha membunuh Ian. Ian akhirnya pergi bersama hantu Mawarni dan pengabdi setan, sementara keluarga Rini kabur ke dusun dengan bantuan Budiman.


Hot Fuzz (Comedy/Action/Thriller)

Sumber: Digital Spy

Sumber: Digital Spy

Premis

Seorang polisi teladan dipindah tugaskan ke kota yang damai, namun anehnya banyak orang yang meninggal karena “kecelakaan” di sana.

Logline

Opsir Nicholas Angel dipindah tugaskan ke kota Sandford yang damai. Namun, ia menduga tingkat kecelakaan yang tinggi di sana bukan sebuah kebetulan. Bersama opsir Danny Butterman ia mengungkap konspirasi dari anggota kerukunan warga yang membunuhi warga karena alasan konyol. Nicholas dan Danny, beserta polisi Sandford yang lain melawan para anggota kerukunan warga dan menangkap mereka.

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

Opsir Nicholas dari kepolisian London dipindah tugas karena prestasinya membuat rekan kerjanya terlihat payah. Ia kini ditugaskan di kota Sandford yang bebas dari tindak kriminal. Ia berteman dengan opsir Danny yang jadi rekannya.

Plot Point – Lock In (Konflik)

Meski Sandford kota yang damai, terdapat tingkat kecelakaan yang sangat tinggi. Nicholas menyimpulkan kecelakaan ini nampak “direncanakan” berdasarkan bukti, namun tak ada yang mempercayainya. Akhirnya Nicholas memutuskan untuk menyelidiki kasus ini sendirian.

Plot Point – Midpoint/Reveal

Nicholas menjadi target pembunuhan, namun ia berhasil lolos. Ia mampu membuktikan dugaannya, bahwa kecelakaan di kota sudah direncanakan oleh anggota kerukunan warga Sandford. Mereka membunuhi warga karena alasan yang konyol dan sangat sepele.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

Berkat bantuan Danny, Nicholas kabur dari kejaran warga. Namun ia memilih untuk kembali dan menegakkan kebenaran di kota Sandford. Terinspirasi aksi heroik Nicholas, Danny dan polisi lain turut membantunya.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

Seluruh penjahat berhasil ditangkap, namun satu orang lolos dan meledakkan kantor polisi. Nicholas, Danny, dan polisi lainnya berhasil selamat.


Rafathar (Comedy)

Sumber: BookMyShow

Sumber: BookMyShow

Premis

Dua penjahat menculik anak bayi milik pasangan selebriti, namun tak menyadari bahwa bayi itu memiliki kekuatan super.

Logline

Johnny Gold dan Popo Palupi menculik bayi milik pasangan selebriti untuk meminta tebusan. Namun ternyata bayi bernama Rafathar itu punya kekuatan super yang tak bisa dikendalikan. Rafathar membuat kekacauan di sekitar kota sebelum diculik oleh kelompok misterius. Johnny dan Popo kemudian mengetahui kenyataan di balik Rafathar, dan bekerja sama dengan polisi untuk mencegah Rafathar dijual sebagai senjata. Rafathar akhirnya dikembalikan ke orang tuanya sementara Johnny dan Popo hidup tenang di penjara.

Plot Point – Inciting Incident (Intro)

Demi mendapatkan uang, Johnny dan Popo masuk ke dalam rumah pasangan selebriti dan menculik bayi mereka yang bernama Rafathar. Yang tak mereka dan sang pasangan sadari, Rafathar memiliki kekuatan super yang tak terkendali. Johnny dan Popo kesulitan menenangkan Rafathar, namun aksi penculikan mereka berhasil.

Plot Point – Lock In (Konflik)

Kedua penculik mencoba mengurus Rafathar sampai mereka mendapat uang tebusan. Namun,

Rafathar membuat Johnny dan Popo kelabakan. Rafathar akhirnya kabur dan membuat kekacauan di kota Jakarta.

Plot Point – Midpoint/Reveal

Di tengah-tengah kekacauan, Rafathar diculik oleh kelompok misterius. Johnny dan Popo mendapatkan info bahwa Rafathar diciptakan oleh Profesor Bagyo untuk dijadikan senjata perang.

Plot Point – Main Culmination (Klimaks)

Johnny dan Popo bekerja sama dengan Detektif Juli untuk menyelamatkan Rafathar. Mereka menyusup ke laboratorium tempat Rafathar disekap dan berusaha menggagalkan penjualan Rafathar ke pihak militer.

Plot Point – Third Act Twist (Ending)

Rafathar berhasil meloloskan diri dan mengalahkan semua lawannya. Rafathar kembali kepada orang tua angkatnya, sementara Johnny dan Popo hidup tenang di penjara.


Itu dia berbagai contoh premis, plot point, serta logline dari berbagai film populer. Begitu sudah paham dengan polanya, kamu pastinya bisa menciptakan cerita yang oke dan terstruktur.

Kalau sudah demikian, coba deh diaplikasikan ke komik kamu dan jangan ragu untuk dikirimkan ke CIAYO Comics! Siapa tahu, komik online kamu yang bakal terbit selanjutnya di platform merah putih ini!

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

5 Hal yang Bisa Membuatmu Penasaran dan Menonton Film The Killing of a Sacred Deer

Bro sis ada yang sudah menonton film The Killing of a Sacred Deer? Bagi yang sudah menonton, kira-kira ada gak hal-hal m.. more

Toge Productions Berusaha Menembus Pasar Game Premium Indonesia Melalui Kolaborasi yang Melibatkan Pemain Secara Langsung

Jakarta, 17 Juli 2017 - Developer video game asal Tangerang di balik seri Infectonator, Toge Productions, mengumum.. more

Devilman Crybaby: Ketika Iblis Dilawan dengan Kekuatan Iblis

Memperingati 50 tahun karir Go Nagai, anime terbaru Devilman hadir di Netflix. Keras, sadis, dan penuh twist!.. more

Chammyland - CIAYO Comics

Kangen Nggak Sama Coco, Chips, dan Crocket?

Hi Guys! Masih inget nggak sama Coco, Chips, dan Crocket? Yuk, kita inget-inget lagi karakter Coco, Chips, dan Crocket i.. more

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more