Belum Bisa Move On dari The Last Jedi? Yuk Cobain Game-Game Star Wars Keren Ini!

5 months ago
Sumber gambar: youtube.com

Star Wars adalah sebuah franchise penting di dunia pop culture.

‘Space Opera’ ciptaan George Lucas ini meraih kesuksesan besar dan kontinyu sejak film Star Wars pertama yang dirilis tahun 1977. Kisah ‘drama keluarga Skywalker’ ini https://blog.ciayo.com/news/trilogi-berikutnya-dari-star-wars-tidak-lagi-soal-skywalker/ merupakan salah satu film fiksi ilmiah paling laris di dunia. Dan karena merupakan franchise maka tak heran kalau Star Wars punya banyak sekali produk turunan selain film bioskop. Salah satu dari produk tersebut tentu saja berupa video game.

Video game Star Wars sudah melewati waktu yang panjang. Siapa yang pernah cobain Star Wars versi NES/Famicom di era kejayaan mesin game 8-Bit? Karena masih mengandalkan teknologi 8-Bit maka tentu saja game tersebut hanya terasa canggih dan seru di masa itu saja.

Star Wars NES. Sumber gambar: old-g.narod.ru

Star Wars NES. Sumber gambar: old-g.narod.ru

Game-game Star Wars yang dirilis di era modern memiliki grafis lebih keren dengan gameplay lebih kompleks serta storyline yang seimbang dengan produk Star Wars non film lainnya seperti novel. Beberapa dari mereka bahkan memiliki fanbase setia. Berikut game-game Star Wars keren yang bisa bro sis mainkan.

Star Wars: Knights of the Old Republic (rilis tahun 2003, platform XBOX & PC)

Mungkin inilah game Star Wars yang paling mendapatkan apresiasi tinggi baik dari fans Star Wars sendiri maupun penggemar video game pada umumnya. Di-develop oleh Bioware dan LucasArts sebagai publisher, KotOR menggunakan genre role-playing game yang berbeda dari RPG Jepang. KotOR lebih action-oriented ketimbang turn-based seperti banyak game RPG Jepang dulu. KotOR mengambil timeline sangat jauh ke belakang; yaitu 4000 tahun sebelum terbentuknya Galactic Empire dengan fokus karakter ada di perseteruan antara Jedi dengan Sith. Kita/pemain dapat membuat karakter sendiri (mulai dari gender hingga penampilan) dan mengikuti storyline di dalam KotOR. Saking populernya game ini, banyak fans Star Wars yang menyarankan Disney agar mengadopsi kisah KotOR untuk trilogi Star Wars berikutnya setelah Sequel Trilogy nanti berakhir di Episode IX. Tapi sampai saat ini Disney masih mengabaikan saran tersebut.

Fans Star Wars perlu memainkan ini. Sumber gambar: youtube.com

Fans Star Wars perlu memainkan ini. Sumber gambar: youtube.com

Super Star Wars (rilis tahun 1992, platform SNES)

Game Star Wars era 16-Bit secara umum lebih baik dari era 8-Bit. Dengan grafis yang keren (untuk ukuran game 90an tentunya) serta gameplay yang lumayan variatif (side-scrolling action, run-and-gun, hingga balapan dengan landspeeder dan bahkan menerbangkan X-Wing ada di dalam game ini). Cukup keren. Kalau bro sis ingin memainkannya bisa memanfaatkan emulator SNES untuk smartphone yang bro sis gunakan.

Untuk era 16-Bit ini keren banget. Sumber gambar: youtube.com

Untuk era 16-Bit ini keren banget. Sumber gambar: youtube.com

Star Wars: The Force Unleashed (rilis tahun 2008, platform PS2-PS3-XBOX360-Wii-PC)

Game ini juga digadang-gadang sebagai salah satu yang terbaik dari game franchise Star Wars. Mengusung genre action adventure, cerita di game The Force Unleashed diposisikan sebagai penghubung Episode IV dan V. Karakter utamanya adalah The Secret Apprentice alias murid rahasia dari Darth Vader bernama Starkiller. Darth Vader menugaskan Starkiller sebagai tangan kanannya dalam membantai Jedi, Rebels, dan bahkan orang-orang Imperial yang melawan. Dibentuk untuk menjadi Sith, Starkiller kelak akan melihat cahaya terang The Force. Karakter Starkiller, Darth Vader serta Master Yoda dari game ini juga nongol sebagai ‘Guest Character’ di game fighting Soul Calibur IV.

Secret Apprentice of Darth Vader. Sumber gambar: goldwallpapers.com

Secret Apprentice of Darth Vader. Sumber gambar: goldwallpapers.com

Star Wars: The Old Republic (rilis tahun 2011, platform PC)

Jangan sampai salah ya, bro sis… Game ini bukan game KotOR/Knights of the Old Republic walau judulnya mirip. Sama-sama dibuat oleh Bioware, namun Star Wars: The Old Republic adalah sebuah game MMORPG alias Massively Multiplayer Online Role Playing Game). Dirilis ekslusif untuk PC, The Old Republic mengusung model game ‘free-to-play’ walau tetap tersedia mode berlangganan seperti MMORPG premium lain. Karena berupa MMORPG jadi storyline di game ini lebih berupa ‘background theme’ saja walau tetap mengusung elemen canonical dari Star Wars seperti perseteruan antara Sith Empire dengan Galactic Republic.

MMORPG rasa Star Wars. Sumber gambar: mmorpg.com

MMORPG rasa Star Wars. Sumber gambar: mmorpg.com

Star Wars: Battlefront II (rilis tahun 2017, platform PS4, XBOX ONE, PC)

Merupakan sekuel dari game sebelumnya yang rilis tahun 2015, game action shooter ini sempat mendapatkan hujatan saat dirilis karena sistem ‘loot boxes berbayar’. Sistem ini memungkinkan pemain “membeli kemampuan ekstra yang berguna dalam game” dengan uang asli, yang memungkinkan terjadinya ketimpangan gameplay antara gamer yang membayar untuk loot boxes dengan yang tidak. Protes yang bertubi-tubi menyebabkan EA, sebagai publisher game ini, mengambil langkah menghentikan sementara sistem microtransaction di Battlefront II yang mengatur/menjual loot boxes.

Siapa itu, Oh lihatlah! Master Yoda ternyata dia. Sumber gambar: blog.playstation.com

Siapa itu, Oh lihatlah! Master Yoda ternyata dia. Sumber gambar: blog.playstation.com

Monopoly: Star Wars (rilis tahun 2015, platform board game)

Dari namanya saja bro sis pastilah sudah tahu seperti apa game ini. Ya.. Game Star Wars tidak selalu ada dalam format video game. Board game seperti Monopoly juga memiliki versi Star Wars. Di-desain oleh Amanda Birkinshaw dan dirilis oleh Hasbro, Monopoly: Star Wars adalah sebuah permainan monopoli seru dengan tema dan karakter dari galaksi-nya Star Wars. Perlu dicoba, bro sis!

Siapa berani monopoli dengan Darth Vader? Sumber gambar: amazon.ca

Siapa berani monopoli dengan Darth Vader? Sumber gambar: amazon.ca

Lego Star Wars: The Complete Saga (rilis 2007, platform Android, iOS, PS3, Wii, Nintendo DS)

Tak melulu tampil serius atau sangat dramatis, game Star Wars yang ada juga bisa lucu dan imut walau bukan berarti game-nya tidak keren. Misi utama game ini adalah mengumpulkan apa yang disebut sebagai ‘Gold Bricks’ sambil menyelesaikan seluruh storyline yang ada di dalamnya. Karena berbasis Lego, tentu saja karakter-karakter Star Wars di game ini jadi terlihat blocky dan lucu banget seperti mainan Lego yang asli. Game ini diterima pasar dengan baik, terlihat dari rating Metacritic sebesar 80/100.

Siapa pengen cubit Darth Maul imut? Sumber gambar: youtube.com

Siapa pengen cubit Darth Maul imut? Sumber gambar: youtube.com

Masih banyak game Star Wars lainnya yang beredar di pasaran dan bisa bro sis cobain. Jika punya favorit sendiri, bisa tulis di bagian komentar. Happy gaming, bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: boutiquejapan.com

Mau Jalan-Jalan ke Jepang? Jangan Bawa Benda-Benda Ini!

Jadi sebelum menginjakkan kaki di salah satu airport negara itu, pastikan kalau bro sis tidak membawa salah satu dari be.. more

Sumber: comicvine.com

Benarkah Hawkeye Akan Berubah Menjadi Ronin di Avengers: Infinity War?

Belakangan ini kita sering kali melihat meme-meme yang menyindir Hawkeye karena dia tidak terlihat di poster Avengers: I.. more

Sumber : Whoa

April Mop? Beberapa Trik ini Bisa Kamu Coba, Lho!

Tanggal 1 April diperingati sebagai hari perayaan April Mop. Tapi kalian tau sejarahnya, gak sih?.. more

Sumber gambar: youtube.com

Belum Bisa Move On dari The Last Jedi? Yuk Cobain Game-Game Star Wars Keren Ini!

Berikut game-game Star Wars keren yang bisa bro sis mainkan... more