Benarkah The Simpsons Mampu Meramal Masa Depan?

2 months ago

Apa kamu sudah mendengar berita tentang kemenangan tim curling Amerika Serikat atas tim Swedia, di Olimpiade musim dingin 2018 yang diselenggarakan di Pyeongcheng, Korea Selatan, beberapa waktu yang lalu?

Berita ini sangat menghebohkan, namun bukan karena ini merupakan medali emas perdana yang diraih tim curling Amerika tersebut. Justru kehebohannya lebih ditujukan kepada seri animasi legendaris The Simpsons, yang percaya atau tidak, telah “memprediksi” kemenangan tersebut, 8 tahun sebelumnya!

Yap, di episode 12 season 21 bertajuk, “Boys Meets Curl” yang tayang perdana tanggal 14 Februari 2010, ditampilkan bahwa Homer & Marge Simpson yang mewakili tim curling AS, sukses mengalahkan tim Swedia, yang juga berujung pada kemenangan medali emas bagi mereka.

01-simpsons-curling

Homer & Marge Simpson memenangkan medali emas curling melawan tim Swedia. (Sumber: Yahoo News)

Walau demikian, terdapat beberapa perbedaan yang cukup. Spesifiknya, di perolehan skor akhir. Di episode tersebut, walau tidak ditampilkan secara detail, namun dapat dipastikan bahwa skor akhir yang diperoleh Homer dan Marge adalah antara 9-8 atau 10-8. Sementara dalam Olimpiade, skor yang diperoleh oleh tim AS kemarin adalah 10-7. Memang beda tipis sih. Tapi hei, tetap saja hal ini bikin mind blowing, kan?

Dan ternyata, “prediksi” kemenangan tim curling Amerika ini bukanlah “prediksi” pertama yang pernah muncul dalam serial kartun karya Matt Groening ini. Tercatat, ada cukup banyak adegan-adegan “prediksi” yang ditampilkan di sepanjang 29 musim The Simpsons sejauh ini, yang ternyata berakhir menjadi kenyataan.

02-simpsons-trump

Donald Trump “diprediksi” menjadi Presiden AS di The Simpsons. (Sumber: RainbowPhoenix)

Salah satu contoh yang terkenal adalah sosok businessman AS, Donald Trump, yang terpilih menjadi orang nomor wahid di negara adidaya tersebut. Jauh sebelum Trump benar-benar resmi diangkat menjadi Presiden AS di tahun 2016, dalam episode The Simpsons bertajuk “Bart to the Future” yang tayang tanggal 19 Maret 2000 (16 tahun sebelum pengangkatan dirinya), episode ini menampilkan sosok Trump yang dikisahkan telah menjabat sebagai Presiden AS selama beberapa tahun.

Sayangnya selama Trump berkuasa, AS mengalami krisis moneter yang sangat parah, sehingga membuat Lisa Simpson yang di episode ini menjabat sebagai Presiden AS baru, frustasi berat karena jumlah hutang tinggi yang ditinggalkan oleh Presiden berambut khas tersebut.

Ketika penulis naskah episode ini, Dan Greaney, dimintai pendapatnya 2 tahun yang lalu terkait episode yang menjadi kenyataan ini, Greaney tentu merasa sama kagetnya seperti kebanyakan orang. Menurut Greaney ketika dirinya menuliskan naskah episode tersebut, ia hanya sekedar ingin membayangkan skenario what if: Bagaimana jika negara Amerika mengalami kebobrokan. Dan menurutnya, Trump merupakan pilihan yang sangat logis untuk dijadikan sebagai “simbol” kebobrokan tersebut.

03-simpsons-obama

Prediksi kesalahan mesin voting Capres AS. Ssumber: Art-A-Tsolum)

Contoh lainnya lagi adalah episode 4 dari season ke-20 yang bertajuk “Treehouse of Horror XIX,” yang tayang pada tanggal 2 November 2008. Di episode ini diperlihatkan bahwa Homer akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih Capres AS baru, antara Barrack Obama dan John McCain di mesin voting. Nah, Homer yang sudah mengklik Obama di mesinnya, merasa terkejut ketika layar konfirmasi pilihan malah menyala di nama McCain.

Loncat ke tahun 2012 di masa pemilihan Presiden AS antara Barrack Obama dan Mitt Romney, hal yang serupa nyatanya terjadi. Di salah satu bilik pemilihan di Pennsylvania, terdapat satu mesin voting yang tiba-tiba menampilkan kejanggalan yang sama persis dengan yang ditampilkan di episode tersebut. Seperti yang bisa dilihat lihat di foto, salah satu pemilih yang sudah menekan nama Obama, secara mengejutkan mendapati mesin tersebut malah mencentang nama Romney.

04-simpsons-fox

Fox menjadi divisi di bawah Disney. (Sumber: Metro)

Dan tentunya nggak afdol rasanya apabila kita nggak menyertakan juga “prediksi” pembelian 20th Century FOX oleh Walt Disney, yang mengguncang seantero industri hiburan di akhir 2017 lalu. Ketika berita itu diumumkan, tidak dipungkiri kebanyakan orang langsung kaget bukan kepalang. Tidak hanya soal langkah yang diambil oleh Disney tersebut, namun juga dengan cukup akuratnya episode “When You Dish Upon a Star” yang ditayangkan pada tanggal 8 November 1998 silam. Di episode tersebut, diperlihatkan bahwa bagian bawah dari logo 20th Century menampilkan tulisan “A Division of Walt Disney Co.” Gimana nggak gila, ya?

Nah setelah melihat ketiga contoh ini, maka kitapun kini menjadi bertanya, “Apakah The Simpsons memang merupakan program televisi yang bisa meramal masa depan?” Kalau boleh jujur, pada awalnya saya ingin mengatakan YA dengan selantang-lantangnya. Tetapi, setelah dipikir masak-masak, sebenarnya belum tentu juga demikian.

Karena begini, entah mengapa di saat yang sama, saya juga memiliki pandangan bahwa beberapa “prediksi” yang ada, bisa saja merupakan hasil rekayasa, atau konspirasi yang disengaja, agar membuat kita yakin kalau hal-hal tersebut, memanglah telah “diprediksikan” sebelumnya oleh kartun keluarga berkulit kuning ini.

Bingung? Oke, mari saya jelaskan.

05-simpsons-gaga

Penampilan “digantung” Lady Gaga. (Sumber: Dailystar)

Ingat dengan episode “Lisa Goes Gaga” yang tayang pada tanggal 20 Mei 2012? Di episode ini, penyanyi top Lady Gaga tampil di Springfield dengan cara “digantung”. Nah, 5 tahun kemudian di perhelatan Super Bowl LI pada tanggal 5 Februari 2017, Lady Gaga yang menjadi pengisi sesi half-time, tampil dengan cara digantung, yang mana penampilannya terlihat sama persis dengan yang ditampilkan di episode tersebut.

Perbedaan yang nampak hanyalah tampilan pakaian dan gaya rambutnya. Sekilas, mungkin lagi-lagi ini bisa dibilang “prediksi” dari The Simpsons. Tapi, apakah pernah terpikir kalau bisa saja Lady Gaga memang terinspirasi untuk tampil dengan gaya serta konsep seperti yang ada di episode tersebut?

Lady Gaga sendiri belum mengkonfirmasi kebenarannya. Tapi sekali lagi, bisa saja ia terinspirasi dari penampilannya di The Simpsons, lalu “berkong-kalikong” dengan Groening untuk tidak memberitahukan ke publik? Atau kalaupun diberitahu, bisa juga Lady Gaga diminta berpura-pura kaget dan tidak percaya layaknya fans The Simpsons lainnya?

06-obama-romney

Barrack Obama dan Mitt Romney. (Sumber: CNN)

Mari kita kembali ke kasus mesin voting Mitt Romney VS Barrack Obama. Memang, sekali lagi peristiwa tersebut bisa saja dibilang sebagai “prediksi” The Simpsons. Namun, sekali lagi NAMUN, apakah pernah terpikir bahwa bisa saja si pemilih memang apes mendapatkan mesin voting yang rusak, atau dia sendiri merupakan seorang hacker yang juga merupakan fans The Simpsons?

Maksa? Terserah jika kamu berpikir demikian. Tapi pada kenyataannya, hal gila tersebut memang bisa saja terjadi bukan? Karena itu, mari kita kembali ke pertanyaan awal: Apakah The Simpsons memang merupakan acara kartun yang bisa meramal masa depan? Jawabannya masih menjadi misteri. Bisa saja kenyataannya memang demikian, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa semua ini, tidaklah lebih dari sebuah “konspirasi terselubung” yang ditutup-tutupi. Kebetulan? Saya rasa tidak!

Jadi pada akhirnya, biarkan waktu yang menjawab semuanya. Yang bisa kita lakukan sekarang tinggal duduk dan menikmati kisah-kisah disfungsional dari keluarga Simpsons. Kalau kamu punya pendapat lain, tulis di kolom komentar, ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

CIAYO Comics dan Pionicon Merilis Komik Si Juki & Mang Awung

CIAYO Comics, bekerjasama dengan Pionicon, merilis komik baru berjudul: Si Juki & Mang Awung.. more

The Kasuaris – Episode 6: Si Cantik Vivi Kasuari

Hello, I’d like to introduce myself to you guys and gals, my name is Vivi Kasuari... more

(CIAYO Comics)

Yuk, Kenalan Sama Warga di Komplek yang Satu Ini!

Gimana ya rasanya kalau tinggal di tengah-tengah lingkungan yang warganya sangat santai. Semua urusan kayaknya gak dipus.. more

COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas co.. more