Berapakah Pendapatan Seorang Artist Dalam Aplikasi Streaming Service (Apple Music, Spotify, Joox, MelOn dll)?

9 months ago
Pendapatan seorang artist dalam streaming services. Sumber: pinterest

Sekarang hampir semua orang udah jarang banget untuk beli CD album untuk mendengar musik. Karena internet dan paket data sudah bisa dipasang ke smartphone dengan mudah, orang lebih memilih untuk streaming lagu atau download langsung melalui aplikasi. Namun, penyanyi yang merilis album juga pasti akan tetap merilis albumnya dalam bentuk fisik atau CD.

Album dalam bentuk CD ini juga nantinya berpengaruh bagi artist dalam sebuah penghargaan musik. Misalkan Album of The Year atau Record of The Year untuk artist dengan penjualan album fisik terbanyak. Kalau penjualan CD album fisik, sudah jelas penghasilannya bisa langsung masuk ke distributor atau label tempat penyanyi bernaung. Lalu, kalau dengan media streaming gitu gimana?

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Sebenarnya hal ini termasuk kontroversi dalam industri musik. Banyak orang bertanya-tanya gimana cara penyanyi mendapatkan uang dari jasa streaming seperti Apple Music, Spotify, MelOn, dan masih banyak lagi. Menurut informationisbeautiful.net di tahun 2017, dalam Spotify seorang artist bisa mendapatkan $0,0038 (sekitar 500 ribu rupiah) setiap lagu, ketika user dari Spotify berjumlah 140 juta orang.

Sumber: digitalmusicnews.com

Sumber: digitalmusicnews.com

Setelah itu sang artist baru bisa mendapat upah minimum di U.S. yaitu $1,472 (hampir 20 juta rupiah) per-bulan kalau lagunya telah dipasang sebanyak 380.000 kali dengan mengambil sekian persen dari pendapatan Spotify. Peraturan dan sistem ‘pendapatan’ artist ini berbeda-beda dari setiap jasa streaming app.

Beberapa artist menyayangkan tentang kecilnya pendapatan dan apresiasi dari musik yang telah mereka buat. Karena itu Taylor Swift dan labelnya membuat perjanjian dengan Spotify kalau lagu Taylor hanya boleh diakes oleh premium user aja. Taylor merasa kalau semua yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagunya seperti penulis lirik dan produser berhak untuk mendapat penghasilan yang lebih atas jerih payah mereka. Dan streaming service hampir gak bisa memenuhi semua itu menurut Taylor. Ada juga pihak yang mengatakan, kalau sebenarnya streaming service seperti Spofity selalu membayar artist sesuai dengan perjanjian, dan merasa seharusnya gak akan ada masalah apapun.

Taylor Swift. Sumber: pinterest.co.uk

Taylor Swift. Sumber: pinterest.co.uk

Berbeda dengan streaming service di Korea. Menurut seorang penyanyi hiphop bernama Kang Gary, seorang penulis lirik lagu bahkan gak mendapatkan royalty apapun dari channel streaming. Di Korea sendiri, aplikasi untuk streaming musik yang paling populer adalah MelOn. Biaya bulanan untuk dapat melakukan streaming musik secara unlimited di MelOn berkisar 170 ribu rupiah per-orang. Sementara rata-rata seseorang mendengar lagu 1000 kali perbulan. Belum lagi label dan streaming service juga akan menerima pendapatan.

Sumber: daylightdesign.com

Sumber: daylightdesign.com

Bisa di bayangkan dong seberapa kecilnya pendapatan yang diperoleh oleh artist dan penulis lagu? Jangan lupa juga, pendapatan besar bisa diperoleh kalau artist tersebut merupakan penyanyi populer dan lagunya stay dalam chart teratas dalam waktu yang cukup lama. Untuk penyanyi yang belum memiliki popularitas ,pastinya lebih sulit. Gimana menurut kamu?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Girls Love Series: Potret Persahabatan Perempuan Dalam Bingkai Komik

Circle kreatif Yuri Nakama menerbitkan antologi komik Girls Love Series. Nikmati 4 komik berisi kehidupan sehari-hari du.. more

star wars cantina desktop

Lagu yang Menginspirasi Star Wars Cantina Band? Sing Sing Sing!

Selain tema Star Wars, ada lagu lain yang juga tidak kalah memorable yaitu Cantina Band. Figrin D’an and The Modal Nod.. more

Film Tim Superhero Wanita: Yakin Kita Sudah Siap Banget Untuk Menyambutnya?

Bagi kamu yang movie maniacs, pastinya sudah mengetahui salah satu rumor panas yang sukses membakar inergeekdom seluruh .. more

00-d-conjuring

Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Mulai dari The Conjuring sampai Annabelle, film-film horor ini saling berhubungan dalam satu dunia yang sama. Pertanyaan.. more

Sumber: apkpure.com

Game Fighting Skullgirls untuk Mobile Masih sama Serunya Seperti Versi Konsolnya

Ada cukup banyak game konsol yang akhirnya dirilis ke perangkat mobile demi mendapatkan jumlah pemain yang lebih banyak... more