Berbagai Ajang Penghargaan Musik Korea Selatan di Penghujung Tahun

8 months ago
Sumber: www.gd05.tistory.com

Masuk ke dalam nominasi di sebuah ajang penghargaan, menjadi suatu kebanggan tersendiri. Terutama bagi masyarakat Korea Selatan. Berbagai macam penghargaan terutama di bidang musik ada di Korea Selatan. Terutama di penghujung tahun. Gak heran kalau para fans sibuk bersaing mendukung idola favoritnya di berbagai acara.

Hal itu juga memacu para musisi dan idola di Korea Selatan menampilkan yang terbaik. Terutama penampilan saat di acara penghargaan tersebut. Nah, bro sis tau gak ajang penghargaan apa aja yang ada di Korea Selatan saat akhir tahun?

1. Asia Artist Awards (AAA)

Sumber: www.allkpop.com

Sumber: www.allkpop.com

Ada Asia Artist Awards yang merupakan sebuah upacara penghargaan yang diselenggarakan oleh surat kabar berbasis bisnis di Korea Selatan, Money Today dan merk media global StarNews and MTN. Acara ini diadakan untuk menghargai prestasi dan kontribusi internasional yang luar biasa dari para seniman Asia di televisi, film dan juga musik.

Asia Artist Awards pertama kali diadakan di tahun 2016, tepatnya di Hall Kyung Hee University, Seoul, Korea Selatan. Ada sekitar 22 penghargaan yang diperebutkan. Dan dari semuanya penghargaan “Daesang” lah yang paling dinantikan. Daesang ini bisa diartikan sebagai penghargaan paling besar. Gak heran kalau penghargaan ini terbilang paling penting dari semua kategori. Gak jarang juga para fans bertengkar hanya gara-gara merasa idolanya berhak menang. Tahun ini AAA diadakan di Jamsil Students’ Gymnasium.

2. Mnet Asian Music Awards (MAMA)

Twitter: @MnetMAMA

Twitter: @MnetMAMA

Mnet Asian Music Awards adalah salah satu upacara penghargaan musik K-pop yang diadakan setiap tahun oleh CJ E&M melalui saluran musiknya Mnet. Acara musik tahunan ini disiarkan di Korea Selatan, China, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Taiwan, Singapura dan juga Indonesia.

MAMA pertama kali digelar pada tahun 1999 dengan nama Mnet Km Music Festival (MKMF). Pada saat itu, MAMA adalah upacara penghargaan video musik Korea pertama dan satu-satunya. Setelah perayaan ke 10 tahun di 2008, MKMF berganti nama menjadi “M.net Asian Music Awards” atau hanya “MAMA” pada tahun 2009. Hal ini juga ikut menandai perubahan konsep dan cara mereka menangani bagaimana orang dapat memilih yang mana seniman yang dapat memenangkan penghargaan tersebut.

Sayangnya selalu aja ada kontroversi di ajang MAMA. Mulai dari pemenang penghargaan yang gak hadir karena jadwal MAMA yang bentrok dengan acara lain, bagaimana staff MAMA memperlakukan artis, cara penghitungan voting yang ada, sampai yang terakhir penemuan voting ilegal yang dilakukan masyarakat.

Walaupun begitu, kayaknya MAMA tetap jadi yang paling ditunggu ya.

3. Melon Music Awards

Sumber: www.soompi.com

Sumber: www.soompi.com

Melon Music Awards adalah penghargaan tahunan yang diadakan di Korea Selatan oleh LOEN Entertainment lewat online music store mereka, Melon. Ada sekitar 27 penghargaan yang diperebutkan di ajang yang diadakan dari tahun 2009 ini.

Seperti biasa, di ajang penghargaan kayak gini, ada 3 kategori penghargaan utama yang paling dinanti, yaitu Song of The Year, Album of The Year dan Artist of The Year. Acara ini juga disiarkan di China, Jepang, Thailand, Korea Selatan dan pastinya worldwide.

Gak cuma penghargaannya, penampilan dari para artis juga paling ditunggu. Pokoknya Melon jarang mengecawakan penonton, deh! Tahun ini acaranya diadakan di Gocheok Sky Dome.

4. Asia Song Festival

Sumber: Asiasongfestival.com

Sumber: Asiasongfestival.com

Asia Song Festival adalah salah satu festival penghargaan musik paling besar, di mana artis pop dan musisi besar di Asia bergabung dalam satu panggung yang sama. Festival ini bertujuan membagikan budaya lewat musik dengan pesan “Asia is one”.

Tahun ini Asia Song Festival diadakan selama 3 hari di Busan, Korea Selatan dari tanggal 22 – 24 September 2017. Gak hanya mengenai penghargaan, Asia Song Festival juga mengadakan konferensi mengenai hak cipta kekayaan intelektual, termasuk musik. Asia Song Festival diselenggarakan oleh Busan Metropolitan City, Korea Music Content Industry Association. Walaupun gak seheboh penghargaan lainnya, tapi Asia Song Festival sanggup bikin kita fans Indonesia gigit jari karena iri gak bisa ada di sana.

 5. Soribada Best K-music Awards (SOBA)

Sumber: medium.com

Sumber: medium.com

Soribada Best K-Music Awards adalah penghargaan musik yang diadakan oleh Soribada untuk merayakan yang terbaik dalam musik K-pop. Berbeda dengan yang lain, Soribada ini baru pertama kali membuat ajang penghargaan.

Tahun 2017 menjadi tayangan perdana dari acara ini.  Walaupun baru, Soribada Best K-music Awards gak kalah heboh. Yang jelas bikin gak sabar untuk nungguin lagi di tahun depan. Kira-kira, bakal kayak gimana ya?

Selain ajang penghargaan di atas, ada juga beberapa penghargaan musik di Korea Selatan yang akan diadakan di awal tahun, seperti Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, dan juga Gaon Chart Music Awards. Udah gak sabar kan? Kira-kira mana yang paling bro sis tunggu?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Nickelodeon. Sumber: idwgames

Yuk, Nostalgia Bareng Kartun-Kartun Jadul Nickelodeon ini!

Dewasa ini stasiun televisi yang menayangkan film kartun sudah sangat jarang, berbeda dengan  awal tahun 2000-an. Film .. more

Komik Strip Indonesia di Instagram. Haruskah Lucu?

Komik strip digital udah membanjiri Instagram. Di artikel ini, gua mau bahas "Komik strip macam apakah yang paling banya.. more

Sumber: Personal Editing

Kurang Motivasi untuk Berkarya? Deretan film tentang Author ini Pasti Bisa Menambah Motivasimu!

Jika kalian bekerja di bidang kreatif seperti illustrator, komikus, ataupun penulis, pasti pernah mengalami yang namanya.. more

Sumber: Instagram TrueOG.kicks

Sneakers Zone di Indonesia Comic Con 2017, Ada yang Sampai 35 Juta!

Indonesia Comic Con selalu menghadirkan hal-hal baru di tiap tahun pamerannya, kali ini yang jelas berbeda adalah kehadi.. more

Pennywise. Sumber: mirror.co.uk

Film IT: Pennywise, Wujud Mimpi Buruk Tiap Anak

Sudah pernah baca novel fiksi karya Stephen King berjudul ‘It’ belum? Nah, Film It sudah dirilis di berbagai negara .. more