Mengenal Berbagai Jenis Film Horor

3 months ago
jenis film horor

Ketika kita menyaksikan film horor untuk pertama kalinya, tak dipungkiri bahwa kita kerap meng-generalisasikan genre-nya. Alias, mau film horor yang dimaksud menampilkan zombie, drakula, paranormal, kesurupan, dan yang lainnya, kita kerap menganggapnya film horor saja.

Padahal layaknya genre drama, horor juga memiliki variasi sub-genre. Nah bagi kamu-kamu yang fans berat horor namun, belum terlalu familiar dengan varian sub-genre yang dimaksud, berikut adalah 15 jenis film horor terkenal diantaranya.

Oh ya sebelum kita membahas, perlu saya ingatkan lagi dikarenakan kita akan membahas berbagai jenis film horor, BERHATI-HATILAH! Karena artikel ini akan menampilkan foto-foto yang mungkin akan membuat kaget atau membuat kalian jadi muntah (disturbing).

Kalau sudah jelas, let’s begin this fright & gore fest shall we?

Berbagai Jenis Film Horor

Action Horror

Sumber: Film Freedonia

Sumber: Film Freedonia

Sesuai namanya, genre ini mencampurkan elemen kengerian, ketegangan dengan adegan-adegan aksi badass menggunakan senjata dan kejar-kejaran intens ala film action.

Contoh: Alien, Predator, Resident Evil, From Dusk Till’ Dawn, Feast

Baca Juga: Sering Dihujat, Film Resident Evil dan Transformers Tetap Laris

Body Horror

Sumber: IndieWire

Sumber: IndieWire

Film horor ini lebih menampilkan rasa ngeri dan ngilu-nya melalui tampilan anggota-anggota tubuh yang mengelupas, lepas dari tubuh atau “sambung-tempel” ke bagian tubuh lain.

Contoh: The Fly, The Thing, American Mary

Comedy Horror

Sumber: io9-Gizmodo

Sumber: io9-Gizmodo

Kalau diipikir lagi, mana yang satu adalah genre untuk menakut-nakuti, sedangkan yang satu adalah genre untuk membuat tertawa terbahak-bahak. Mana mungkin bisa menyatu bukan?

Tapi kenyataannya genre ini eksis hingga detik ini dan sukses besar membuat kita takut dan terbahak-bahak secara bersamaan.

Contoh: Shaun of the Dead, Beetlejuice, Zombieland, Ghostbusters

Baca Juga: Game Ghostbusters World, Pengalaman Menangkap Hantu Secara Nyata

Holiday Horror

Sumber: TheWrap

Sumber: TheWrap

Film horor yang menampilkan peristiwa menyeramkan (umumnya pembunuhan sadis) yang terjadi di sekitar musim liburan atau hari-hari non liburan yang kerap dirayakan oleh seluruh warga luar negeri sana.

Contoh: Silent Night, Black Christmas, Halloween, My Bloody Valentine, April Fool’s Day

Natural Horror

Sumber: Decades of Horror

Sumber: Decades of Horror

Film horor yang sumber kengeriannya berasal dari fakto-faktor alam atau mahluk hidup yang mana tadinya jinak, berubah menjadi sangat ganas dan menghabisi seluruh orang-orang dan sekitarnya

Contoh: Jaws, The Birds, Piranha, Bats, Lake Placid, Black Water

Baca Juga: Review The Meg dan Pandangan yang Salah Terhadap Hiu

Psychological Horror

Sumber: IFC Center

Sumber: IFC Center

Mungkin kita sering mendengar genre ini. Tapi sayangnya kita masih kerap bingung untuk menentukan apakah film horor yang kita sakikan masuk ke dalam genre psychological horror atau tidak sama sekali.

Oke akan saya jelaskan. Gampangnya begini saja. Apabila film horor tersebut menampilkan rasa ketakutannya melalui emosi yang dirasakan oleh karakternya atau film ini membuat kita langsung merinding sendiri dengan aura dan keadaan sekitar yang ditampilkan terlebih, dibantu lagi dengan aluna scoring musik yang mengerikan, maka film horor tersebut termasuk psychological horror.

Dan umumnya, film jenis ini menampilkan sosok manusia sebagai sumber horornya. Sangat jarang sekali mahluk halus yang menjadi sumbernya.

Terkecuali, apabila film tersebut dari awal terus menampilkan build-up merinding yang meresahkan sebelum akhirnya menampilkan mahluk halusnya, maka yap. Bisa dikatakan film horor yang kalian saksikan adalah psychological horror.

Contoh: The Shining, Rosemary’s Baby, The Uninvited, Get Out.

Slasher

Sumber: Bustle

Sumber: Bustle

Horor yang fokus kisahnya menampilkan pembunuhan berantai entah korban-korbannya sudah direncanakan atau acak (random).

Contoh: Scream, Halloween, Texas Chainsaw Massacre, Halloween, Child’s Play, A Nightmare on the Elm Street

Splatter

Sumber: Bloody Disgusting

Sumber: Bloody Disgusting

Horor yang menampilkan banyak kekerasan grafis (graphic violence) seperti mutilasi, darah berlebihan, dan tampilan-tampilan sadistik lainnya.

Contoh: Saw, The Human Centipede, Maniac, Hostel, Blood Feast

Horror Thriller

Sumber: No Film School

Sumber: No Film School

Serupa dengan psychological horror, banyak dari kita yang kerap mendengar sub-genre ini namun, masih suka bingung sendiri dengan genre ini.

Jadi begini. Horror thriller adalah jenis film horor yang menampilkan elemen-elemen horor seperti monster, pembunuh, hantu, dll namun dengan pembangunan tensi takut yang sangat intens seperti genre thriller.

Kalau misalkan kita hanya merasa tegang dan kaget saja, maka film yang kalian saksikan masih dalam rana thriller.

Contoh: Don’t Breathe, Silence of the Lambs, The Invitation, Joy Ride, A Quiet Place

Supernatural Horror

Sumber: The Wrap

Sumber: The Wrap

Horor yang kerap menampilkan sekaligus menggabungkan elemen-elemen berbau mistis bahkan keagamaan. Film ini kerpa menampilkan iblis (demon), arwah gentayangan, penyihir, dan peristiwa kesurupan.

Contoh: The Conjuring, Insidious, The Ring, the Grudge, it, The Exorcist, Suspiria, The Blair Witch Project

Baca Juga: Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Gothic Horror

Sumber: Bloody Disgusting

Sumber: Bloody Disgusting

Horor yang menggabungkan elemen horor dan elemen gothic. Terkadang di dalamnya juga terdapat unsur asmara (romance). Genre ini paling banyak ditampilkan di awal-awal zaman keemasan horor yaitu: 1920-1930.

Contoh: Nosferatu, Dracula, The Phantom of the Opera, The Others, Crimson Peak

Monster Horror

Sumber: The Verge

Sumber: The Verge

Horor  yang menampilkan monster yang membuat kekacauan dan bahkan membunuh siapapun di sekitarnya.  Sama seperti gothic horror, film ini pertama kali mencapai masa keemasannya di era 20 dan 30an.

Khusus untuk Godzilla, film ini sebenarnya masuk juga ke genre ini. Tapi seiring berjalannya waktu, film-film Godzilla kerap dianggap sebagai Kaiju Movie.

Contoh: Nosferatu, Dracula, Frankenstein, The Mummy, Godzilla, King Kong, A Quiet Place.

Baca Juga: A Quiet Place, Sebuah Paku Tak Pernah Seseram Ini

Found-Footage Horror

Sumber: Mirror

Sumber: Mirror

Film yang kerap juga disebut oleh kebanyakan fans horor di negeri kita, “film dokumenter” ini, adalah jenis film horor yang pengambilan gambarnya diambil secara langsung (real-time) oleh camcorder rumahan.

Atau dengan kamera film pada umumnya Cuma diatur menjadi demikian. Umumnya horor tipe ini diproduksi agar dapat meyakinkan penontonnya kalau film horor yang sedang disaksikan benar-benar rekaman peristiwa yang pernah terjadi di dunia nyata.

Padahal faktanya, hampir seluruh peristiwa di film found footage yang telah dirilis sejauh ini adalah 100% fiktif belaka.

Contoh: Paranormal Activity, Blair Witch Project, REC, Devil’s Due, Cloverfield

Cyber Horror

Sumber: Variety

Sumber: Variety

Bisa dikatakan genre ini adalah genre horor yang kini sedang booming di era internet, media sosial sekarang ini. Film ini berfokus pada peristiwa-peristiwa mengerikan yang diakibatkan oleh aktivitas tabu atau serangan gaib di media online.

Contoh: Unfriended, Friend Request, The Den

Superhero Horror

Sumber: CHOCILINO

Sumber: CHOCILINO

Sama seperti genre cyber horror, superhero horror bisa dikatakan adalah genre horor yang kini sedang naik daun. Dan seperti namanya, genre ini menggabungkan elemen film horor dan film superhero yang kini masih  merajai industri perfilman Hollywood.

Contoh: The New Mutants, Brightburn 


Nah itulah tadi 15 jenis film horor yang mungkin banyak dari kita belum terlalu ketahui. Semoga dengan seklumit pembahasan ini, ke depannya kita tidak akan salah mengidentifikasi lagi jenis film horor yang sedang kita saksikan.

Dari 15 sub-genre horor ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

MembuatMecha-Thumb

Zaman Era Robot Raksasa Akan Lahir, Seorang Millioner Elon Musk Ingin Membuat Mecha

Di Twitter resmi Elon Musk, dia dengan blak-blakan mengatakan bahwa dia ingin membuat sebuah mecha. Dari tweet nya itu, .. more

fight league

Fight League: Gear Gadget Generators Tayang di Ponimu

Anime Fight League: Gear Gadget Generators yang diadaptasi dari game mobile berjudul sama akan tayangs simulcast di Indo.. more

Sumber gambar: mondofox.it

Go Nagai: Mangaka Senior yang Mempopulerkan Genre Ecchi dan Super Robot

Go Nagai adalah sosok mangaka jenius yang tidak terjebak pada satu genre. Ia membuat manga bertema robot, komedi, peremp.. more

00-steins-gate-0

Steins;Gate 0: Sekuel Yang lebih Gelap dan Menegangkan

Di Steins;Gate 0, Okabe Rintaro harus bertemu kembali dengan Makise Kurisu yang sudah mati. Kuris hidup kembali sebagai .. more

Sumber: womanwritescomics

Makna Makanan Dalam Film Animasi Studio Ghibli

Miyazaki mengaku, saat Ia mengambil peran dalam membuat suatu animasi, makanan merupakan hal yang wajib untuk ditampilka.. more