Berkat Meme, Anak Muda Mulai Tertarik Dengan Musik Qasidah

6 months ago
meme qasidah desktop

Seorang teman baru saja menceritakan resolusi tahun barunya di 2018 ini. Namun alih-alih menjelaskannya panjang lebar, ia hanya mempos satu gambar di akun Facebooknya dengan sebuah caption singkat:

meme qasidah 1

Resolusi tahun 2018, dan 2017, dan tahun-tahun sebelumnya dalam satu gambar. (Sumber: Qasidah Memes For All Occasions)

Bro sis sering melihat screenshot video klip karaoke dari grup-grup qasidahan? Dalam beberapa bulan terakhir, foto-foto ini membanjiri jagat media sosial hingga grup chatting. Premisnya sederhana, biasanya seseorang menulis sebuah situasi singkat dan kemudian ditambahi satu gambar karaoke qasidahan dengan kalimat yang memperjelas maksud dari situasi tersebut. Gambar-gambar ini juga digunakan untuk menanggapi pernyataan atau berita yang ditulis oleh orang lain.

meme qasidah 2

Menanggapi konflik timur tengah yang melibatkan Amerika dan Israel. (Sumber: Qasidah Memes For All Ocassions)

Saling berbalas tanggapan dengan gambar atau meme di internet memang bukan hal yang asing. Namun, menjadikan lagu qasidah sebagai objek meme itu sendiri nampaknya baru kali ini dilakukan. Reaksi yang berhasil terpancing dari meme qasidahan ini pun unik-unik. Penggalan lirik qasidah yang menjadi punchline dan dipadukan dengan ekspresi ibu-ibu penyanyinya ternyata dapat mengundang reaksi lucu dan jenaka bagi orang yang melihatnya.

meme qasidah 3

Nasida Ria adalah salah satu kelompok qasidahan tertua Indonesia. (Sumber: swdinside)

Sebenarnya, dari mana sih asal mula meme qasidahan ini? Sebagai permulaan, bro sis harus kenalan dulu dengan salah satu grup qasidah tertua Indonesia, yaitu Nasida Ria. Berdiri sejak tahun 1975 di Semarang, Nasida Ria tak hanya menjadi grup qasidah tertua, namun juga jadi grup qasidah teraktif yang masih senantiasa merilis lagu-lagu baru hingga hari ini.

Nasida Ria ini bukan sekedar grup qasidahan biasa karena anggotanya juga bisa bermain alat musik seperti rebana, biola, hingga gitar listrik dan keyboard. Sejak awal anggotanya selalu sembilan orang, dengan beberapa additional player jika dibutuhkan. Anggota datang silih berganti, biasanya menggantikan anggota yang mengundurkan diri atau meninggal dunia. Oh ya, lagu Perdamaian yang populer dibawakan oleh band GIGI awalnya merupakan lagu Nasida ria loh, bro sis!

Awal mula popularitas Nasida Ria di kalangan netizen kekinian bermula setelah lagu mereka yang berjudul Bom Nuklir banyak dishare. Lagu ini memiliki lirik yang menusuk, ditambah dengan potongan film-film perang yang menambah kengerian. Nama mereka pun semakin melejit di kalangan anak muda setelah tampil di acara-acara musik hipster seperti RRREC Fest dan Holy Market. Unik ya, biasanya grup qasidahan tampil di pengajian atau acara maulid nabi, ini Nasida Ria sudah menjangkau anak-anak hipster dan bahkan pernah tampil di luar negeri!

“Masya Allah, saya bersyukur anak-anak muda kok menggapai lagu-lagu religi, itu berarti peningkatan untuk agama,” ujar salah satu anggota Nasida Ria, ibu Hj. Rien Jamain dalam wawancara bersama Vice. Salah satu anggota original Nasida Ria sejak tahun 1975 itu mengaku bersyukur karena anak-anak muda masa kini mendapatkan hidayah berkat lagu-lagu Nasida Ria.

meme qasidah 4

Nasida Ria tampil di Holy Market, Gudang Sarinah. (Sumber: Youtube)

“Kebetulan syair-syair Nasida Ria kan benar-benar riil ada di dunia ini, tentang lingkungan, agama, apa saja, hampir semua hal ada di lagunya Nasida Ria,” tambah ibu Rien. Hal tersebut memang benar adanya, dan kadang kalau dipikir-pikir lagi ternyata cukup mengerikan kalau lagu-lagu Nasida Ria berhasil memprediksi masa depan!

Ambil contoh lagu Bom Nuklir barusan yang cukup relevan dengan situasi ketegangan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara. Lagu lainnya seperti Tahun 2000 juga berhasil menggambarkan situasi masa kini dimana manusia bekerja, berjalan, makan-minum, bahkan tidur pun tak bisa lepas dari campur tangan mesin.

meme qasidah 5

Semua meme qasidahan sumbernya dari sini. (Sumber: Facebook)

Nah, karena lagu-lagu Nasida Ria dan qasidahan lain masih relevan dengan kehidupan sehari-hari masa kini, ternyata ada juga yang menjadikan sempalan lirik lagu tersebut sebagai meme. Kita masuk ke bahasan utamanya nih bro sis.

Sekitar bulan November 2017 lalu, muncul sebuah fanpage Facebook bernama Qasidah Memes For All Occasions. Inilah sumber-sumber dari berbagai meme qasidahan yang sering kali menyerempet kehidupan sehari-hari dan juga situasi sosial-politik Indonesia. Apa kata lagu qasidah tentang para PKL tanah abang? Meme-nya ada di sini. Bagaimana dengan saran lagu qasidah untuk yang ingin move on dari mantan? Ada juga di sini!

Sejak pendiriannya, fanpage Qasidah Memes telah di-like oleh lebih dari 12 ribu orang. Saat ini aktivitas fanpage yang dijalankan oleh admin yang dipanggil “qasimin” ini hanya aktif di Facebook saja.

Lucunya, meme-meme qasidahan ini bahkan sudah terdengar hingga ke telinga para anggota Nasida Ria loh bro sis! Ketika ibu RIen ditanya tentang lagu-lagu Nasida Ria yang dijadikan meme, ia justru tidak ambil pusing. “Kalau dengan begitu anak-anak muda jadi mendengarkan qasidah dan tersentuh dengan syair Nasida Ria kan baik. Soalnya anak-anak muda itu susah kalau disuruh mendengarkan nasehat dari orang tua. Asal niatnya baik, apapun Insya Allah bisa jadi akhlakul karimah,” ujarnya.

Agar lebih jelas, CIAYO Blog punya interview dengan qasimin yang mengelola fanpage Qasidah Memes nih. Kira-kira apa ya latar belakang qasimin membuat fanpage meme qasidah yang kini populer? Langsung disimak saja ya bro sis!

***

Q: Sudah siap untuk wawancaranya qasimin?

meme-qasidah 6

Qasimin langsung menjawab dengan meme qasidah. (Sumber: Qasidah Memes For All Occasions)

Q: Bagaimana awalnya Qasimin bisa membuat fanpage Qasidah Memes?

Awalnya nggak sengaja nemu screencap qasidah dari Youtube itu di timeline. Karena penasaran, aku carilah itu sampai ketemu videonya. Eh ternyata lucu, dan banyak lagu lain yang nggak kalah lucu. Jadi gw screencap lah, dan awalnya cuma untuk penggunaan di FB pribadi aja. Tapi karena banyak, disaranin sama temen untuk bikin fanpage.

Q: Jadi dari awal memang motivasi bikin memenya itu untuk pribadi ya.

Iya, di FB dan Whatsapp pribadi.

Q: Sempat menduga nggak kalau meme dari fanpage bakal menyebar luas dan jadi populer?

Nggak sama sekali, hahaha. Awalnya bahkan ragu bisa bertahan lama, karena bahannya spesifik banget kan. Eeh ternyata video qasidah banyak banget.

Q: Ada perasaan was-was nggak, kalau misal ada yang nganggap meme ini ngejek agama gitu?

Ya banget, which is also why I chose to stay anonymous dan gak bikin di Twitter dan Instagram. But I take great care in selecting the screencaps. Sebisa mungkin yang netral.

Q: Tapi sejauh ini bagaimana reaksi pengikut fanpage?

Sejauh ini blm ada yang komplain masalah itu. Adanya malah waktu nyinggung politik. Waktu ada statement dari Bu Rien di artikel Vice tentang qasidah yang dipake jadi meme, cukup melegakan lah, hehe… At least direstui sama si ibu.

Q: Awalnya qasimin suka dengerin musik qasidahan nggak?

I like many kinds of music sih… Kalo qasidah ya paling taunya yang sering disetel di masjid atau pas ada pengajian. Many are good, actually. Tapi baru-baru ini aja tahu bahasannya bisa seluas itu hahaha.

Q: Menurut qasimin sendiri, apa sih keunikan lagu qasidah?

Unik karena relatable banget. Siapa sangka Facebook, Youtube, prewedding, bisa jadi bahan qasidahan kan. I guess memang udah seharusnya seperti itu karena tujuannya kan syi’ar ya. Jadi mesti relatable dan accessible buat banyak orang.

Q: Kan stok memenya dari video qasidahan nih. Terus kalau materinya mulai habis, bagaimana tuh?

meme qasidah 7

Lagi-lagi qasimin menjawab dengan meme qasidah. (Sumber: Qasidah Memes For All Occasions)

Ada ide bikin meme dengan bahan lain sih. Tapi sementara yang ini aja dulu. Capek hahahaa…

Q: Harapan qasimin untuk kedepannya, baik dari sisi meme qasidahan atau musik qasidahan pada umumnya?

Harapannya semoga melalui meme dan lagu qasidah, orang Indonesia bisa lebih woles dan dapat beragama dengan riang gembira.

***

Wah, ternyata wawancaranya menarik sekali ya! Baik Nasida Ria dan fanpage Qasidah Memes ternyata membawa pesan positif baik lewat lagu qasidah dan meme yang muncul darinya. Nah, setelah akrab dengan meme-meme qasidahan, apakah bro sis jadi tertarik mendengarkan lagu qasidah?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Woody Allen (sumber: Thestudioexec.com)

Woody Allen, Komedi = Tragedi + Waktu

Woody Allen adalah seorang sutradara kawakan Holywood yang sudah menghasilkan 47 film dan empat diantaranya membuatnya m.. more

Sumber gambar: cnet.com

GoPro Hampir Bangkrut? From Zero to “Hero” and Back to Zero Again

Jika 5-10 tahun lalu seseorang mengatakan “GoPro akan segera bangkut!” maka orang tersebut mungkin akan ditertawakan.. more

Sumber: www.comingsoon.net

The Cloverfield Paradox: Tidak Semua yang Mengejutkan Itu Baik

Tahun ini, “Cloverfield” muncul dengan judul “The Cloverfield Paradox” yang “sedikit” agak memaksa para peni.. more

Duta Pi, Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge dengan ‘As Long As I Lived’

Setelah diumumkan sebagai pemenang One Shot Challenge Vol. 1, kini saatnya Duta Pi, author dari As Long As I Lived menda.. more

Black Panther 2 Tengah Disiapkan; Akan Tampilkan Donald Glover

Aktor dan rapper Donald Glover (alias Childish Gambino) dibidik sutradara Ryan Coogler untuk bermain di Black Panther 2... more