Biarpun Gak Terkenal, 6 Film Animasi Underrated Ini Ternyata Bagus dan Keren Banget, Lho!

2 weeks ago
youtube.com

Entah sadar atau tidak, film animasi yang selama ini kita tonton ternyata hanya berasal dari 2 atau 3 rumah produksi, lho. Sebut saja Frozen, Zootopia, Moana dan How to Train your Dragon yang berasal dari Disney dan Dreamworks Animation. Makanya, gak heran kalau efek dan filmnya meledak di pasaran, karena memang didukung oleh teknologi canggih dan dana yang tidak sedikit.

Tapi diantara dominasi film animasi besar dengan dana yang fantastis ini, ada beberapa judul film animasi yang memiliki plot cerita dan animasi yang tidak kalah bagus, lho. Yuk, lihat aja daftarnya  dibawah ini!

1. 9 (2009)

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

9 adalah film animasi yang bertemakan post-apocalyptic dengan plot cerita yang bisa dibilang cukup gelap. Ceritanya ada seorang boneka yang dihidupkan oleh seorang ilmuan untuk menyelamatkan nasib umat manusia. Boneka ini kemudian berkelana mencari jati dirinya, bertemu dengan teman seperjuangan hingga melawan robot pemusnah yang jahat.

Terdengar sederhana bukan? Tidak juga sebenarnya. Banyak alur dan plot cerita yang sangat tidak bisa ditebak. Film 9 ini juga menyisipkan beberapa filosofis hidup yang bisa dijadikan pelajaran, sekaligus memperlihatkan para penontonnya sisi terburuk yang ada di diri manusia.

Animasi yang disajikan pun bertema gelap, tidak banyak warna dan memiliki beberapa adegan kekerasan hingga kematian. Hmm, mungkin karena alasan ini ya film 9 kurang laku dipasaran. Plot cerita yang terlalu gelap memang tidak cocok untuk dilihat dan dimengerti oleh anak-anak.

2. A Letter To Momo (2011)

Sumber: thepantlessanimeblogger.wordpress.com

Sumber: thepantlessanimeblogger.wordpress.com

Meskipun banyak sekali film animasi asal Jepang kita kenal, ada beberapa judul film animasi yang “tenggelam” akibat popularitas film anime yang mainstream dan terkenal. Salah satunya adalah A Letter to Momo, sebuah film animasi Jepang yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Momo yang bertemu 3 roh halus yang nakal.

Meskipun ada elemen roh halus dan hantu, film ini sebenarnya memiliki plot yang jenaka, kok. Kamu pasti bakal banyak tersenyum dan tertawa melihat kelakukan Momo dan 3 roh halus temannya. Tapi hati-hati ya, akhir ceritanya bisa banget bikin kita nangis lho!

3. Song of The Sea (2014)

Sumber: cartoonpregnancy.wikia.com

Sumber: cartoonpregnancy.wikia.com

Nah, ini dia salah satu judul film animasi underrated yang punya cerita unik dan berbeda dari yang lain. Song of The Sea merupakan film animasi asal Irlandia yang bercerita tentang petualangan Ben dan Saoirse untuk menyelamatkan dunia para peri. Mereka berpetualang menuju dunia para peri, hingga akhirnya menemukan sesuatu yang tak terduga.

Berbeda dengan film animasi pada umumnya, film ini menggunakan teknik gambar 2 dimensi yang lebih ramah di mata anak-anak. Tapi disinilah menariknya, animasi yang ditampilkan sama sekali tidak kaku. Karakter yang ditampilkan pun sangat alami, bisa kita lihat dengan detail emosi yang ditampilkannya.

Plot cerita yang kompleks pun bisa dibuat sederhana, sehingga film ini sangat ramah untuk ditonton bersama anak kecil. Makanya, gak heran kalau Song of The Sea ini pernah masuk nominasi Oscar pada tahun 2015.

4. The Secret of The Kells (2009)

Sumber: ladygeekgirl.wordpress.com

Sumber: ladygeekgirl.wordpress.com

Berasal dari rumah produksi yang membuat Song of The Sea, film The Secret of The Kells juga termasuk film animasi yang bagus banget. Memiliki cerita yang unik tentang petualangan mistik seorang bocah bernama Brendan untuk memecahkan kode di Buku Ajaib di Abbey of Kells.

Film ini mirip dengan film Song of The Sea, tapi memiliki animasi yang lebih kasar dan lebih “kotak-kotak”. Tapi meskipun begitu, film ini tetap ciamik banget kok, ga kalah deh sama film-film Disney lainnya. Penonton pasti akan terbius dengan animasi, transisi warna dan cerita petualangan yang unik.

5. The Prophet (2014)

Sumber: abudhabi2.com

Sumber: abudhabi2.com

Buat kamu yang suka dengan film animasi dan karya sastra, kayanya wajib banget deh nonton The Prophet. Film ini dibuat berdasarkan buku kumpulan frase dan puisi karya Kahlil Gibran yang terbit pada tahun 1923. Dan seperti bukunya, film The Prophet ini penuh dengan cerita dan puisi indah dengan pelajaran hidup.

The Prophet sebenarnya termasuk film naratif, dimana penonton akan lebih banyak fokus mendengarkan daripada melihat aksi yang ditampilkan di layar. Karena itulah pengisi suara film The Prophet gak main-main, mulai dari aktor sekelas Liam Neeson hingga Salma Hayek. Cobain deh nonton film ini sambil fokus dan pakai headset, gak akan nyesel!

6. The Little Prince (2015)

Sumber: thelittleprince.com

Sumber: thelittleprince.com

Film terakhir yang juga kurang dikenal di Indonesia adalah The Little Prince, sebuah film yang diadaptasi dari buku Le Petit Prince karangan Antoine de Saint-Exupéry. Film ini bercerita tentang petualangan Mackanzie yang berpetualangan ke dunia fantasi untuk menyelamatkan Sang Pangeran Kecil.

The Little Prince ini diisi oleh pengisi suara kelas atas seperti Jeff Bridges, Rachel McAdams, James Franco dan Paul Rudd. Tapi sebenarnya bukan cuman itu alasan yang membuat film ini sangat bagus, melainkan pelajaran-pelajaran hidup yang bisa diambil dari setiap adegan yang ada. Baik anak kecil maupun orang tua, film The Little Prince dipercaya akan memberikan inspirasi pada siapapun yang menontonnya.

Nah, itulah beberapa film animasi yang underrated dan kurang terkenal di Indonesia. Hmm kira-kira mana ya yang punya plot cerita paling unik dan asik? Yuk, berikan komentar kalian.

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

Sensor visual yang absurd dari TV Indonesia. Sumber gambar: twitter.com/adrianreynald

Sensor TV Indonesia Terlalu Ketat: Apakah Benar Efektif?

Saya akan setuju jika konten eksplisit bersifat kekerasan (seperti darah, mayat, hal-hal gore lainnya) mendapatkan senso.. more

Nintendo Mengumumkan Peripheral Terbaru Untuk Switch: Nintendo Labo!

Nintendo Labo mengajak gamer untuk bermain game interaktif dengan bantuan kertas karton! Seperti apa ya gamenya?.. more

Dua rival sistem operasi mobile saat ini. Sumber gambar: curzonhomecinema.com

Mengapa Fans Apple Sangat Loyal?

Mengapa mereka seloyal itu? Apa yang membuat mereka rela melakukan hal yang banyak dicibir orang di luar fans produk App.. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

CIAYO Comics One-Shot Challenge

Tips & Trik Menangin CIAYO Comics One-Shot Challenge

Guys and gals, CIAYO Comics ngadain One-Shot Challenge loh…Pada tahu nggak apa itu komik one-shot? Ato dari mana aja b.. more