Biarpun Sangat Sederhana, 7 Komik Ini Sudah Terkenal di Dunia Lho!

10 months ago
Sumber: xkcd.com

Mungkin pembaca CIAYO Comics sering berandai-andai ingin jadi komikus terkenal, tapi ga punya skill gambar yang mumpuni. Memang sih, ga semua orang bisa gambar sebagus Haryadi yang bikin komik Rixa atau Ockto Baringbing dan Catur Ary CS dengan karya Suryaraka-nya.

Tapi tenang saja guys, ga semua komik bagus itu harus punya teknik gambar dan story art yang sangat detail kok. Buktinya, ada banyak sekali komikus yang membuat komik sederhana tapi sudah terkenal di seluruh dunia.

Yuk, kita lihat beberapa komik sederhana di bawah ini!

Sarah Anderson

Siapa sih yang ga kenal dengan komik Sarah Scribbles? Komik strip hitam putih karangan Sarah Andersen ini digambar dengan style yang sederhana, sedikit kasar dan punya plot cerita yang sangat ringan. Mulai dari keseharian pengarang sebagai wanita, hingga suka dukanya menjadi komikus.

Sarah Scribbles yang mulai terbit pada tahun 2011 ini memang digemari banyak masyarakat karena memiliki cerita yang lucu dan jenaka dan dapat dirasakan sehari-hari. Gambarnya yang khas dan sederhana dipadukan dengan cerita yang mudah dicerna memang membuat Sarah Scrible jadi favorit semua orang ya!

Komik sederhana - sarah

Sumber: boredpanda.com

The Little World of Liz Climo

The Little World of Liz Climo adalah sekumpulan komik tentang binatang yang dibuat oleh Liz Climo, komikus wanita asal San Francisco. Awalnya, Liz Climo iseng membuat blog komik di Tumblr untuk mengisi waktu luangnya. Tapi karena karyanya yang lucu dan jenaka, komiknya menjadi viral dan disukai oleh banyak orang hingga sekarang.

Salah satu alasan utama kenapa The Little World of Liz Climo menjadi terkenal adalah gambarnya yang sangat sederhana digabungkan dengan plot cerita yang mudah sekali dipahami. Komiknya pun tidak memiliki banyak panel, hanya 2-3 panel saja setiap komiknya. Tapi dengan begitu, anak-anak maupun orang tua menjadi jatuh cinta dengan komik ini.

Komik Sederhana - The Little World

Sumber: lizclimo.tummblr.com

Catana Comics

Kalau kamu cari komik yang romantis untuk dibaca bareng pacar, cobain deh baca Catana Comics karangan Catana Chetwynd. Komik ini berisikan ‘relationship goals’ yang digambar berdasarkan pengalaman dari sang pengarang, yang tentu setiap ceritanya dapat dirasakan oleh semua pasangan di seluruh dunia.

Teknik gambar yang digunakan Catana Comics sebenarnya sangatlah sederhana, tidak ada detail, tidak realitis dan berwarna hitam putih. Tapi karena memang ceritanya yang minimalis, lucu dan manis, banyak sekali lho orang yang suka dengan Catana Comics!

Komik Sederhana -Catana Comic

Sumber: boredpanda.com

Joan Cornella

Kalau kamu sering berseliweran di internet pasti pernah nemu deh komik karya Joan Cornella yang absurd, membingungkan, dan penuh dengan plot twist dan humor gelap. Teknik gambar dan warna yang dipakai di komik ini sebenernya sangat sederhana, ga ada detail dan bahkan ga ada percakapan antar karakter.

Tapi meskipun begitu, komik Joan Cornella punya angka penggemar yang fantastis lho. Di akun Instagramnya sudah ada 1.7 juta follower lho! Alasannya memang komik ini punya gaya dan cerita yang khas, yang membuat siapapun akan langsung tahu karya Joan Cornella walaupun hanya melihat sekilas.

Komik Sederhana - Joan Cornella

Sumber: smartshanghai.com

Oh No (webcomicname)

Komik karangan Alex Norris asal Inggris baru-baru ini jadi hits dan banyak dibaca oleh orang-orang di banyak negara. Alasannya, cerita komik ini dibuat sesuai dengan penyesalan-penyesalan kecil yang kita rasakan setiap harinya. Saat kamu baca komik ini, pasti deh kamu bakal merasa ‘ih ini gue banget!’ saat membaca setiap ceritanya.

Dan kalau kita lihat teknik gambar yang dipakai oleh pengarang, bisa kita liat kalau ga ada sama sekali detail pada karakter atau latar belakang. Panel yang dipakainya pun sedikit, 2-3 panel saja untuk setiap cerita. Tapi mungkin disitulah ciri khas dan daya tariknya ya, buktinya follower Instagramnya udah nyampe ratusan ribu lho!

Komik Sederhana - Oh No

Sumber: webcomicname.com

Cyanide & Happiness

Hampir serupa dengan Joan Cornella, komik Cyanide and Happiness juga punya cerita dan plot twist yang gelap. Bedanya, Cyanide and Happiness menggunakan teknik gambar dan warna yang lebih simpel. Mereka menggunakan stick figures sebagai karakter utamanya, yang ditambahkan ‘bumbu’ cerita yang gelap, ga rasional bahkan terkesan vulgar.

Karena alasan inilah komik Cyanide & Happiness begitu banyak digemari oleh orang dewasa. Cerita dan gambar yang sangat sederhana tapi punya plot twist yang sama sekali ga ketebak bikin orang ketagihan buat terus baca komik lagi. Tapi ingat, jangan dibaca di deket anak kecil ya!

Komik Sederhana - Cyanhap

Sumber: explosm.net

xkcd

Oke, komik terakhir ini mungkin belum terkenal di Indonesia. Tapi percaya deh, orang yang doyan dan ngikutin sejarah komik strip pasti tahu siapa itu xkcd. xkcd bisa dibilang sebagai sesepuh dari komik strip, sudah terbit sejak 12 tahun yang lalu lho!

Tapi meskipun sudah terbit sangat lama, xkcd tetap menggunakan stick figures dan warna hitam putih sebagai ciri khasnya. Topik dan cerita yang dibahasnya pun tidak berubah, tetap menceritakan kisah seputar programming, matematika, dan lelucon tentang ilmu pengetahuan. Wah, kalau ceritanya berat gini kayanya susah ya terkenal di Indonesia.

Komik Sederhana - xckd

Sumber: explosm.net

Nah, itulah beberapa judul komik sederhana yang sudah terkenal di hampir seluruh dunia. Dan setelah melihat teknik gambar komik-komik di atas, sudah terbukti bukan kalau bikin komik ga harus bisa jago gambar?

Kalau kamu lagi mencari komik dengan cerita sederhana yang relatable banget, cek aja langsung webtoon genre slice of life di CIAYO Comics. Ada komik Micin soal kepolosan anak-anak yang, ada juga Kudjo yang berkisah soal kehidupan mencari kerja. Semuanya dijamin dapat menghibur dan mengisi harimu!

Banner Komik Slice of Life

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: Billboard)

Music Video K-Pop TVXQ Sengaja Menghilangkan Jepang dari Peta Dunia?

Sudah lihat music video terbaru boyband TVXQ? Ternyata ada yang hilang, loh! .. more

Sumber gambar: personacentral.com

Dragon’s Crown: Game yang Dicela dan Dipuja

Dragon’s Crown adalah game yang menimbulkan polarisasi di antara penggemar video game. Perbedaan pendapat yang ada sam.. more

Sumber: Comic Book

Antologi Anime Horor Junji Ito Tayang Januari 2018, Bakal Membuatmu Merinding Ketakutan!

Di tahun 2018 nanti, sebentar lagi bakalan ada anime terbaru dari Junji Ito loh bro sis... more

(Source : Facebook @WelcomeSapporo)

“Sapporo Snow Festival” Festival Salju Terbesar di Jepang

Festival musim dingin terbesar di Jepang bernama Sapporo Snow Festival sudah dibuka lho... more

Audiobook Ready Player One. Sumber gambar: kissmywonderwoman.com

Mengupas Trailer Ready Player One yang Seru Banget!

“Ready Player One” sejatinya bukanlah film yang berasal dari video game. Elemen video game di film ini adalah tema. .. more