Bird Box: Berhentilah Melihat, Teruslah Bertahan Hidup

8 months ago
00-bird-box-netflix

Di atas kertas, Bird Box memang sangat meyakinkan, apalagi film ini merupakan adaptasi dari novel karya Josh Malerman yang banyak mendapat review positif. Ditambah lagi skenario film ini ditulis oleh Eric Heisserer, Screenplay dari film Arrival yang banyak mendapatkan pernghargaan di tahun 2016. Dan yang paling luar biasa adalah nama Susanne Bier sebagai sutradara (pemenang dalam Primetime Emmy Awards di tahun 2016 atas film berjudul The Night Manager).

Jadi jika muncul pertanyaan mengapa Sandra Bullock mau berperan dalam film ini? Tentu semua yang saya paparkan di atas bisa menjadi alasan terkuatnya. Di bawah naungan Netflix, Bird Box menjadi kesempatan yang bagus bagi Sandra Bullock untuk mulai bermain di dunia streaming. Tapi apakah ini benar-benar menjadi keberhasilan yang manis, atau jangan-jangan kemenangan di atas kertas film ini hanyalah tipuan belaka?

Baca Juga: Netflix Makin Sibuk Menguasai Pasar Hiburan Amerika dan Dunia

Review Bird Box

Sarah Paulson Tampil bagus walau singkat. Sumber: Bloody Disgusting

Sarah Paulson Tampil bagus walau singkat. Sumber: Bloody Disgusting

Bird Box merupakan film ber-genre horror, yang seharusnya bisa membuat penonton tersentuh. Kisah tentang usaha orang tua untuk memberikan harapan kehidupan pada anak mereka ketika semua yang ada disekeliling mereka hanyalah petaka, terror, dan kematian.

Penampilan Sandra Bullock sebagai Malorie sangatlah meyakinkan, ditambah lagi para pemain pendukung tampil sangat bagus. Alur cerita meloncat dengan rapi, dan konflik yang ditampilkan juga cukup beragam. Apalagi ketika cerita berputar  disebuah rumah yang mempersempit setting film. Ini bukan jenis film yang bertumpu pada jumpscare, melainkan fokus kepada cerita dan mencoba membuat kejutan lewat beberapa twish.

Bahkan dua bocah dalam film ini tampil sangat bagus. Sumber: Bloody Disgusting

Bahkan dua bocah dalam film ini tampil sangat bagus. Sumber: Bloody Disgusting

Dibabak awal semua yang Bird Box lakukan terasa sangat rapi dan bagus, tapi ketika setting cerita keluar dari ruangan sempit, ruang lingkupnya jadi terlalu luas, beberapa detilnya jadi kacau, dan kualitas meyakinkan di awal jadi turun merosot.

Menonton Bird Box tentu akan membuat semua orang teringat film horror tahun ini yang sangat sukses A Quiet Place, ide cerita yang hampir mirip tapi dengan eksekusi yang berbeda. Jika dalam A Quiet Place suara adalah sumber petaka, maka dalam film ini, melihat adalah pemicu utamanya.

Saat menutup mata adalah cara untuk hidup. Sumber: Film Book

Saat menutup mata adalah cara untuk hidup. Sumber: Film Book

Saya tidak bisa menyebut bahwa unsur horror adalah menu utama film ini. Sepanjang film saya merasa itu hanyalah pelengkap yang membantu agar ceritanya punya alasan untuk diikuti. Tragedi bunuh diri masal yang pertama kali muncul di televisi pun hampir terabaikan oleh dialog Sandra Bullock dengan Sarah Paulson (berperan sebagai Jessica) yang jauh lebih menarik.

Cerita terbagi atas dua jalur waktu berbeda, setiap jalur coba mengungkap beberapa pertanyaan dan membuat penonton memahami apa yang sebenarnya terjadi. Tapi sekali lagi, film ini tidak berusaha menjawab pertanyaan besar atas misteri yang ada, melainkan fokus pada pergulatan emosi tokoh utama yang sebelum semua bencana dimulai, merupakan sosok manusia paling putus asa.

Satu dari dua alur cerita Bird Box yang penuh misteri di awal-awal. Sumber: Awards Circuit

Satu dari dua alur cerita yang penuh misteri di awal-awal. Sumber: Awards Circuit

Menarik saja bisa melihat Sanda Bullock jadi lebih tegar dan kuat padahal saat ia bermain dalam film Gravity, karakternya terlihat sangat bingung dan traumatik. Elemen penutup mata yang yang dijadikan anti kematian juga memberi dampak yang cukup bagus, walau saya rasa ini tidak sebagus keheninga dalam A Quiet Place yang terasa lebih mencekam serta mendebarkan.

Kesimpulan

Susanne Bier selaku sutradara film ini. Sumber: Fotogramas

Susanne Bier selaku sutradara film ini. Sumber: Fotogramas

Bird Box punya ide yang bagus dan menarik di atas kertas, tapi tak bisa mempertahankan hal itu hingga ketitik terakhir film. Akting Sandra Bullock luar biasa, demikian juga dengan para pemeran pendukungnya. Pemilihan alur yang bercabang dua merupakan ide yang cemerlang.

Tapi ini bukanlah film layar lebar, jadi untuk sekala film yang ditonton secara streaming, Bird Box cukup sebagai pengisi hari libur di rumah. Mungkin yang membuat banyak penonton tidak bisa memahami perasaan simpati mereka pada para orang yang masih hidup adalah ketika semua manusia yang hidup disebut melakukan pertahanan yang luar biasa, tapi semua orang tak pernah tahu apa yang sebenarnya tengah mereka hadapi. Apakah itu iblis, atau jangan-jangan ini tentang cara Tuhan menjemput manusia kembali ke surga.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

00 d sutradara unik

Wow! 6 Sutradara Ini Ternyata Punya Ciri Khas Unik di Setiap Karyanya

Setiap sutradara nggak hanya mengarahkan film dari awal sampai akhir, namun juga memberikan sentuhan unik yang membuat f.. more

00-d-yukaina-festival-2018

Hadirilah Yukaina Festival 2018 Universitas Pakuan

Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMJA) Universitas Pakuan mempersembahkan festival kebudayaan Jepang Yukaina Festival .. more

Kakek-kakek Tapi Robot? Inuyashiki Live Action Segera Tayang di Indonesia!

Seorang kakek dan anak muda tersambar petir. Keduanya menjadi robot. Namun sang kakek menjadi pembela kebenaran, dan si .. more

Sumber: Variety

Disney Akuisisi Aset Film dan TV Fox: Apa Untungnya Bagi Disney?

Nah, apa sih arti akuisisi aset Fox ini buat Disney?.. more

00 d dilan bad boy

Dilan dan Fenomena “Anak Nakal” Baik Hati di Dunia Nyata

Apasih yang bikin sosok Dilan menarik di mata kaum hawa? Dan benarkah anak nakal yang berhati baik jadi sosok idaman?.. more