Bisakah MANGA Plus Mendominasi Pasar Komik Web Dunia?

3 weeks ago

Manga dari Jepang tak perlu diragukan memiliki reputasi yang sangat harum di seluruh dunia. Namun, sebagian besar penggemar manga sulit untuk mengakses judul-judul favorit mereka. Maklum, masih banyak manga yang didistribusikan secara eksklusif di Jepang karena penerbit belum menyadari reputasi konten mereka yang telah mendunia.

Kekosongan ini pun diisi oleh berbagai platform komik lain. Webtoons dari Korea mempopulerkan format komik scroll down yang sukses mendunia. Dengan konten yang mudah diakses dan keleluasaan bagi para author amatir untuk menerbitkan komik mereka, tak heran format ini menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir.

MANGA Plus menyajikan komik baru yang tayang serentak dengan versi Jepangnya. Sumber: Nawala Karsa
MANGA Plus menyajikan komik baru yang tayang serentak dengan versi Jepangnya. Sumber: Nawala Karsa

Entah karena merasa jengah dengan situasi pasar yang demikian, atau baru saja menyadari potensi besar dari para fans manga di seluruh dunia, penerbit manga Shueisha akhirnya meluncurkan MANGA Plus. MANGA Plus adalah website dan aplikasi smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk membaca manga terbitan Shueisha. Jika kamu asing dengan nama Shueisha, mungkin kamu mengenal salah satu majalah manga terbitannya, yaitu Shonen Jump yang jadi rumah berbagai manga populer seperti Dragon Ball, Naruto, One Piece, dan masih banyak lagi!

Kemunculan MANGA Plus tentu jadi kabar bahagia buat para pecinta manga. Pasalnya, sekarang mereka bisa membaca berbagai manga terpopuler di Jepang, dengan harga yang terjangkau serta bersamaan dengan jadwal terbit di Jepang! Namun, bisakah platform ini mengalahkan dominasi platform komik lain yang sudah ada sebelumnya?

Akses Manga Jepang Semakin Mudah

Tampilan utama MANGA Plus. Sumber: MANGA Plus
Tampilan utama. Sumber: MANGA Plus

MANGA Plus bisa diakses melalui aplikasi iOS dan Android, atau melalui situs web. Begitu masuk, kamu akan disambut dengan berbagai update manga terbaru yang baru saja dirilis. Berbagai manga yang bisa dibaca di sini sebagian besar sudah terbit dan tamat di majalah Shonen Jump, Jump Plus, dan Jump SQ. Sebagian lainnya merupakan judul original dengan format scroll down. Seluruh komik di platform ini sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris dan Spanyol.

Beberapa manga di platform ini bisa dibaca secara gratis dari awal sampai akhir. Sebagian lainnya bisa dibaca gratis untuk beberapa chapter pertama dan terbaru. Untuk membaca chapter di tengah-tengah, ada biaya yang dikenakan (untuk saat ini belum ada metode pembayaran). Sayang untuk saat ini kriteria manga seperti apa yang gratis dan berbayar belum dijelaskan dengan baik.

Membaca Haikyuu di situs web. Sumber: MANGA Plus
Membaca Haikyuu di situs web. Sumber: MANGA Plus

Membaca manga di MANGA Plus adalah pengalaman yang terasa gado-gado. Jika membaca di website, manga standar seperti Naruto bisa dibaca baik-baik saja, namun untuk manga format scroll down seperti Dricam akan terasa canggung karena ukuran panel yang besar dan harus men-scroll down lebih sering. Berbeda dengan di app smartphone, membaca manga standar justru terasa unik karena halaman baru harus di-swipe ke kanan.

Sejauh ini, kualitas aplikasinya bisa dikatakan kelewat standar dan sederhana, namun masih bisa dimaklumi karena mereka baru saja launching. Harapannya ke depan, platform ini bisa menambah berbagai fitur dalam aplikasinya.

Melawan Raksasa Komik Lain

Membaca Dricam di aplikasi smartphone. Sumber: MANGA Plus
Membaca Dricam di aplikasi smartphone. Sumber: MANGA Plus

Lalu, apakah MANGA Plus bisa mengalahkan hegemoni platform komik web lain yang telah hadir lebih dulu? Jawabannya tidak, setidaknya untuk sekarang.

Walaupun memiliki berbagai judul manga terpopuler di seluruh dunia, perlu kembali diingat bahwa kemunculan platform ini bisa dikatakan sangat terlambat. Kita perlu memahami bahwa naiknya berbagai platform komik web seperti Webtoons dan Tapas, salah satu alasannya adalah karena terjadi kekosongan dalam pasar komik yang tidak serta merta diisi oleh para penerbit Jepang. Mereka masih mengandalkan media fisik untuk menjual manga ke luar Jepang, sementara distribusi web pun hanya ala kadarnya saja.

Inilah kekosongan yang diisi oleh platform komik web. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan user experience yang oke, platform-platform ini mampu menyajikan pengalaman membaca komik yang nyaman serta instan. Kemunculan MANGA Plus setelah sekian lama hanya terlihat sebagai aksi yang kelewat lamban dan penuh desperation.

My Hero Academia, salah satu judul Shonen Jump terpopuler. Sumber: MANGA Plus
My Hero Academia, salah satu judul Shonen Jump terpopuler. Sumber: MANGA Plus

Untuk saat ini, kemunculan MANGA Plus tidak akan merubah iklim di jagat perkomikan global, namun setidaknya memberikan pembaca lebih banyak variasi judul komik yang bisa dibaca. Jika di platform yang sudah ada misalnya, terlalu banyak cerita romance dan drama, pembaca bisa beralih ke MANGA Plus; begitu pula dengan sebaliknya.

Jika MANGA Plus benar-benar ingin mendominasi platform lain, satu-satunya cara adalah dengan mengalahkan mereka di kandang sendiri. Platform ini harus berani membuat inovasi sambil terus memenuhi kebutuhan pembaca global saat ini. Jika MANGA Plus berhasil, bukan tidak mungkin aplikasi ini bakal jadi raja baru di dunia komik.

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Bicara soal pasar komik dunia, CIAYO Comics juga punya berbagai judul komik yang bisa dibaca dalam bahasa Inggris! Jika kamu sedang travelling ke luar negeri, kamu bisa tunjukkan komik CIAYO Comics berbahasa Inggris kepada teman-teman di luar negeri! Yuk langsung cek ke CIAYO Comics!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

universitas multimedia nusantara desktop

Asyiknya Menonton Animasi Pendek Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara menayangkan 32 film pendek karya mahasiswa prodi film dan animasi. Semuanya menampilkan.. more

Dilan 1990

Film Ini Ngalahin Star Wars di Trending Topic

Indonesia kemarin sempat dikagetkan dengan trending topic Twitter yang ada. Ternyata hal ini disebabkan oleh film Dilan .. more

sumber: cultfix.co.uk/

The Titan, Bumerang Netflix yang Menawan namun Malah Menyerang Balik

Film Netflix yang satu ini kayaknya gak sesukes film lainnya. Film yang ini bercerita mengenai seorang militer yang berp.. more

Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

Komikus GHOSTY's COMIC, Fajar Ghosty, adalah salah satu juri dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Mari mengenalnya lebih d.. more

00 film terbaik 2018

Ini Dia Film Terbaik 2018 Dari Berbagai Jenis Genre!

Tak ada salahnya kilas balik di penghujung tahun ini untuk kembali menonton film terbaik 2018 dari berbagai jenis genre .. more