Bisnis Video Game di Indonesia Sangat Menjanjikan!

5 months ago
Bisnis Video Game di Indonesia

Dalam 10 tahun terakhir, bisnis video game di Indonesia berkembang sangat pesat. Tidak hanya memproduksi game di dalam negeri, para developer dan publisher video game asal Indonesia juga menjual game mereka di luar negeri. Sebagian bahkan terlibat dalam produksi video game AAA dari developer internasional!

Namun pertanyaannya, seberapa menguntungkan bisnis video game di Indonesia? Belum lama ini, Badan Ekonomi Kreatif merilis data-data menarik tentang industri bisnis video game dan aplikasi. Informasi ini bisa memberi kamu gambaran seperti apa kondisi industri dan bisnis video game di Indonesia. Penasaran?

Berbagai booth game lokal di Game Prime. Sumber: Game Prime
Berbagai booth game lokal di Game Prime. Sumber: Game Prime

Menurut BEKRAF, saat ini video game telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. “Nyatanya, game telah banyak dimanfaatkan sebagai sarana edukasi,” ungkap BEKRAF melalui akun Twitter.

“Sementara bagi perekonomian, perkembangan game yang pesat juga mendorong pertumbuhan subsektor periklanan, video, musik, dan lainnya,” lanjut BEKRAF. Hal ini tentu saja sangat masuk akal, karena dalam industri video game dibutuhkan peranan bidang ilmu dan industri lain. Game harus dipasarkan, sehingga membutuhkan industri periklanan. Game membutuhkan musik latar, sehingga industri musik pun dilibatkan dalam produksi game. Masih ada banyak contoh keterlibatan industri lain dalam pembuatan video game.

Indonesia adalah konsumen game terbesar ke-16 di dunia. Sumber: Game Prime
Indonesia adalah konsumen game terbesar ke-16 di dunia. Sumber: Game Prime

Kamu tahu nggak, kalau Indonesia merupakan pasar video game terbesar ke-16 di seluruh dunia? Ternyata perkembangan pasar video game di Indonesia berkembang pesat dan selaras antara kita sebagai konsumen dan juga para pengembangnya. “Jika dilihat secara makro, game yang tergabung dalam subsektor aplikasi dan game memiliki laju pertumbuhan 7,9%,” papar BEKRAF.

Dengan jumlah sekitar 44,733 orang yang menjadi tenaga kerja di sektor video game dan aplikasi, ditambah perkembangan pasar game serta laju pertumbuhan PDB-nya, industri video game dan aplikasi di Indonesia ternyata mampu menghasilkan nilai PDB sebesar 19,1 triliun Rupiah!

BEKRAF menghubungkan pelaku industri dengan pasar yang membutuhkan mereka. Sumber: CIAYO Pictures
BEKRAF menghubungkan pelaku industri dengan pasar yang membutuhkan mereka. Sumber: CIAYO Pictures

Bagaimana caranya industri dan bisnis video game di Indonesia bisa bernilai hingga triliunan Rupiah? Salah satu alasannya adalah karena ada sinergi yang sangat baik antara pemerintah dan industri. Lewat acara-acara seperti Game Prime dan Archipelageek, pemerintah dan industri sama-sama memajukan industri video game Indonesia hingga bisa diperhitungkan di pasar internasional.

Nah, setelah dari sisi pemerintah dan industrinya oke, kepingan puzzle terakhirnya ada pada kamu. Apakah kamu sudah siap untuk ikut memajukan industri video game Indonesia? Apa video game asli Indonesia yang terakhir kali kamu mainkan? Belum terlambat untuk turut membantu para developer game lokal dengan membeli game mereka (beli ya, bukan ngebajak!). Karena kalau bukan kita dan orang lain yang memainkan game Indonesia, maka siapa lagi?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: cotoacademy

Sejarah Kotatsu dan Kepopulerannya, Meja dengan Penghangat Khas Rumah di Jepang

Disinilah peran Kotatsu di kehidupan warga Jepang... more

vandaria anthology

Vandaria Anthology: 3 Komik Vandaria Rilis Serentak di CIAYO Comics!

Nggak hanya satu komik, tapi tiga komik baru! Vandaria Anthology adalah kumpulan komik Vandaria Saga ciptaan komikus yan.. more

(Sumber : Koleksi foto Forum Komik Jogya)

Bincang-Bincang Santai Dengan Anggota Forum Komik Jogya

Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota tempat lahirnya para seniman. Seperti salah satu forum ini, yang dijadik.. more

Logo dari Google Glass. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Google Glass: Kegagalan Google yang Tidak Terduga

Google bukanlah perusahaan yang tanpa pernah sekalipun salah perkiraan atau mengalami kegagalan. Karena ada masa Google .. more

7 Film Pilihan di Bulan Februari, Bulan Cinta yang Dihiasi Genre Thriller

Februari yang dikenal sebagai bulan penuh cinta tidak membuat film-film yang akan tayang dikuasai oleh genre drama roman.. more