Black Panther: Kemegahan Superhero Modern Afrika

3 months ago
00-d-black-panther

Black Panther; satu lagi judul film superhero yang bergabung dalam jajaran Marvel Cinematic Universe. Film arahan Ryan Coogler ini diantisipasi banyak orang serta fans Marvel. Bagaimana nggak, bro sis. Untuk pertama kalinya dalam sejarah film MCU, kita akan diajak untuk menemui sisi lain dari benua Afrika serta superhero pelindungnya.

Apa yang terlintas di kepala bro sis ketika mendengar kata “Afrika” dan “Film”? Representasi Afrika dalam film biasanya terbatas pada setting belantara atau alam liar. Lokasi yang cocok untuk film petualangan atau perang. Suku-suku pedalaman pun biasa muncul, layaknya dalam film The Gods Must Be Crazy atau Mr. Bones. Jikalau ada setting kota atau bertema sains fiksi pun, suasananya justru muram seperti dalam District 9 dan Chappy.

01 black panther

Sisi lain Wakanda yang disembunyikan oleh hologram. (Sumber: Blackfilm)

Lewat Black Panther, bro sis akan diajak untuk mengenal Wakanda, sebuah negara yang sekilas terlihat kecil dan melarat, namun sebenarnya menyembunyikan sumber daya alam yang sangat berharga. Pada zaman purbakala, meteorit yang mengandung elemen vibranium jatuh di dataran Afrika. Peperangan terjadi untuk memperebutkan vibranium, namun konflik berhasil dihentikan oleh sosok Black Panther.

Black Panther adalah sosok yang memakan herba berbentuk hati, yang memberikannya kekuatan super. Dengan kekuatannya, ia menyatukan seluruh suku di Wakanda dan memerintah mereka. Di tangan Black Panther, Wakanda memanfaatkan vibranium untuk memajukan teknologi negara mereka, sekaligus menyembunyikan eksistensi mereka dari dunia luar. Mereka percaya, vibranium dapat mengundang peperangan sama seperti leluhur mereka di masa lalu.

02 black panther

T’Challa pulang dari sebuah misi penyelamatan. (Sumber: The National)

Di masa kini, Wakanda dipimpin oleh Black Panther baru, yakni T’Challa (Chadwick Boseman). T’Challa melanjutkan kepemimpinan ayahnya, T’Chaka (John Kani) yang tewas dalam serangan bom di Perjanjian Sokovia. Ia bahkan sempat terlibat dalam cekcok rumah tangga Avengers antara Captain America dan Iron Man. Sepulangnya ke Wakanda, T’Challa menjalani ritual suksesi dimana ia harus bertarung melawan pemimpin suku Jabari, M’Baku (Winston Duke).

Tugas pertama T’Challa sebagai raja adalah menangkap Ulysses Klaue (Andy Serkis) yang menyelundupkan vibranium dari Wakanda. T’Challa, Okoye (Danai Gurira), dan Nakia (Lupita Nyong’o) harus bertarung dengan bawahan Klaue di tengah transaksi vibranium gelap di Busan. Dengan bantuan agen CIA Everett Ross (Martin Freeman), Klaue berhasil ditangkap. Namun esoknya Klaue dibebaskan dari tahanan oleh tentara bayaran yang dipimpin Erik Stevens (Michael B. Jordan) alias Killmonger. Ross yang terluka, akhirnya dibawa ke Wakanda untuk pengobatan.

03 black panther

Erik menantang T’Challa demi haknya yang terabaikan. (Sumber: The Playlist)

Tak lama berselang, seisi Wakanda digegerkan oleh kehadiran Erik yang membawa mayat Klaue. Yang lebih mengejutkan, Erik ternyata adalah N’Jadaka; anak dari pangeran N’Jobu yang merupakan adik T’Chaka. Mengetahui bahwa ayahnya dibunuh T’Chaka karena bersekongkol dengan Klaue, Erik menantang T’Challa dalam pertarungan suksesi. Jika menang, Erik akan menjadi Black Panther baru dan ia punya rencana untuk menjadikan Wakanda penguasa dunia yang baru. Akankah T’Challa mencegah ambisi Erik?

Black Panther merupakan selingan yang segar dari formula film MCU. Saat berbagai film MCU dihiasi ratusan efek eye-candy dan humor di sana-sini, Black Panther fokus dengan aksi menegangkan, estetika Afrika yang indah, serta tema mencerahkan.

04 black panther

Siapa bilang orang Afrika nggak fashionable? (Sumber: Medium)

Kita bicara soal estetika dulu, yang menjadikan Black Panther sebagai salah satu film bertema afro-futurism yang patut bro sis saksikan. Setting Wakanda menyajikan sebuah visi akan negara Afrika yang modern dan maju dari segi teknologi. Meski demikian, nilai-nilai luhur dan budaya khas Afrika tidak ditinggalkan begitu saja. Anggap saja seperti Jepang, dimana budaya tradisional bisa bersinergi dengan teknologi. Bro sis bisa lihat dari gaya pakaian orang-orang Wakanda, yang menyatukan pakaian sehari-hari mereka dengan motif khas Afrika serta berbagai aksesori tindikan.

Estetika Afrika juga bisa dirasakan lewat soundtrack gubahan Ludwig Göransson. Sepanjang sejarah film MCU, bisa dibilang hanya soundtrack Black Panther saja yang bisa membuat saya tertarik. Göransson berhasil memadukan musik orkestral dengan instrumentasi khas Afrika. Konsep musik tribal yang kuat, dipadukan dengan orkestrasi megah, menjadikan soundtrack Black Panther berkesan dan mudah diingat. Belum lagi ada musik tema yang dikurasikan oleh rapper kenamaan Kendrick Lamar. Sepanjang film ada berbagai musik hip-hop dan R&B yang dimainkan musisi kenamaan seperti dirinya sendiri, Jay Rock, SZA, The Weeknd, Future, Travis Scott, dan masih banyak lagi.

Dibanding aksi, tema dan pesan yang diangkat dalam Black Panther justru menjadi aspek yang menarik bagi saya. Memang di dalam Black Panther ada beberapa adegan aksi yang oke seperti saat kejar-kejaran di Busan. Namun motif yang menjadi dasar dari adegan-adegan aksi tersebut juga digarap dengan matang.

05-black-panther

Suksesi takhta yang begitu cepat membuat T’Challa merasa belum siap memimpin Wakanda. (Sumber: Collider)

Ambil contoh T’Challa. Selepas menjadi Black Panther, ia dihadapkan dengan sebuah tanggung jawab yang besar. T’Challa memiliki skill yang mumpuni dalam pertarungan, namun ia sendiri masih memiliki keraguan dengan berbagai keputusan yang akan diambilnya saat memerintah. Alih-alih memerintah sesuai dengan kemampuannya sendiri, T’Challa justru terbebani dengan pencapaian dari ayahnya di masa lalu.

06-black-panther

Sejak kecil, Erik telah direnggut haknya sebagai putra kerajaan. (Sumber: Blackfilm)

Penampilan Michael B. Jordan sebagai Erik Killmonger juga sangat memuaskan. Saat karakter penjahat film MCU banyak terjebak dalam kepribadian dan motif yang sederhana, Erik memiliki alasan yang kompleks dalam ambisinya menguasai Wakanda. Motif dari Erik sendiri seakan ingin membuka mata kita akan orang-orang Afrika di luar sana yang masih tertindas dan hidup melarat, sementara orang-orang Wakanda memilih untuk mengurung diri dan menyembunyikan kekayaan alam mereka.

07-black-panther

Siapa yang berhak memimpin Wakanda? (Sumber: Charlotte Observer)

Tak hanya menjadi film superhero yang menghibur, Black Panther juga sarat akan unsur budaya dan pesan moral. Nilai-nilai ini tidak disepelekan dengan elemen komedi setiap 10 menit, namun memang didorong terus hingga meninggalkan kesan bagi penonton. Apa yang ingin disampaikan oleh Black Panther sangatlah relevan dengan situasi sosio-politik saat ini. Pada akhirnya, Ryan Coogler mampu menyajikan sebuah film MCU yang mampu membuka perspektif berbeda. Nggak percaya? Coba bro sis nonton sampai credit selesai berputar, dan jawabannya akan langsung terpapar.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: CIAYO Pictures

CHIPS: MONSTER TAP Lolos Menjadi Salah Satu Nominasi Best Mobile Game di Archipelageek 2017

Sebagai salah satu game clicker buatan Indonesia, CHIPS: Monster Tap kembali menunjukan taringnya dengan berhasil menjad.. more

Sumber: www.bbc.com

OST Anime Yuri on Ice Diputar Saat Winter Olympic Games di Pyeongchang, Korea Selatan!

Ternyata ada banyak hal yang bisa didapat dari menonton sebuah anime ya!.. more

Liputan: CIAYO Bagi Takjil #UntukSemua

Seperti yang sudah diberitakan, bahwa CIAYO Comics Situs Baca Komik Online Indonesia bakalan bagi-bagi takjil gratis unt.. more

Mengungkap Hal Tabu dalam Anime Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura bakal ditayangkan lagi tahun depan loh! Bro sis udah dengar beritanya belum?.. more

Game Terbaru Naruto Bertema ‘Team Battle Ninja’ Segera Dirilis Tahun Depan

Walau manga Naruto sudah resmi tamat beberapa tahun yang lalu, namun franchise-nya ternyata belum berhenti mengeluarka.. more