Tabletop Game, Board Game, dan Perkembangannya Selama Ini

2 weeks ago
00-d-tabletop-game

Jauh sebelum video game ataupun permainan berbasis tenaga listrik populer dan menguasai populasi dunia, permainan yang dilakukan oleh manusia kebanyakan berupa permainan yang memanfaatkan aktivitas fisik. Serta permainan yang menggunakan pemikiran otak atau adu strategi.

Baca Juga: Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Hal-hal semacam itu yang menjadi sarana permainan manusia sebelum era permainan elektronik (baik video game maupun permainan elektronik mewah seperti quadcopter / drones muncul dan mendominasi arena bermain di kehidupan sosial manusia modern.

Baca Juga: Trend Drone Quadcopter, Mainan Mahal Yang Prestisius. Ada Lomba Balapannya Loh!

drone

Permainan era modern berbasis elektronik. Sumber: FromWhereIdrone

Permainan sebelum era modern tersebut lazim dikategorikan sebagai “Board / Tabletop Game”. Alias permainan yang dimainkan di atas sebuah permukaan meja. Dan jika dilihat dari popularitas, game jenis ini yang paling populer dan gampang untuk dikenali sepertinya adalah “Catur / Chess”.

Catur, Tabletop Game Lintas Usia

tabletop game catur lipat

Board / Tabletop Game paling populer di dunia? Sumber: MEC

Rasanya mustahil kalau ada yang tidak mengenal permainan Catur.

Permainan dengan menggunakan permukaan 64 kotak dalam format baris 8×8 ini di-klaim berasal dari India sejak abad ke-7 Masehi sebelum kemudian memasuki wilayah Eropa pada abad ke-9 dan akhirnya memiliki standarisasi aturan permainan di abad ke-19.

Dengan format “16 versus 16” di atas papan hitam putih kotak-kotak, permainan Catur menuntut fokus dan pemikiran strategis dari dua pihak yang bertempur adu taktik di atas papan. Kemenangan diraih saat Raja/King dari pihak lawan berhasil direbut. Jika itu terjadi maka permainan berakhir.

tabletop game catur

Digemari segala kelompok umur dan gender. Sumber: FactorDaily

Dalam kasus spesial, kemenangan tidak dapat dicapai sehingga menghasilkan “remis” atau draw/imbang. Hal ini menunjukkan kalau dalam permainan Catur, kemenangan tidak berarti sebuah kondisi yang pasti akan tercapai. Perlu strategi dan kemampuan deduksi tinggi agar dapat memenangkan permainan Catur.

Go: Catur Jepang Berseni Tinggi

Tentu tidak hanya Catur yang ada dan populer sebagai Board / Tabletop Game. Ada juga misalnya “Go” yang berasal dari negara Jepang.

Serunya lagi, Go bahkan sempat dijadikan tema untuk manga/anime “Hikaru no Go” (1999 – 2003). Mungkin tujuannya agar permainan Go ini juga bisa digemari kalangan muda penikmat manga/anime? Karena permainan Go secara tradisional lebih banyak digemari kalangan usia dewasa/tua di Jepang.

tabletop game hikaru no go

Hikaru no go. Sumber: Hulu

Permainan Go sendiri mirip dengan Catur namun dengan peraturan yang berbeda dan bidak berbeda pula.

Jika tujuan catur adalah mengalahkan Raja/King maka Go bertujuan menguasai area permainan/teritori dari lawan. Permainan Go dipercaya berasal dari daratan China sejak 2.500 tahun yang lalu dan banyak dimainkan di wilayah-wilayah Asia Timur.

tabletop game go

Bidang permainan Go. Sumber: Wired

Dungeons & Dragons: Board Game Rumit Tapi Asyik

Lantas bagaimana dengan Board / Tabletop di era modern? Dalam artian tercipta di era abad kini?

Ada yang namanya “Dungeons & Dragons” atau sering disingkat dengan D&D / DnD. Game Board / Tabletop ini diciptakan oleh Gary Gygax dan Dave Arneson pada tahun 1974. Dengan genre ‘Fantasy Tabletop Role-Playing Game’ berbasis narasi, D&D terus bertahan dan jadi salah satu permainan Board / Tabletop terkenal di dunia hingga hari ini.

Dungeons and Dragons bahkan dianggap sebagai nenek moyang game-game Role Playing di era modern; termasuk yang menggunakan platform video game.

tabletop game dnd

Set original “Dungeons & Dragons” tahun 1974. Kini harganya selangit! Sumber: Behance

Di tahun 1977, D&D mengalami separasi dan menjadi dua produk: “Dungeons & Dragons” dengan aturan bermain klasik seperti saat diciptakan oleh Gygax dan Arneson serta “Advanced Dungeons & Dragons” (atau disingkat AD&D) yang lebih terstruktur dengan peraturan yang lebih ketat serta kompleks jika dibandingkan dengan D&D. Namun kedua game pada prinsipnya merupakan game yang sama.

tabletop game advanced dnd

Buku manual resmi AD&D. Sumber: 2WarpsToNeptune

Ingat serial TV horor Netflix “Stanger Things”? Di episode awal Season One terlihat anak-anak itu sedang bermain “Dungeons & Dragons”. Kira-kira seperti itulah cara bermain Board / Tabletop D&D.

Baca Juga: Stranger Things – Serial Netflix Tentang Dunia Lain Yang Menegangkan

tabletop game stranger things

Serunya bermain D&D di tahun ‘80an. Sumber: TheNewYorkTimes

Fun Fact: Capcom pernah menciptakan dua video game arcade D&D dengan setting “Mystara Campaign” ber-genre Action Adventure. Game-game ini berjudul “Dungeons & Dragons: Tower of Doom” (1993) dan “Dungeons & Dragons: Shadow over Mystara” (1996). Pemain arcade era ‘90an hampir pasti mengenali ataupun pernah memainkan kedua game ini.

tabletop game dnd arcade

Versi Game Arcade dari Board / Tabletop Game. Sumber: YouTube

Berbagai Macam Board Game

Selain game-game yang memang diciptakan dengan tujuan dimainkan di atas meja seperti “Ular Tangga” ataupun “Ludo” (orang Indonesia pasti tahu kedua Board / Tabletop Games ini), ada pula Board / Tabletop Games yang dibuat berdasarkan pop icon populer, seperti misalnya Board Game “Star Wars” atau malah Board Game dari video game seperti “Resident Evil”.

Hal ini untuk mengakomodasi penonton film ataupun pemain video game yang ingin bermain secara beramai-ramai dengan format Board / Tabletop Game.

tabletop game resident evil

Keren! Board Game dari video game horor. Sumber: Polygon

Jadi pada akhirnya, Board / Tabletop Games tidak akan musnah atau tergeser jenis permainan lain karena game model ini sudah terbukti ketangguhannya bertahan di kehidupan sosial masyarakat selama ribuan tahun.

Board / Tabletop Games akan ber-evolusi, berkembang dan menyesuaikan diri dengan waktu serta era namun mereka tidak akan pernah benar-benar menghilang dari kehidupan sosial masyarakat.

main tabletop game

Bermain Tabletop Game bersama teman selalu seru. Sumber: YouTube

Kamu suka Board / Tabletop Games yang mana? Ular tangga? Sampaikan opini kamu di bagian komen. Nantikan juga CHIPS: Heroes Uprising, Board Game terbaru bikinan CIAYO Games yang bakal hadir berbarengan dengan game mobile-nya!

Baca Juga: CIAYO Games Kenalkan Board Game CHIPS: Heroes Uprising Untuk Lengkapi Game Mobile-nya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Destructoid

VA-11 HALL-A: Visual Novel dengan Gimmick Menarik

Selamat datang di VA-11 HALL-A, sebuah bar cyberpunk dimana hacker, tukang pukul, dan robot, minum di satu meja yang sam.. more

Belum Hadir di TV, Respon Negatif Muncul Untuk Produce 48

Mnet baru saja mau mencoba proyek idol survival show terbaru di tahun 2018 nanti. Bernama “PRODUCE 48”, acara ini na.. more

00-d-daicon-iv

37 Tahun Yang Lalu, Jepang Sudah Punya Ready Player One Sendiri

Daicon III dan Daicon IV adalah animasi pendek yang dibuat 37 tahun yang lalu. Isinya menampilkan berbagai referensi pop.. more

00-d-isao-takahata

Sutradara Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

Dunia anime kembali berduka. Sutradara kesohor Isao Takahata meninggal dunia. Ia merupakan otak di balik Grave of the Fi.. more

CIAYO Pictures

Ternyata Musik Tradisional Indonesia Bisa Dipadukan dengan Kesenian Jepang, Loh!

Hayo, bro sis yang kemarin hadir di acara Bonenkai ke 12 di Hotel Salak Heritage Bogor tunjuk tangan! Kalian pasti setuj.. more