Bosan K-Pop? Cobain 9 Musik City Pop Korea Ini!

3 months ago
city pop korea

Musik K-pop saat ini menjadi sebuah fenomena global. Apapun yang terjadi di dunia ini, entah itu rilisnya album musik baru ataupun skandal nasional, juga menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia. Di balik hingar-bingar dan mewahnya musik K-pop, ternyata ada pula berbagai jenis musik alternatif yang tak kalah menarik untuk disimak.

Apa kamu tahu dengan istilah city pop? City pop adalah musik pop urban yang mengkombinasikan musik pop dengan elemen dari genre jazz, funk, serta adult contemporary. Hasilnya, city pop menjadi lagu yang punya nuansa urban dan juga dinamis. Musik ini pertama kali populer di Jepang pada era 70-80an, namun juga menyebar ke beberapa negara lainnya.

Korea Selatan merupakan salah satu negara dimana para musisinya mencoba musik city pop ala Jepang. Walaupun musisi angkatan tua dari negeri ginseng itu tak punya nama sebesar legenda Tatsuro Yamashita atau Mariya Takeuchi, para musisi Korea masa kini tak ragu untuk mengeksplor bunyi-bunyian khas city pop. Berkat bantuan internet, karya mereka tersebar luas dan menjadi salah satu kepingan penting dalam gerakan Hallyu wave.

Kalau kamu bosan dengan musik K-pop yang mungkin terlalu bising atau monoton, tak ada salahnya mencoba pilihan musik city pop Korea berikut ini.

Baca Juga: Popularitas K-pop Dalam Dunia Musik Amerika

Rekomendasi Musik City Pop Korea

1. Yubin – Lady

Bisa jadi Yubin merupakan artis K-pop dengan lagu city pop Korea paling mainstream saat ini. Sumber: Korea Area
Bisa jadi Yubin merupakan artis K-pop dengan lagu city pop Korea paling mainstream saat ini. Sumber: Korea Area

Jika ditanya tentang musik city pop Korea, lagu yang satu ini bakal langsung muncul dalam pembicaraan. Lagu Lady dari Yubin memang merupakan sebuah pintu masuk bagi pendengar musik mainstream terhadap musik city pop. Yubin yang merupakan mantan anggota Wonder Girls ini memiliki star power yang cukup besar untuk meng-carry konsep city pop sendirian. Sepanjang lagu tersebut, ia menjadi perwujudan fisik penyanyi city pop pada zamannya, yang memiliki kesan mandiri, tangguh, namun rapuh dalam urusan percintaan. Jika kamu bingung harus mulai mendengarkan lagu city pop Korea dari mana, tak ada salahnya mencoba Lady.

2. Sunmi – Black Pearl

Seperti Yubin, lagu solo Sunmi juga mengangkat estetika city pop. Sumber: K-pop Reviewed
Seperti Yubin, lagu solo Sunmi juga mengangkat estetika city pop. Sumber: K-pop Reviewed

Satu lagi jebolan Wonder Girls yang merilis lagu bernuansa city pop. Berbeda dengan Lady-nya Yubin, nuansa city pop dalam Black Pearl milik Sunmi jauh lebih modern. Sunmi memasukkan pengaruh RnB dan downtempo dan menjadikan lagu ini terdengar cukup sensual. Namun progresi nada khas musik city pop dan permainan saksofon-nya membuat lagu ini terdengar unik.

3. Yukika – Neon

Seiyuu dari Jepang yang mencari peruntungan di Korea. Sumber: Twitter
Seiyuu dari Jepang yang mencari peruntungan di Korea. Sumber: Twitter

Rekomendasi yang ini agak-agak licik karena Teramoto Yukika, penyanyi lagu ini, adalah orang Jepang. Namun ada alasannya kenapa Neon dari Yukika patut didengarkan. Lagu ini berhasil menangkap sisi melankolis dari musik city pop, seperti yang hadir dalam Plastic Love-nya Mariya Takeuchi atau Stay With Me-nya Miki Matsubara. Apalagi ditambah Yukika yang merupakan salah satu anggota Real Girls Project dari drama IDOLM@STER.KR diproduseri oleh ESTIMATE, sebuah circle kreatif yang terlibat dalam berbagai game Korea dan Jepang – salah satunya serial IDOLM@STER. 

4. Muzie – My Lady

Kamu percaya nggak kalau Muzie juga merupakan seorang komedian? Sumber: Korea Culture
Kamu percaya nggak kalau Muzie juga merupakan seorang komedian? Sumber: Korea Culture

Dari solois perempuan, kita beralih ke solois laki-laki dan kita mulai dengan Muzie. Dalam lagu ini, Muzie yang juga merupakan anggota UV bersama dengan Yoo Seyoon ini mengkombinasikan melodi-melodi unik city pop ke dalam musik chillwave. Lagu My Lady ini cocok banget didengarkan kalau kamu sedang santai-santai di kamar sambil tiduran.

5. George – After a Long Time

George punya suara yang sangat smooth. Sumber: Hiphople
George punya suara yang sangat smooth. Sumber: Hiphople

George merupakan penyanyi R&B dan hip-hop yang populer lewat lagu Boat dengan video klipnya yang home made banget. Meskipun berasal dari latar belakang yang urban dan kekinian banget, ia juga sempat menyanyikan lagu After a Long Time yang nuansanya city pop banget. Lagu ini sebenarnya adalah cover dari lagu berjudul sama yang dinyanyikan Kim Hyunchul di tahun 1989. Tentunya versi George dibuat lebih modern dan ngeklik banget buat pendengar baru.

6. Sumin – Sparkling

Salah satu musisi K-pop yang serius fokus di gaya city pop Korea. Sumber: Youtube
Salah satu musisi K-pop yang serius fokus di gaya city pop Korea. Sumber: Youtube

Lagu Sparkling dari Sumin ini terdengar sangat spesial. Musik yang ditampilkan cukup minimalis, namun mampu memberikan kesan glamor dan mewah yang jadi estetika penting dalam musik city pop. Sumin pun menyanyikan lagu ini penuh dengan passion. Pokoknya ini rekomendasi lagu city pop Korea yang harus kamu dengar!

7. Rainbow Note – Venus

Rainbow Note menjadi pendatang baru menjanjikan. Sumber: Genie
Rainbow Note menjadi pendatang baru menjanjikan. Sumber: Genie

Duo Rainbow Note memang baru-baru ini debut dengan merilis dua single berjudul Line 1 dan Venus. Namun mereka mampu menciptakan impresi yang oke banget karena langsung menyajikan musik bergaya city pop. Jika idol K-pop rata-rata menjadikan musik city pop sebagai gimmick, maka Rainbow Note menjadikannya sebagai identitas diri.

8. Yoon Jongshin – Night Drive

Merilis satu lagu setiap bulannya sudah jadi kebiasaan rutin Yoon Jongshin. Sumber: Grid
Merilis satu lagu setiap bulannya sudah jadi kebiasaan rutin Yoon Jongshin. Sumber: Grid

Yoon Jongshin merupakan salah satu musisi K-pop angkatan tua yang masih aktif hingga hari ini. Ia merupakan kolaborator bagi grup musik 015B dan kini menempuh karir sebagai singer-songwriter solo. Dimulai dari tahun 2010, Yoon Jongshin merilis serial His Walk of Life dimana ia merilis lagu baru setiap bulannya dan nantinya dikoleksi dalam satu album berdasarkan tahunnya. Dalam rilisan terbarunya, Yoon Jongshin banyak sekali mencoba gaya city pop. Misalnya dalam lagu Summer Man, Welcome Summer, dan tentunya Night Drive berikut ini.

9. Wonder Girls – Rewind

Sampai akhir hayatnya, Wonder Girls dikenal sebagai grup yang retro banget. Sumber: The Bias List
Sampai akhir hayatnya, Wonder Girls dikenal sebagai grup yang retro banget. Sumber: The Bias List

Untuk menutup list ini, ada Wonder Girls dengan lagu Rewind. Wonder Girls memang populer karena mengangkat konsep retro seperti dalam lagu Nobody dan 2 Different Tears. Namun keduanya terlalu condong ke musik disko dan kurang terasa city pop. Semuanya berubah di lagu Rewind yang datang dari album terakhir mereka, Reboot. Lagu Rewind ditulis sendiri oleh Sunmi dan memiliki kesan pop 80-an yang kuat. Apalagi ada pengaruh musik New Jack Swing yang membuat lagu Rewind ini sangat nendang! Sebuah last hurrah di akhir era Wonder Girls.


Itu dia beberapa rekomendasi lagu city pop Korea yang mudah-mudahan bisa bikin kamu tertarik. Mana yang jadi favoritmu, dan adakah lagu yang kami lewati? Beri tahu di kolom komentar ya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

10 Makanan Populer Khas Festival Jepang. Kamu Suka yang Mana?

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant .. more

Sumber gambar: videocardz.com

Bahkan Nvidia Juga Terganggu Ulah Para Penambang Bitcoin / Cryptocurrency Saat Ini

Efek dari booming cryptocurrency ternyata berimbas langsung pada hardware komputer seperti Graphic Card alias VGA Card /.. more

Sumber: Waterfordwhispernews

Fifty Shades Trilogy, Trilogi Lemah yang Kerap Mendulang Sukses di Box-Office

Tapi anehnya nih bro sis, terlepas kualitas filmnya sudah jelas-jelas buruk, trilogi ini justru kerap mendulang keuntung.. more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Dipatok Hingga Ratusan Juta Rupiah, VERTU Menjual Kemewahan Dalam Gadget

Pasar yang Vertu bidik adalah golongan the haves. Kelompok berduit. Orang kaya... more