Bosan Menjadi Otaku? Ini 10 Tanda-tandanya!

1 month ago
00-d-bosan-menjadi-otaku

Kata Otaku identik dengan hobi terhadap suatu franchise anime, manga, game, dan masih banyak lagi. Meskipun image Otaku selalu dianggap negatif, tetapi banyak kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan berdampak positif seperti event Comiket yang terkenal menjadi salah satu objek penarik datangnya turis dan menjadi ikonik negeri Jepang. Saat ini, sudah ada banyak sekali budaya Otaku tersebar diseluruh negeri, bahkan sampai ke Indonesia.

Seorang pengguna Twitter dari Jepang membuat postingan yang menghebohkan banyak orang. Postingan tersebut membahas mengenai 10 urutan tanda-tanda orang Jepang mulai bosan menjadi otaku dan kemudian berhenti dari hobi tersebut. Apakah tanda-tanda yang dimaksud? Mari kita mulai saja.

10 Tanda-tanda Seseorang Mulai Bosan Menjadi Otaku

1. Berhenti Mengikuti Event Otaku

Comiket menjadi salah satu event paling diminati oleh otaku. Sumber: Japo

Comiket menjadi salah satu event paling diminati oleh otaku. Sumber: Japo

Untuk alasan ini biasanya orang memiliki masalah terhadap waktu atau jadwal yang bentrok antara kegiatan penting seperti jam kerja, kuliah, dan sekolah dengan event otaku. Beberapa orang mungkin beralasan karena event nya kurang menarik karena suatu hal, tiket habis atau tidak ada dana untuk mengikuti event.

Baca Juga: Comiket Japan: Event Manga Kecil-Kecilan Yang Kini Berubah Jadi Besar-Besaran

2. Semakin Menumpuknya Video Game Yang Belum Dimainkan

Game dan otaku memiliki hubungan yang sangat kuat. Sumber: Newnormative

Game dan otaku memiliki hubungan yang sangat kuat. Sumber: Newnormative

Bagi kalian yang memiliki hobi bermain video game mungkin paham yang satu ini. Meskipun kalian suka bermain game, tetapi tidak ada waktu untuk bermain karena sibuk dengan urusan lebih penting. Dan pada akhirnya video game kalian akan menumpuk seiring dengan khilaf yang kalian beli.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kolot Orang Tua Melarang Anak Main Game

3. Light Novel Yang Belum Dibaca Semakin Banyak

Light Novel banyak disukai oleh otaku. Sumber: Geek

Light Novel banyak disukai oleh otaku. Sumber: Geek

Light novel menjadi salah satu bacaan favorit dan ciri khas seorang otaku. Kalau otaku memiliki banyak light novel yang belum dibaca dan menumpuk dikamar, itu berarti dia mulai sibuk dengan urusan yang lebih penting.

Baca Juga: Editor Jepang: Penulis Light Novel Ternyata Nggak Bisa Menulis!

4. Semakin Banyak Kumpulan Manga Yang Belum Dibaca

Manga menjadi media paling diminati otaku. Sumber: Montrealgazette

Manga menjadi media paling diminati otaku. Sumber: Montrealgazette

Kasus yang satu ini sama dengan light novel. Seperti yang kita ketahui, manga menjadi salah satu media baca paling favorit oleh para Otaku. Apa jadinya jika seorang Otaku memiliki banyak koleksi manga tapi belum dibaca?

Baca Juga: Menjamurnya Manga Bertemakan Isekai, Tertarik Untuk Membaca?

5. Berhenti Mengikuti Anime-Anime Baru

Anime JoJo Part 5 banyak ditonton otaku musim ini. Sumber: The Verge

Anime JoJo Part 5 banyak ditonton otaku musim ini. Sumber: The Verge

Tiap musim pasti ada anime-anime baru yang tayang. Ada berbagai macam genre yang kita dapatkan. Otaku pasti akan mengikuti salah satunya sesuai dengan genre favorit mereka. Apabila seorang otaku tidak mengikuti anime satupun di musim baru, berarti ada yang aneh.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Menonton JoJo Part 5

6. Berhenti Menonton Anime Yang Sudah Pernah Ditonton

Sampai saat ini masih ada otaku yang menonton anime K-ON. Sumber: Madman Entertainment

Sampai saat ini masih ada otaku yang menonton anime K-ON. Sumber: Madman Entertainment

Jika sebelumnya seorang otaku tidak menonton anime di musim baru, mungkin saja alasannya karena tidak ada yang menarik atau tidak sesuai dengan selera mereka. Para Otaku pasti memiliki beberapa koleksi anime yang mereka sukai, hingga ditonton berulang kali. Otaku yang tiba-tiba mulai berhenti menonton anime favorit mereka pasti ada suatu alasan kenapa hal itu bisa terjadi.

7. Tidak Mengikuti Event Musiman Mobage

Salah satu event musiman game Fate/Grand Order yang baru saja berakhir. Sumber: Fate-Go Cirnopedia

Salah satu event musiman game Fate/Grand Order yang baru saja berakhir. Sumber: Fate-Go Cirnopedia

Mobage dan gacha adalah salah satu siklus kehidupan para otaku. Tidak lengkap rasanya jika seorang otaku tidak memiliki salah satu mobage di gadget mereka yang saat ini jumlahnya sudah banyak sekali. Hampir setiap saat para otaku pasti memegang gadget dan bermain mobage dimanapun dan kapanpun. Jika otaku melewatkan salah satu event musiman yang ada di mobage dengan berbagai hadiah menarik ditawarkan, sepertinya dia harus dirawat.

Baca Juga: 7 Tips Bermain Gacha Mobage dengan Aman

8. Tidak Mengikuti Berita-Berita Otaku Di Internet

24 jam nonstop browsing internet. Sumber: WordPress

24 jam nonstop browsing internet. Sumber: WordPress

Masalah yang satu ini menjadi poin penting seorang Otaku. Dengan gadget, PC ataupun laptop mereka pasti sering melakukan browsing internet tentang anime, game, light novel, manga, mobage dan masih banyak lagi. Otaku mana sih yang tidak mengikuti berita yang berbau otaku?

9. Tiap Kali Membahas Otaku, Selalu Mengatakan Kata “Dulu, Dahulu, Pernah, dll”

Ketika seorang cucu menemukan anime favoritmu di masa lalu. Sumber: Know Your Meme

Ketika seorang cucu menemukan anime favoritmu di masa lalu. Sumber: Know Your Meme

Jika seorang otaku sedang berbicara dengan lawan bicaranya tentang hobi sering mengatakan kosakata dulu, pernah, dahulu dan kata-kata yang berhubungan dengan waktu yang lalu berarti dia sudah berada diujung akhir perjalanan hobinya. Diibaratkan seperti seorang veteran tentara yang menceritakan kisah perjalanan dia dalam berperang kepada cucu-cucu mereka.

10. Benar-benar Berhenti Menjadi Otaku

Kalau tidak pernah bosan menjadi otaku, mungkin akan terus jadi otaku sampai tua. Sumber: CNN

Kalau tidak pernah bosan menjadi otaku, mungkin akan terus jadi otaku sampai tua. Sumber: CNN

Dan ini adalah tanda terakhir perjalanan seorang Otaku. Apabila poin-poin diatas terjadi terhadap seorang Otaku, maka bisa dibilang dia telah berhenti mengikuti hobi yang telah dilakukannya dalam waktu yang sangat lama. Mereka sudah bisa move-on dari hobi favorit mereka

Tipikal kamar otaku. Sumber: Culture Japan

Tipikal kamar otaku. Sumber: Culture Japan

Jadi dari semua tanda-tanda ini, alasan utama mereka yang sudah bosan menjadi Otaku adalah mulai sibuk dengan urusan pribadi yang lebih penting dan akhirnya tidak ada waktu lagi melakukannya. Saya sendiri sudah sering melihat beberapa teman yang mengalami hal seperti ini. Meskipun tanda-tanda diatas berdasarkan orang-orang yang ada di Jepang, tetapi di Indonesia hal ini cukup akurat untuk para Otaku disini. Ada banyak kasus dimana mereka yang sempat berhenti akhirnya balik lagi menjadi Otaku karena diajak teman-teman mereka yang satu hobi.

Bagaimana menurut kalian? Apaka tanda-tanda bosan menjadi otaku diatas telah kalian alami saat ini? Silahkan komen tanggapan kalian dikolom komentar.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

https://www.facebook.com/inariipb/

Inari Matsuri, Event Jejepangan Anak IPB

Gak terasa Inari Matsuri (I-M@TS) semakin dekat! I-M@TS sendiri merupakan acara yang diadakan oleh IPB Nihon Arts and Cu.. more

00-d-dragon-ball-super-broly

Dragon Ball Super: Broly Tampilkan Super Saiyan Legendaris!

Dikenal sebagai karakter dalam OVA sampingan, kini Broly jadi karakter resmi Dragon Ball lewat film Dragon Ball Super: B.. more

00-d-genre-romance

Menyulap Genre Romance Menjadi Anti Mainstream

Genre romance terlalu mainstream? Kamu bisa menyulap genre sejuta umat ini jadi tidak manstream dengan mencapur genre la.. more

00-d film dengan satu aktor

10 Film Ini Hanya Diperankan Satu Aktor Saja!

Film dengan satu aktor ini sukses memukau meski tanpa dihadiri berbagai karakter pendukung dan antagonis!.. more

00-d-dear-basketball

Dear Basketball: Surat Seorang Kobe Bryant Yang Meraih Oscar

Dear Basketball memenangkan penghargaan film animasi pendek terbaik di Academy Awards ke-90. Animasi ini menyadur puisi .. more