Gawat! Pahlawan Wannacry ini Terancam 40 Tahun Penjara

1 year ago
Sumber: telegraph

Setelah beberapa waktu lalu Marcus Hutchins dipuji-puji akibat keberhasilannya memberantas virus wannacry yang menyerang jutaan sistem di dunia, kini kondisinya berbalik 360 derajat. Pasalnya, Marcus Hutchins ditahan atas tuduhan menciptakan dan menyebarkan virus perbankan bernama ‘Kronos’ kepada hacker lainnya. Virus Kronos bekerja dengan cara menyisipkan attachment di Microsoft Word lewat e-mail. Ketika target terpancing untuk membukanya, Kronos akan membobol password akun internet banking dan mencuri uang target. Dugaan lainnya adalah Hutchins juga menjual Kronos sebesar $2000 secara online.

Marcus Hutchins, pahlawan wannacry yang terancam 40 tahun penjara. (Sumber: guim.co.uk)

Marcus Hutchins, pahlawan wannacry yang terancam 40 tahun penjara. (Sumber: guim.co.uk)

Tuduhan ini dikeluarkan oleh FBI. Marcus kemudian ditahan di bandara internasional McCarran, Las Vegas pada hari Rabu saat perjalanan pulang dari konferensi DefCon. Ibunda Hutchins pun membantah keras keterkaitan anaknya dengan tindakan kriminal ini. Ia menganggap anaknya adalah seseorang dengan tulus mendedikasikan hidupnya melawan malware dan hacking.

Virus Wannacry sempat menyerang beberapa perusahaan di Indonesia. (Sumber: The Hacker News)

Virus Wannacry sempat menyerang beberapa perusahaan di Indonesia. (Sumber: The Hacker News)

“Ada jutaan skenario untuk menjebak Marcus”, kata teman Marcus. Menurutnya, ada pihak-pihak yang tidak suka dengan kinerjanya membasmi malware. Ia pun curiga bahwa ada kesalahan penangkapan di kasus ini.

Hutchins dijadwalkan sidang di hari Jumat. Jika mengaku bersalah maka masa hukuman Hutchins dapat diperpendek. Namun apabila kekeuh tidak mengaku bersalah, maka Marcus Hutchins akan dipindahkan ke Wisconsin, dimana tuduhan yang diajukan akan diadili. Tentunya hal ini akan memakan proses panjang selama tiga bulan sampai tiga tahun.

“Hukuman maksimum yang bisa dia hadapi mungkin sampai 40 tahun. Tapi apakah dia akan dihukum selama itu? Aku ragu. Tapi apakah hal itu mungkin terjadi? Tidak ada yang tidak mungkin,” kata Tor Ekeland, pengacara AS spesialisasi cyber criminal. Tor juga menambahkan ia sebenarnya heran dengan penangkapan Marcus karena buktinya sangat kecil. “Dakwaannya sangat tipis. Secara hukum aneh dan hanya ada sedikit detail soal ini,” tambahnya, dikutip dari Telegraph.

Bagaimana kira-kira kelanjutan kasus Marcus Hutchins? Ya, semoga Marcus Hutchins dapat diproses secara adil dan bisa membuktikan jika ia yakin tidak bersalah.


                    

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

Battlefield 1: In The Name Of Tsar (Sumber: IGN)

E3: Update Tiga Game EA di E3 2017

Hi bro sis, dateng lagi nih kabar terbaru dari E3 2017. Kali ini update-nya khusus dateng dari EA. Dalam konferensi pers.. more

Sumber: allkpop.com

Pernikahan Big Bang Taeyang dan Min Hyo Rin Serta Percintaan Selebriti Korea yang Mulai Berani

Sebenarnya sudah ada banyak sekali couple selebriti dan idol Korea yang berani untuk mempublikasikan hubungan mereka dan.. more

Sumber gambar: youtube.com

Menguasai Bahasa Inggris Juga Harus Disertai Kemampuan Intonasi Agar Aman Saat Berkomunikasi

Sekarang era rekaman. Jejak digital. Apapun tidak akan lepas dari cengkeraman internet... more

(ja-renders.deviantart.com)

Serunya Bunuh-Bunuhan Sama Zombie di The Last of Us

Setelah sukses dengan The Last Of Us Part 1 yang dirilis pada tahun 2013 silam, Playstation memperkenalkan kisah lanjuta.. more