Bro Sis Kreator Idealis? No Problem! Tapi Baca Ini Dulu!

9 months ago
00 kreator idealis ddesktop

Tidak semua kreator memilih untuk mengikuti apa yang menjadi tren pasar. Latar belakang, prinsip, dan perspektif dari tiap orang yang berbeda inilah yang merupakan alasan terciptanya kubu realis dan idealis di dunia ini.

Meski terlihat lebih menjanjikan, namun tidak semua orang sudi begitu saja mengikuti tren yang tengah berkembang saat ini. Beberapa dari mereka lebih memilih untuk berkarya dengan gaya dan style mereka sendiri.

Hal ini terbilang wajar, mengingat pada zaman dahulu pun terdapat banyak kreator yang lebih suka mengekspresikan diri dengan caranya sendiri. Vincent Van Gogh menjadi salah satunya. Meski dikenal sebagai salah satu pelukis terbaik pada masa kini, sejarah mencatat bahwa semasa hidupnya Van Gogh adalah pelukis yang idealis dan kurang dikenal.

Idealis itu keren. Namun sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana bersikap layaknya idealis yang elegan. Bro sis kreator idealis? Jadilah idealis yang paripurna. Baca penjelasannya!

Apa Itu Idealis?

01 cita2

Sumber: Youtube

Menurut KBBI, idealis berarti seseorang yang bercita-cita tinggi. Sedangkan jika dijabarkan lebih jauh secara istilah, idealis berarti orang yang mempunyai keyakinan kokoh terhadap sesuatu dan ingin menyelesaikan persoalan berdasar keyakinannya tersebut.

Berlawanan dengan seorang realis yang cenderung menggunakan logika untuk menyikapi sebuah masalah, seorang idealis cenderung memegang erat keyakinan individual mereka. Hal ini membuat keputusan seorang realis terlihat lebih aman, dibandingkan dengan keputusan seorang idealis yang lebih berisiko.

Idealis pun dapat diartikan sebagai sebuah bentuk keyakinan untuk membuat sesuatu yang terbaik berdasarkan data subjektif, misalnya pengalaman pribadi. Sedangkan realis berarti membuat sesuatu berdasarkan fakta-fakta terbaru yang berada di lapangan.

Menurut penelitian, para penganut idealisme memang kebanyakan lebih susah diajak untuk mengikuti arus yang terus berkembang, karena dipengaruhi oleh pemikiran dan keyakinan yang telah mengakar begitu kuat dalam diri para penganutnya.

Apakah idealis itu buruk? Tentu saja tidak. Menurut situs The Thought Catalog, seorang yang idealis justru punya delapan kelebihan. Nah, pertanyaan berikutnya adalah apakah selama ini kita benar-benar menjadi seorang idealis atau hanya egois?

Hati-hati, perbedaan di antara keduanya sangat tipis. Kalau bro sis merasa bahwa dirimu telah menjadi seorang idealis yang paripurna, tetapi masih tidak bisa bertoleransi dengan gaya orang lain, mungkin bro sis sedang egois, bukan idealis. Ini artinya, secara tidak sadar bro sis telah menjadi idealis yang salah ekspektasi.

Apa itu idealis salah ekspektasi? Simak subbab selanjutnya.

Idealis Salah Ekspektasi, Alias Egois

02 salah

Sumber: Fizzle

Yang paling disayangkan dari munculnya sejumlah kreator idealis di industri kreatif adalah salah menempatkan ekspektasi. Akibat kesalahan ini, kita—para idealis—bukannya memberikan insight baru bagi industri kreatif, tetapi justru menjadi penghambat pola bekerja kreator lain. Secara tak sadar, kita sedang bersikap egois, bukan idealis.

Seperti apa contohnya?

Idealis, tapi maksa ingin cepat terkenal seperti kreator mainstream. Idealis, tapi ingin industri dan rekan kerja menuruti semua kemauan pribadi. Idealis, tetapi ingin cepat-cepat dilirik oleh penerbit yang sudah punya kriteria tertentu. Kalau tidak dituruti? Marah. Bikin drama. Mengamuk. Galang massa untuk “mengeroyok” pihak tertentu.

Hal-hal seperti ini tentu saja bertentangan dengan prinsip idealisme. Kita tidak sedang idealis ketika telah sampai di titik ini, tetapi egois.

Menjadi seorang idealis berarti harus siap bertentangan dengan perubahan tren. Idealis itu percaya terhadap satu keyakinan tertentu, bukan merusak keyakinan orang lain. Jika tren tidak bisa memuaskan pergerakan seorang idealis, maka ia akan bergerak dengan caranya sendiri. Sehingga, tidak ada yang namanya idealis manja akibat salah menaruh harapan.

Menjadi seorang idealis juga berarti harus bersedia untuk melakukan pengorbanan lebih untuk mencapai hasil yang diinginkan.

03 lucas

Sumber: Short Box Podcast

Sebagaimana yang kami paparkan di artikel sebelumnya, kalau mau jadi idealis sejati, teladanilah George Lucas. Ia adalah kreator idealis yang berada di balik kesuksesan franchise Star Wars. Meskipun idenya ditolak oleh seluruh production house di Amerika, George tidak menyerah. Ia malah turun tangan untuk memproduksi filmnya sendiri, bahkan menangani proses post-production, promosi, engagement dengan audiens, hingga memikirkan penjualan merchandise.

George tidak harus marah-marah karena karyanya ditolak, ia tidak mengeluh dan menyerah pada kondisi pasar. Ia malah menciptakan pasar baru. Kita perlu mencontoh keteguhan hatinya untuk mewujudkan cita-citanya.

Ingin jadi kreator idealis? Tanyakan dulu ke diri sendiri. Sudah siapkah kita bekerja sekeras George Lucas demi mewujudkan cita-cita? Kalau belum, itu artinya kita perlu lanjut ke subbab selanjutnya!

Being Idealist Is Cool, Tetapi Tidak di Setiap Momen

04 idea

Sumber: circlesquarecreative

Jika masih “maksa” ingin memerjuangkan idealisme lewat arus mainstream industri, maka hal pertama yang perlu bro sis ketahui adalah industri merupakan entitas bisnis. Ia mempunyai kriteria, pace, dan sistem kerja tersendiri. Sehingga, kita tidak bisa menyuntikkan idealisme secara paksa ke dalam jaringan industri, harus perlahan-lahan.

Be adaptive! Kolaborasi adalah jawabannya. Berbaurlah dengan orang-orang yang juga bekerja di dalam industri, pahami target mereka masing-masing. Jangan mencoba untuk mengacaukannya dengan keyakinan pribadimu, karena bro sis hanya akan mengacaukan pola kerja industri yang sudah fixed.

Kalau pun enggan berjuang lewat arus pasar dan berniat untuk membuat arus sendiri—seperti George Lucas—toleransi tetap harus menjadi kebiasaan. Suka maupun tidak, ketika idealismemu membesar dan diikuti oleh sejumlah orang, maka akan semakin besar pula kemungkinan bro sis berbaur dengan isi kepala yang berbeda-beda.

Ini artinya, akan ada saat di mana bro sis harus melepaskan ego untuk menciptakan lingkungan berkarya yang sehat. Tidak semua momen bisa kita jadikan tempat untuk merealisasikan idealisme.

05 pren

Sumber: HuffPost

Kesimpulannya, ketika kita bekerja dengan orang lain berarti kita juga harus siap untuk bertoleransi, sedikit atau banyak.

Idealism is cool. Kami mengakui itu. Karena orang-orang idealisme biasanya memang memliki pemikiran yang unik dan out of the box. Akan tetapi, hidup berdampingan dengan orang lain membuat kita belajar bahwa tidak semua orang setuju dengan idealisme yang kita anut.

Bertoleransi tidak akan merusak idealisme yang telah kita bangun, kok. Sebaliknya, itu akan membuat kita menjadi idealis yang paripurna. We need to adapt, agar lingkungan berkarya pun berkembang ke arah yang lebih baik.

Pada akhirnya, toleransi bukan hanya berlaku untuk persoalan relijus, tapi juga untuk industri kreatif.

About Author

S09 Gruppe

S09 Gruppe

S09 Gruppe adalah circle penyedia konten kreatif. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. Berkenaan dengan motto tersebut, kami akan selalu memberikan insight-insight kreatif terbaru serta penyemangat untuk berkarya.

Comments

Most
Popular

Sumber: GoVoyagin

Permainan Pachinko Jepang Menuju Kepunahan?

Pachinko, mainan tradisional Jepang yang kini semakin punah. .. more

00-d-harukana-receive

Anime Harukana Receive Tampilkan Asyiknya Voli Pantai

Haruka dan Kanata membentuk tim voli pantai meski keduanya berbeda dari penampilan dan sifat. Ikuti perjuangan mereka di.. more

00-d-asian-games-e-sports

Cabor E-sports Asian Games Terpilih Mengundang Pro dan Kontra!

6 cabang olahraga Asian Games e-sports telah terpilih. Banyak pihak menyampaikan pro dan kontranya. Apa saja yang jadi b.. more

Omotenashi, Sumber: japantimes.co.jp

Omotenashi, Pelayanan Ramah-Tamah ‘Plus-Plus’ di Jepang

Omotenashi. Jepang dikenal sebagai negara dengan pelayanan pelanggan terbaik, termasuk pelayanan terhadap turis yang da.. more

Sonic Mania. Game Sonic terbaru dari Sega. Sumber gambar: youtube.com

Sonic Mania: Game Fan-made Yang Disetujui Oleh Sega

Dan dalam kasus langka, game Sonic buatan fans Sega juga ada beredar dengan supervisi dan marketing mechanism langsung d.. more