Budaya Part Time Job di Jepang dan Korea

1 year ago

Di Jepang, pelajar berumur 15 tahun sudah bisa mulai melakukan part time job. Orang yang melakukan part time job biasa disebut sebagai Freeter atau Furita yang berarti pekerja bebas. Saat pendaftaran mahapelajar baru di Jepang mulai dibuka, disaat yang sama akan banyak juga remaja yang sibuk mencari part time job. Hal ini juga terjadi di Korea, mahapelajar akan giat mencari Alba atau Albait yang berarti pekerjaan part time. Pengeluaran untuk mendaftar kuliah di universitas itu gak sedikit, belum lagi mereka harus membeli buku, pakaian, dan menyisihkan uang untuk acara kampus atau klub yang akan mereka ikuti. Sama seperti Indonesia, kebanyakan mahasiswa atau murid di Jepang dan Korea adalah perantau dari daerah, mereka biasanya tinggal di asrama khusus pelajar atau kost-an.

source 2: koogle.tv

source 2: koogle.tv

Bagi anak muda di Jepang, menjadi Furita adalah kesempatan untuk mereka mencoba banyak pekerjaan. Karena part time job biasanya dibayar per-jam, mereka bisa mengambil dua sampai tiga pekerjaan sekaligus dalam sehari. Berdasarkan peraturan dari pemerintahan Jepang, seorang pelajar boleh bekerja 28 jam seminggunya dan biasa dibayar 1000 yen per-jam. Pelajar yang mencari part time job bukan karena mereka butuh uang lebih aja tapi karena hal tersebut udah biasa dilakukan. Selain mendapat uang jajan lebih, mahapelajar yang punya pengalaman melakukan part time job bisa terlihat lebih reliable saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Perusahaan besar bakal berpikir kalau pelajar yang pernah bekerja part time memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bisa menghadapi orang lain lebih baik dibandingkan yang belum pernah.

source 3: koreanherald.com

source 3: koreanherald.com

 

source 4: meros.jp

source 4: meros.jp

Para pekerja part time tersebut, biasanya bekerja di rumah makan atau mini market. Mereka mencari lowongan lewat website khusus pekerja part time atau dari informasi teman. Beberapa kampus di Korea dan Jepang juga memberikan informasi mengenai lowongan part time. Di Korea, pelajar juga bisa mendapat beasiswa dari kampus kalau sambil bekerja 10 jam per-minggu loh. Sementara kalau di Amerika sendiri, pelajar wajib bekerja untuk membayar tagihan pinjaman sekolah dan membayar sewa apartemen karena mereka akan bebas dari tanggungan orang tua kalau sudah sanggup untuk bekerja sendiri. Agak berbeda dengan budaya di Asia yang seringnya masih ditanggung oleh orang tua saat kuliah.

source 5: fastjapan.com

source 5: fastjapan.com

Untuk mahasiswa pertukaran pelajar dari luar negeri yang sekolah di Jepang dan Korea juga bisa mengambil beberapa pekerjaan part time. Pekerjaan seperti bekerja di dapur restoran, delivery makanan atau guru bahasa inggris cocok untuk orang yang kurang bisa berbahasa Jepang dan Korea. Untuk orang yang bisa bercakapan sehari-hari, bisa bekerja sebagai kasir minimarket, pelayan kafe atau barista. Kalau pelajar yang udah benar-benar menguasai bahasa, bisa bekerja sebagai penerjemah atau tour guide. Gaji yang diberikan untuk orang yang bisa banyak bahasa juga bisa lebih banyak. Apa kamu pernah bekerja sebagai part-timer?

source 6: goinjapanesque.com

source 6: goinjapanesque.com

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber : CIAYO Comics

Spooky Sweetheart, Jatuh Cinta dengan Hantu Cantik?

Gak cuma di film-film aja, di komik hantu juga bisa jatuh cinta sama manusia, loh. Sama kayak di Spooky Sweetheart ini. .. more

Preview Anime Musim Panas 2018: Lord of Vermilion

Game Lord of Vermilion sudah rilis dalam berbagai versi dan sekuel, mulai dari Lord of Vermilion II, Lord of Vermilion R.. more

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more

Sumber: Arstechnica.com

GDQ, Menggalang Dana dengan Speedrun Game

Ada banyak acara penggalangan dana yang menggunakan game sebagai tema utamanya, seperti Extra Life dan Gamers For Giving.. more

Prequel Trilogy vs Original Trilogy. Sumber gambar: harmonicmama.com

Trilogi Asli Star Wars Lebih Baik Dari Trilogi Prequel-nya. Yakin?

Banyak fans Star Wars merasa kalau Prequel Trilogy tidak diperlukan di saga Star Wars... more