Bukan Devil May Cry 5, Capcom Malah Merilis Ulang Devil May Cry HD Collection

6 months ago
Devil May Cry HD Collection. Sumber gambar: twitter.com/devilmaycry 

Sebenarnya bukan hal aneh (apalagi istimewa) kalau sebuah game di rilis ulang. Bahkan jika hal itu dilakukan berulang kali.

Karena mau tidak mau harus diakui itu adalah cara cepat dan mudah bagi publisher game untuk mendapatkan uang secara instan dengan usaha relatif sedikit. Hanya perlu sedikit coding ke platform terbaru, poles sedikit, marketing secukupnya (karena toh game yang dirilis ulang biasanya sudah punya established fans alias penggemar setia), dan voila! Uang masuk ke kas perusahaan.

Capcom termasuk salah satu dari publisher game yang terkenal/dikenal doyan melakukan praktek re-release seperti ini. Walau kadang mereka melakukannya dengan serius dan penuh gaya (seperti remake Resident Evil 0 dan 1), namun tak jarang mereka hanya melakukan hal sederhana seperti memindahkan satu game dari platform A ke platform B. Game yang sama, hanya pindah lokasi saja.

Game yang sering mendapatkan treatment seperti itu misalnya game Street Fighter II. Sudah entah berapa banyak game Street Fighter yang beredar di dunia. Game ini rasanya hampir ada di semua platform gaming. Mulai dari SNES hingga nanti tahun 2018 di PS4. Capcom sudah mengumumkan “Street Fighter 30th Anniversary Edition” yang berisikan 12 game Street Fighter yang pernah beredar di berbagai platform gaming dunia. Game itu akan rilis di PS4, Xbox One, dan Switch.

Re-release untuk ke-sejuta kalinya. Sumber gambar: dualshockers.com

Re-release untuk ke-sejuta kalinya. Sumber gambar: dualshockers.com

Game serial Devil May Cry, juga dari Capcom, mengalami kondisi yang sama. Dengan sedikit perbedaan.

Game PlayStation 2 yang melegenda. Sumber gambar: fanpop.com

Game PlayStation 2 yang melegenda. Sumber gambar: fanpop.com

Devil May Cry awalnya merupakan game PlayStation 2. Serial DMC sangat terkenal. Gameplay yang penuh aksi dan gaya dari DMC membuat titel ini memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Tokoh utama DMC, Dante Sparda, merupakan karakter video game yang stylish. Penuh gaya. Kocak namun berwibawa. Dengan latar belakang ‘half human half demon’ membuat Dante menjadi sosok jagoan yang hebat seperti iblis namun tetap punya sisi kemanusiaan.

Dante dari Devil May Cry saga. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Dante dari Devil May Cry saga. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Tak hanya punya Dante, serial DMC juga punya karakter keren lainnya seperti Vergil (yang merupakan saudara dari Dante, dengan kepribadian lebih kalem ketimbang Dante yang meledak-ledak) ataupun Trish; demoness seksi yang awalnya merupakan lawan bagi Dante.

Vergil. Saudara dari Dante. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Vergil. Saudara dari Dante. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Trish dan Dante di Devil May Cry 4 Special Edition. Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Trish dan Dante di Devil May Cry 4 Special Edition. Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Gameplay Devil May Cry yang cepat dan penuh gaya menginspirasi game-game sejenis selanjutnya seperti “Bayonetta”. Yang lucu adalah pencipta Devil May Cry dan Bayonetta merupakan sosok yang sama: Hideki Kamiya. Kamiya bekerja di Capcom saat menciptakan Devil May Cry. Kamiya kini tidak lagi bekerja untuk Capcom melainkan Platinum Games, dimana dia menciptakan Bayonetta.

Hideki Kamiya dan Bayonetta. Sumber gambar: gonintendo.com

Hideki Kamiya dan Bayonetta. Sumber gambar: gonintendo.com

Devil May Cry series dibuat untuk PlayStation 2. Ada tiga game DMC diciptakan untuk PS2. Sementara Devil May Cry 4 dibuat untuk PC, Xbox 360 dan PS3. Sebenarnya ada satu game Devil May Cry lain yang saya males untuk bicarain, berjudul “DmC: Devil May Cry”, yang dibuat oleh developer Ninja Theory. Game ini berusaha me-reboot Devil May Cry saga dari yang sudah established dan disukai fans. Dan itu gagal total.

Sebagai game action, DmC boleh lah… Tapi sebagai bagian saga Devil May Cry? Ugh… Sorry, men. It sucks.

Ditolak banyak fans Devil May Cry sebagai bagian DMC saga. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Ditolak banyak fans Devil May Cry sebagai bagian DMC saga. Sumber gambar: devilmaycry.wikia.com

Seperti kebiasaan Capcom yang doyan repackage, mereka melakukannya untuk Devil May Cry. DMC 1 s/d 3 di-packing jadi satu oleh Capcom, diberi nama “Devil May Cry HD Collection” dan dijual untuk console PlayStation 3. Untuk menambah daya pikat, ketiga game tersebut dipoles sedikit dengan nuansa HD alias High Definition, agar sesuai dengan kemampuan PS3.

Versi Eropa mendapatkan rating PEGI 16. Sumber gambar: youtube.com

Versi Eropa mendapatkan rating PEGI 16. Sumber gambar: youtube.com

Tak puas dengan itu, Capcom kembali mengumumkan akan merilis ulang “Devil May Cry HD Collection” untuk PlayStation 4 tahun 2018.

Hal ini tidak terlalu disambut baik oleh fans, mengingat yang mereka inginkan adalah Devil May Cry 5, sebagai pengganti “kerusakan” yang ditimbulkan oleh DmC-nya Ninja Theory. Berbagai suara dan artikel dibuat untuk Capcom agar mereka mulai menggarap Devil May Cry 5, tapi sampai hari ini tidak ada hasilnya.

Siapa butuh Devil May Cry 5? Sumber gambar: playground.ru

Siapa butuh Devil May Cry 5? Sumber gambar: playground.ru

Entah sampai kapan Capcom akan “menggoreng” Devil May Cry hingga akhirnya mereka membuat DMC 5. Yang jelas tidak dalam waktu dekat ini. Mengecewakan.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

[Drama Indonesia Comic Con 2017] Dilema Event Pop Culture: Dengan Tiket Masuk Berbayar Atau Gratisan?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi “drama” di media sosial seputar bermasalahnya akses masuk gratis untuk cosplayer .. more

Sumber gambar: rollingstone.com

Animal Crossing Pocket Camp: Game Nintendo Untuk Smartphone Setelah Mario Run!

Ucapkan selamat datang pada Animal Crossing: Pocket Camp!.. more

00 d anime badminton

Sambut Hanebado, Anime Badminton Pertama Di Dunia!

Akhirnya ada anime bulutangkis! Liden Films akan memproduksi Hanebado, anime badminton adaptasi dari manga karya Hamada .. more

Ngabuburit dengan 5 Board Game Seru di Bulan Puasa

Satu hal yang identik dengan bulan Ramadhan di Indonesia adalah ngabuburit, kegiatan yang kita lakukan sambil menunggu A.. more

Sumber gambar: technobuffalo.com

Komputer Gaming Mulai Lamban? Ini Solusinya Sebelum Di-Lembiru!

Secara umum komputer hanya akan bekerja sesuai kapasitas terbaiknya di tiga tahun pertama... more